Keefektifan penggunaan metode cooperative learning model stad (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Rusmi Nurmaningsih

Main Author: Nurmaningsih, Rusmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38556/
Daftar Isi:
  • ImplementasipembelajaranekonomiyangditerapkanolehguruekonomiSMPNegeri1LawangKabupatenMalangselamainimasihmenggunakantradisiteacherorientedyaitumetodeceramah.Metodeceramahmerupakansuatumetodedimanakegiatanbelajarmengajar(KBM)hanyaberpusatpadagurudansiswahanyaberperansebagaipendengardanpancatatsaja.Metodeinimenyebabkankecenderungansiswabersifatpasifdankecilpeluangbagisiswauntukberpikirkreatifdaninovatifsedangkanpeluangterjadinyamissundersatanding(kesalahanpengertian)cukupbesar.Selainitumateriyangdiajarkankepadasiswaakanmudahterlupakankarenatidakditerimamelaluipemahamantetapimelaluitransmisipengetahuandariguru.Olehkarenaitudiperlukansuatumetodepembelajaranyangmampumenjadikansiswalebihaktifdanmemilikitanggungjawabyanglebihbesarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarnya.AdapunsalahsatumetodeyangdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifadalahmetodeCooperativeLearningmodelSTAD.Ideutamadarimetodepembelajaraniniadalahmemotivasisiswauntuksalingmembantudiantarasesamasiswadalammenguasaiketerampilanataupengetahuanyangdihantarkanolehguru.Dengandemikianmerekadapatberdiskusisalingmembelajarkandansalingmengoreksidalamsatukelompoksehinggasumberbelajarbagisiswatidakhanyagurudanbahanajartetapijugatemannyasendiri.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)HasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomiyangmendapatpengajaranberupametodeCooperatifLearningmodelSTAD(2)Hasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomiyangmendapatpengajaranyangdidominasiolehmetodeceramahdan(3)PerbedaanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomiyangdiajardenganmetodeCooperativeLearningmodelSTADdengansiswayangdiajardenganmodelpembelajaranyangdidominasiolehmetodeceramah.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri1LawangKabupatenMalangdankelasyangdijadikansebagaisampelpenelitianadalahkelasVIIIFdanVIIIGyangmasing-masingberjumlah40siswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitianquasieksperimendimanapenelitimembandingkanhasilbelajarduakelasparalelyangberbedasetelahkeduakelastersebutmendapatkanperlakuanyangberbedapula.Sebelumkeduakelasmendapatperlakuanyangberbedaterlebihdahuludiberikantesawal(Pre-test)yangbertujuanuntukmengetahuikemampuanmerekatentangmateriyangakandiajarkan.SalahsatukelasmendapatkanperlakuanberupametodeCooperativeLearningmodelSTADsebagaikelompokeksperimensedangkankelasyanglainsebagaikelaskontrolmendapatkanperlakuanmodelpembelajaranyangdidominasiolehmetodeceramah.Analisisdatahasilbelajarsiswadilakukandenganteknikrata-ratayaitumencarinilairata-ratahasilbelajar(Post-test)masing-masingkelompok(kelompokeksperimendankelompokkontrol)kemudianmembandingkannya.Jikanilairata-ratahasilbelajarkelompokeksperimenlebihtinggidaripadanilairata-ratahasilbelajarkelompokkontrolmakapembelajaranekonomidenganmenggunakanmetodeCooperativeLearningmodelSTADdapatdikatakanefektifuntukditerapkanpadasiswakelasVIIISMPNegeri1LawangKabupatenMalang.Selainituuntukmemperkuatpengujianhipotesisyangdiperolehdarianalisisdenganteknikrata-ratajugadigunakananalisissecaraststistikyaituuji-t.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswakeduakelompokyangmendapatkanperlakuanpembelajaranyangberbedamengalamiperbedaanpeningkatanhasilbelajar.Adapunpeningkatanhasilbelajarkelompokeksperimenadalahsebesar4546(1215%)daritesawalyaitusebesar374.Sedangkanpeningkatanhasilbelajarkelompokkontroladalahsebesar404(1038%)daritesawalyaitusebesar389.PeningkatanhasilbelajarkelompokeksperimenterbuktilebihtinggidaripadapeningkatanhasilbelajarkelompokkontrolsehinggadapatdikatakanbahwametodeCooperativeLearningmodelSTADlebihefektifuntukditerapkanpadasiswakelasVIIISMPNegeri1LawangKabupatenMalangdibandingkandenganpengajaranyangdidominasiolehmetodeceramah.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagarmetodeCooperativeLearningmodelSTADdapatditerapkanpadamatapelajaranekonomidisekolahlainkarenapenelitianinitelahmembuktikanbahwametodeCooperativeLearningmodelSTADmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.Selainitusaranlainyangdapatdiajukanyaituagardilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmempertimbangkanranahafektifdanpsikomotorsiswasebagaiparameterprestasibelajarsiswa.