Penerapan metode kooperatif numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas 8 SMP Negeri I Wonosalam Jombang / Wiwit Sunarmiati

Main Author: Wiwit Sunarmiati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38509/
Daftar Isi:
  • PenelitianiniberawaldariadanyamasalahdiSekolahMenengahPertamaNegeriIWonosalamkhususnyakelasVIII-Btentangmasihrendahnyakemampuanberpikirdanketerampilansosialsiswapadamatapelajaranekonomi.Pembelajaranmasihbergantungpadagurudanmetodeyangdigunakanceramah.DalamupayamengatasipermasalahantersebutmakaditerapkanpembelajarankoopertaifmodelNumberedHeadTogether.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanketerampilansosialdankemampuanberpikirsiswadenganmenerapkanapembelajaranekonomidenganmetodekooperatifmodelNumberedHeadTogetherpadasiswakelasVIII-BdiSMPNIWonosalam.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.SetiapsiklusPTKterdiridariatasperencanantindakanpelaksanaanobservasidanrefleksi.TeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahGainScorternormalisasiuntukanalisisdataketerampilansosialsiswadankemampuanberpikirsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirsiswamengalamipeningkatanyaitupadasiklusIkemampuanberpikirsiswaantaratahapC1-C3danpadasiklusIIkemampuanberpikirsiswameningkatantaratahapC4-C5.PadasiklusIpadaaspekC1sebesar4558%aspekC2sebesar2935%aspekC3sebesar1732%aspekC4sebesar712%aspekC5sebesar063%.PadasiklusIIpadaaspekC1sebesar3351%aspekC2sebesar3186%aspekC3sebesar2172%aspekC4sebesar987%aspekC5sebesar304%.KeterampilansosialsiswapadasiklusIpadaaspekIsebesar25%aspekIIsebesar45%aspekIIIsebesar25%aspekIVsebesar10%aspekVsebesar5%aspekVIsebesar75%aspekVIIsebesar275%.PadasiklusIIpadaaspekIsebesar5%aspekIIsebesar25%aspekIIIsebesar5%aspekIVsebesar125%aspekVsebesar10%aspekVIsebesar125%aspekVIIsebesar30%.