Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 SMA Negeri 5 Malang / Zalia Muspita

Main Author: Zalia Muspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/38510/
Daftar Isi:
  • Dewasainipendidikantelahmengalamiperkembanganyangsemakinpesatinformasidankomunikasijugaberkembangsetiapsaat.Halitumengakibatkanadanyapersainganyangsangatketatdiduniapendidikanmakauntukmenghadapinyadiperlukankualitaspendidikanyangbermutudansemakinmeningkat.Untukituperludiadakanpembaharuandalamhalpendidikanuntukmendukungpembaharuanpendidikantersebutpihaksekolahkhususnyaguruyangterjunlangsungmengajarkepadasiswaperlumengadakankerjasamadanperhatianyanglebihdaripemerintah.PemerintahtelahmelakukanberbagaiupayauntukmeningkatkanmutupendidikandiIndonesiasalahsatunyaadalahpenyempurnaankurikulumyanglebihmenekankanpadaketerlibatansiswadalampengembangankompetensiyangdimilikiolehsiswakurikulumyangdimaksudadalahKurikumBerbasisKompetensi(KBK)2004sebelumditetapkannyaKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)2006.Untukmewujudkanhalitudiperlukanmodelpembelajaranyangmampumembawasiswadapatmenggunakanpengetahuanyangdiperolehdikelasuntukmenyelesaikanmasalah-masalahbaruyangbelumpernahdihadapisertamemilikitanggungjawabyanglebihterhadapbelajarnyaseiringdenganpeningkatanpengalamandanpengetahuanmereka.Salahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengantujuantersebutadalahpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning).Tujuanpembelajaranberbasismasalahadalahmembantusiswamengembangkankemampuanberfikirmemecahkanmasalahketerampilanintelektualbelajartentangberbagaiperanorangdewasamelaluipelibatanmerekadalampengalamannyataatausimulasidanmenjadipembelajaranyangmandiri.Selainitudenganpembelajaranberbasismasalahdiharapkanakanmampumenambahmotivasisiswadalambelajar.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanakahpenerapanmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)dikelasX-1SMANegeri5Malangpadamatapelajaranekonomipokokbahasanperilakuprodusendanperilakukonsumen(2)BagaimanakahkemampuanberfikirkritissiswakelasX-1SMANegeri5setelahpenerapanmodelPembelajaranBerbasisMasalahpadamatapelajaranekonomipokokbahasanperilakuprodusendanperilakukonsumen(3)BagaimanakahmotivasibelajarsiswakelasX-1SMANegeri5MalangsetelahpenerapanPembelajaranBerbasisMasalahSubyekpenelitianiniadalahsiswaSMANegeri5MalangtahunajarankelasX-1denganjumlah29siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Instrumenyangdigunakanadalahobservasiuntukpenilaiankemampuanberpikirkritissedangkanuntukmotivasidigunakanangketdanobservasi.DarihasilpenelitianditemukanbahwapembelajaranberbasismasalahdapatditerapkanpadamatapelajaranekonomidiSMANegeri5Malangpokokbahasanperilakukonsumendanprodusendalamkegiatanekonomi.Untukkemampuanberpikirkritismeningkatdari6369padasiklusImenjadi7634padasiklusI.sedangkanuntukmotivasibelajarsiswayangdiperolehdenganobservasimengingkatdari59%padasiklusImeningkatmenjadi79%padasiklusII.SelainituberdasarkanhasilangketdiperolehdatabahwamotivasisiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagigurumatapelajaranekonomidapatmenggunakanpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)untukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajarsiswapenerapanpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)hendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkandanlingkunganbelajarsiswasertaketersediaanwaktuyangcukuppenelitianinihendaknyadapatdidteruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelassertasekolahdanmateriyangberbedahendaknyamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilyangdiperolehdapatmaksimaldanbagimasing-masingsatuanpendidikandanguruekonomikhususnyadisarankanuntukmenerapkanmetodepembelajaranberbasismasalahdalammelaksanakanprosespembelajaranagarmendapatkanhasilyangberkualitas.