Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas VIII tahun ajaran 2007/2008 di SMP Negeri 1 Wlingi Blitar / Ari Prasetyo
Main Author: | Ari Prasetyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38525/ |
Daftar Isi:
- Pendidikanmerupakansuatuyangpentingdandianggappalingutamadalamkehidupanmanusiadandapatmemberibekalhidupkepadapesertadidikdanmemenuhikebutuhanmasyarakat.SehubungandenganitumakasudahmenjadikewajibanbagilembagapendidikandiIndonesiauntukmewujudkantujuanpendidikantersebutbaiklembagapendidikanformalmaupunnonformal.Pendidikansekolahmerupakanlembagayangmempunyaitujuanpembelajaranyangsangatpentingbagipeningkatankualitassumberdayamenusia(SDM.Sebagaitempatprosesbelajarmengajarsekolahharusmenyediakankondisifasilitasbelajardisekolahyangmenunjanguntukbelangsungnyaprosesbelajartersebut.KondisiitudiantaranyaadalahmenyediakansaranadanprasaranaagardapatmenemukanberbagaipengetahuanyangdibtuhkandanjugamelibatkansiswadalamprosesbelajartersebutDalamkegiatanprosesbelajarmengajarmotivasidapatdikatakansebagaikeseluruhandayapenggerakdalamdirisiswayangmenimbulkankegiatanbelajarmenjaminkelangsungankegiatanbelajardandapatmemberikanarahpadakegiatanbelajarsehinggatercapaitujuanyangdikehendaki.Denganadanyapemanfatanfasilitasbelajardanmotivasibelajardapatdilihatperubahanprestasiyangakandiraiholehsiswa-siswidisekolah..Dalampenelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifuntukmenggambarkantentangkondisiobyektiffasilitasbelajardisekolahmotivasibelajarsiswadanprestasibelajarsiswa.SedangkananalisisstatistikinferensialyaituregresilinierbergandaatauubahanuntukmengetahuibesarnyapengaruhantarafasilitasbelajardisekolahdanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri1Wlingi..Variabelbebaspenelitianiniterdiridarifasilitasbelajar(X1)danmotivasibelajar(X2).SedangkanvariabelterikatnyaprestasiprestasibelajarIPS(Y)PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIdiSMPNegeri1Wlingiyangberjumlah307siswadansampelnyasebesar78siswa.TeknikpengambilansampelmenggunakanProportionalRandomSampling.Daripengolahandatamelaluiujihipotesisdapatdiketahuibahwapadavariabelpemanfaatanfasilitasbelajar(X1)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarterbuktibesaranprobabilitas(Sig)padavariabelpemanfaatanfasilitasbelajar(X1)adalah0000005danthitung(4910)(199).Padavariabelmotivasibelajarjugaterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajardenganbesaranprobabilitas(Sig)padavariabelmotivasibelajar(X1)adalah0000005danthitung(5700)(199).SedangkanberdasarkandarinilaiFhitung(41026)Ftabel(3115)dantingkatsig.(0000)(005).JadisecarasimultanterdapatpengaruhyangsignifikanantarapemanfaatanfasilitasbelajardanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarDarihasilpenelitianinidapatdikatakanbahwafasilitasbelajardanmotivasibelajarberpengaruhterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIIdiSMPNegeri1Wlingi.