Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang / Zalia Muspita
Main Author: | Zalia Muspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38510/ |
Daftar Isi:
- Dewasainipendidikantelahmengalamiperkembanganyangsemakinpesatinformasidankomunikasijugaberkembangsetiapsaat.Halitumengakibatkanadanyapersainganyangsangatketatdiduniapendidikanmakauntukmenghadapinyadiperlukankualitaspendidikanyangbermutudansemakinmeningkat.Untukituperludiadakanpembaharuandalamhalpendidikanuntukmendukungpembaharuanpendidikantersebutpihaksekolahkhususnyaguruyangterjunlangsungmengajarkepadasiswaperlumengadakankerjasamadanperhatianyanglebihdaripemerintah.PemerintahtelahmelakukanberbagaiupayauntukmeningkatkanmutupendidikandiIndonesiasalahsatunyaadalahpenyempurnaankurikulumyanglebihmenekankanpadaketerlibatansiswadalampengembangankompetensiyangdimilikiolehsiswakurikulumyangdimaksudadalahKurikumBerbasisKompetensi(KBK)2004sebelumditetapkannyaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006.Untukmewujudkanhalitudiperlukanmodelpembelajaranyangmampumembawasiswadapatmenggunakanpengetahuanyangdiperolehdikelasuntukmenyelesaikanmasalah-masalahbaruyangbelumpernahdihadapisertamemilikitanggungjawabyanglebihterhadapbelajarnyaseiringdenganpeningkatanpengalamandanpengetahuanmereka.Salahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengantujuantersebutadalahpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning).Tujuanpembelajaranberbasismasalahadalahmembantusiswamengembangkankemampuanberfikirmemecahkanmasalahketerampilanintelektualbelajartentangberbagaiperanorangdewasamelaluipelibatanmerekadalampengalamannyataatausimulasidanmenjadipembelajaranyangmandiri.Selainitudenganpembelajaranberbasismasalahdiharapkanakanmampumenambahmotivasisiswadalambelajar.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanakahpenerapanmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)dikelasX-1SMANegeri5Malangpadamatapelajaranekonomipokokbahasanperilakuprodusendanperilakukonsumen(2)BagaimanakahkemampuanberfikirkritissiswakelasX-1SMANegeri5setelahpenerapanmodelPembelajaranBerbasisMasalahpadamatapelajaranekonomipokokbahasanperilakuprodusendanperilakukonsumen(3)BagaimanakahmotivasibelajarsiswakelasX-1SMANegeri5MalangsetelahpenerapanPembelajaranBerbasisMasalahSubyekpenelitianiniadalahsiswaSMANegeri5MalangtahunajarankelasX-1denganjumlah29siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Instrumenyangdigunakanadalahobservasiuntukpenilaiankemampuanberpikirkritissedangkanuntukmotivasidigunakanangketdanobservasi.DarihasilpenelitianditemukanbahwapembelajaranberbasismasalahdapatditerapkanpadamatapelajaranekonomidiSMANegeri5Malangpokokbahasanperilakukonsumendanprodusendalamkegiatanekonomi.Untukkemampuanberpikirkritismeningkatdari6369padasiklusImenjadi7634padasiklusI.sedangkanuntukmotivasibelajarsiswayangdiperolehdenganobservasimengingkatdari59%padasiklusImeningkatmenjadi79%padasiklusII.SelainituberdasarkanhasilangketdiperolehdatabahwamotivasisiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagigurumatapelajaranekonomidapatmenggunakanpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)untukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajarsiswapenerapanpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)hendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkandanlingkunganbelajarsiswasertaketersediaanwaktuyangcukuppenelitianinihendaknyadapatdidteruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelassertasekolahdanmateriyangberbedahendaknyamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilyangdiperolehdapatmaksimaldanbagimasing-masingsatuanpendidikandanguruekonomikhususnyadisarankanuntukmenerapkanmetodepembelajaranberbasismasalahdalammelaksanakanprosespembelajaranagarmendapatkanhasilyangberkualitas.