Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP (PTK pada SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep) / Marta Purwanti

Main Author: Marta Purwanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38516/
Daftar Isi:
  • ModelpembelajaranProblemBasedLearningprosespembelajarandilakukandenganmenggunakanpermasalahan-permasalahanyangsedangberkembangkhususnyapermasalahanekonomiuntukdihadirkandikelassebagaimediapembelajaranyangkemudiandilakukanpenyelidikandandipecahkanolehparasiswadandidiskusikansecaraberkelompok.Dengandemikiansiswamendapatkanpengalamanbelajardenganmenghadirkanmasalahmelaluipemicumasalahyangdiberikanolehgurudanmemecahkanmasalahtersebutsecaraberkelompoksehinggapembelajaranakanterasalebihbermaknabagisiswa.DarijumlahpopulasitersebutmakasampelpenelitianyangdiambiladalahsatukelasVIIIyangdiberikanteknikpembelajaranmodelProblemBasedLearning.Darihasilobservasiselamadilakukannyapenelitiantindakankelasdenganmodelpembelajaranproblembasedlearningmempunyaibeberapakelebihanantaralain1)Pembelajaranmodelproblembasedlearningmembuatsiswalebihkritisdankreatifdalammenggalimateri.2)Pembelajaranmodelproblembasedlearningdapatmenimbulkanide-idebarukarenasiswatidakhanyabelajardaribuku.3)Pembelajaranmodelproblembasedlearningmembuatsiswalebihmandiridalambelajarkarenasiswadituntutuntukmenggalimateridaripermasalahanyangdisajikan.4)Pembelajaranmodelproblembasedlearningdapatmeningkatkankeakrabandankerjasamaantarsesamasiswakelaskarenabekerjadalamkelompok.PenerapanpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)dapatmeningkatkanmotivasibelajarekonomipadasiswakelasVIIISMPNegeriIBatang-BatangSumenep.Berdasarkanhasilpenelitianyaitupenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatdiketahuibahwamotivasibelajarsiswaberdasarkanangketmotivasibelajar.Skormotivasibelajartersebuttergolongdalamkriteriabaik.Berdasarkanhasilpenghitunganmotivasibelajarsiswadiatasdapatdisimpulkanbahwamotivasibelajarsiswaberdasarkanangketmotivasibelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1657%darisiklusIkesiklusII.PenerapanpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)dapatmeningkatkanprestasibelajarekonomipadasiswakelasVIIISMPNegeriIBatang-BatangSumenep.Berdasarkanhasilpenelitianyaitupenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatdiketahuibahwaprestasibelajarsiswaberdasarkannilairata-rataulanganharian.Skorprestasibelajartersebuttergolongdalamkriteriabaik.Berdasarkanhasilpenghitunganprestasibelajarsiswadiatasdapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarsiswaberdasarkannilaiulanganharianmengalamipeningkatansebesar127darisiklusIkesiklusII.DenganpenerapanpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)padasiswakelasVIIISMPNegeri1Batang-BatangSumenepdapatmeningkatkanprestasidanmotivasibelajarekonomi.BerdasarkanhasilpenelitianinigurumatapelajaranekonomidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)karenadapatmeningkatkanmotivasibelajardanprestasibelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranekonomi.DenganadanyamodelpembelajaranPBL(ProblemBasedLearning)siswadapatbelajarlebihdisiplindanbekerjasamadengansiswalaindalamkelompok.