Penerapan metode kooperatif numbered head together untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas 8 SMP Negeri I Wonosalam Jombang / Wiwit Sunarmiati
Main Author: | Wiwit Sunarmiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38509/ |
Daftar Isi:
- PenelitianiniberawaldariadanyamasalahdiSekolahMenengahPertamaNegeriIWonosalamkhususnyakelasVIII-Btentangmasihrendahnyakemampuanberpikirdanketerampilansosialsiswapadamatapelajaranekonomi.Pembelajaranmasihbergantungpadagurudanmetodeyangdigunakanceramah.DalamupayamengatasipermasalahantersebutmakaditerapkanpembelajarankoopertaifmodelNumberedHeadTogether.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanketerampilansosialdankemampuanberpikirsiswadenganmenerapkanapembelajaranekonomidenganmetodekooperatifmodelNumberedHeadTogetherpadasiswakelasVIII-BdiSMPNIWonosalam.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.SetiapsiklusPTKterdiridariatasperencanantindakanpelaksanaanobservasidanrefleksi.TeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahGainScorternormalisasiuntukanalisisdataketerampilansosialsiswadankemampuanberpikirsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirsiswamengalamipeningkatanyaitupadasiklusIkemampuanberpikirsiswaantaratahapC1-C3danpadasiklusIIkemampuanberpikirsiswameningkatantaratahapC4-C5.PadasiklusIpadaaspekC1sebesar4558%aspekC2sebesar2935%aspekC3sebesar1732%aspekC4sebesar712%aspekC5sebesar063%.PadasiklusIIpadaaspekC1sebesar3351%aspekC2sebesar3186%aspekC3sebesar2172%aspekC4sebesar987%aspekC5sebesar304%.KeterampilansosialsiswapadasiklusIpadaaspekIsebesar25%aspekIIsebesar45%aspekIIIsebesar25%aspekIVsebesar10%aspekVsebesar5%aspekVIsebesar75%aspekVIIsebesar275%.PadasiklusIIpadaaspekIsebesar5%aspekIIsebesar25%aspekIIIsebesar5%aspekIVsebesar125%aspekVsebesar10%aspekVIsebesar125%aspekVIIsebesar30%.