Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP (PTK pada SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep) / Marta Purwanti
Main Author: | Marta Purwanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38516/ |
Daftar Isi:
- ModelpembelajaranProblemBasedLearningprosespembelajarandilakukandenganmenggunakanpermasalahan-permasalahanyangsedangberkembangkhususnyapermasalahanekonomiuntukdihadirkandikelassebagaimediapembelajaranyangkemudiandilakukanpenyelidikandandipecahkanolehparasiswadandidiskusikansecaraberkelompok.Dengandemikiansiswamendapatkanpengalamanbelajardenganmenghadirkanmasalahmelaluipemicumasalahyangdiberikanolehgurudanmemecahkanmasalahtersebutsecaraberkelompoksehinggapembelajaranakanterasalebihbermaknabagisiswa.DarijumlahpopulasitersebutmakasampelpenelitianyangdiambiladalahsatukelasVIIIyangdiberikanteknikpembelajaranmodelProblemBasedLearning.Darihasilobservasiselamadilakukannyapenelitiantindakankelasdenganmodelpembelajaranproblembasedlearningmempunyaibeberapakelebihanantaralain1)Pembelajaranmodelproblembasedlearningmembuatsiswalebihkritisdankreatifdalammenggalimateri.2)Pembelajaranmodelproblembasedlearningdapatmenimbulkanide-idebarukarenasiswatidakhanyabelajardaribuku.3)Pembelajaranmodelproblembasedlearningmembuatsiswalebihmandiridalambelajarkarenasiswadituntutuntukmenggalimateridaripermasalahanyangdisajikan.4)Pembelajaranmodelproblembasedlearningdapatmeningkatkankeakrabandankerjasamaantarsesamasiswakelaskarenabekerjadalamkelompok.PenerapanpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)dapatmeningkatkanmotivasibelajarekonomipadasiswakelasVIIISMPNegeriIBatang-BatangSumenep.Berdasarkanhasilpenelitianyaitupenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatdiketahuibahwamotivasibelajarsiswaberdasarkanangketmotivasibelajar.Skormotivasibelajartersebuttergolongdalamkriteriabaik.Berdasarkanhasilpenghitunganmotivasibelajarsiswadiatasdapatdisimpulkanbahwamotivasibelajarsiswaberdasarkanangketmotivasibelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1657%darisiklusIkesiklusII.PenerapanpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)dapatmeningkatkanprestasibelajarekonomipadasiswakelasVIIISMPNegeriIBatang-BatangSumenep.Berdasarkanhasilpenelitianyaitupenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatdiketahuibahwaprestasibelajarsiswaberdasarkannilairata-rataulanganharian.Skorprestasibelajartersebuttergolongdalamkriteriabaik.Berdasarkanhasilpenghitunganprestasibelajarsiswadiatasdapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarsiswaberdasarkannilaiulanganharianmengalamipeningkatansebesar127darisiklusIkesiklusII.DenganpenerapanpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)padasiswakelasVIIISMPNegeri1Batang-BatangSumenepdapatmeningkatkanprestasidanmotivasibelajarekonomi.BerdasarkanhasilpenelitianinigurumatapelajaranekonomidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranmodelPBL(ProblemBasedLearning)karenadapatmeningkatkanmotivasibelajardanprestasibelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranekonomi.DenganadanyamodelpembelajaranPBL(ProblemBasedLearning)siswadapatbelajarlebihdisiplindanbekerjasamadengansiswalaindalamkelompok.