Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Yohani Saputri

Main Author: Yohani Saputri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38484/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasiawalyangpenulislakukandiSMPNegeri10MalangdiketahuibahwametodepengajaranyangmasihumumdigunakanolehguruekonomidiSMPNegeri10Malangadalahmetodeceramahdiskusikelompokkecildantanyajawab.Carapengajaraniniternyatamasihbelummemberikanhasilyangmaksimalsehinggasiswacenderungpasifdanbosandalambelajaryangdampaknyaprestasibelajarsiswamenjadirendah.Dengandemikianuntukdapatlebihmengaktifkandanmeningkatkanprestasibelajarperludilakukanvariasidalamprosesbelajarmengajar.Khususnyavariasidalammetodepembelajarannyamisalnyadenganpembelajarankooperatif.PembelajarankooperatifmemilikibeberapamodelsalahsatunyaadalahmodelJigsaw.MelaluipembelajarankooperatifmodelJigsawsiswadilatihuntukbekerjasamamendengarkandanmenghargaipendapattemanberinteraksidanberkomunikasiantarsiswasertabertanggungjawabdalampenguasaanmateriyangsudahmenjaditugasnya.PenelitianTindakanKelas(PTK)pembelajarankooperatifmodelJigsawinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanaktifitasdanprestasibelajarsiswasertabagaimanapersepsisiswamengenaipenerapanpembelajaranEkonomidenganmateripokokPajak.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiridari2xpertemuanyangterdiridari2x45menit.Sikluspertamadilaksanakanpadatanggal12dan19Mei2007sedangkansiklusIIdilaksanakanpadatanggal29Mei2007dan2Juni2007.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri10Malangsemestergenaptahunajaran2006/2007.jumlahsiswasebanyak40siswa25siswalaki-lakidan15siswaperempuan.Datapenelitianberupapeningkatanaktifitasdanprestasibelajarsertapersepsisiswa.Aktifitasbelajarsiswadiamatiberdasarkanlimaunsurdasarpembelajarankooperatifyaitu(1)salingketergantunganpositif(2)tanggungjawabperseorangan(3)interaksitatapmuka(4)komunikasiantaranggotadan(5)evaluasiproseskelompokyangdikumpulkandarihasilobservasimelaluilembarobservasi.Prestasibelajarsiswadidasarkanpadanilaitesprestasibelajarsiswayangdilakukansetiapakhirsiklus.Sedangkanpersepsisiswadiperolehmelaluipengisianangketsiswayangdilakukansetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkandataaktifitasbelajarsiswamengalamipeningkatanyaiturata-rataaktifitasbelajarsiswapadasiklusIadalah12.5%(tingkatkurang)43%(tingkatcukup)dan38.5%(tingkatbaik).Perolehanskorrata-rataprestasibelajarsiswasebelumdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifmodelJigsawadalah57%denganketuntasanbelajarklasikal37.5%.setelahdiajarsetelahdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifmodelJigsawperolehanskorrata-rataprestasibelajarsiswapadasiklusIadalah65.24%denganketuntasanbelajarklasikal75%sedangkanpadasiklusIIperolehanskorrata-rataadalah74.5%denganketuntasanbelajarklasikal87.5%.HasilanalisisdatatersebutmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmeningkatkanaktifitasdanprestasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilanalisisangketpadasiklusIIdapatdiketahuibahwa57.5%siswamerasasenangdenganpembelajarankooperatifmodelJigsawdibandingkanmetodeceramahkarenadapatmempermudahsiswauntukmemahamimateridankonseppelajaranEkonomi.Makadisarankanparagurudapatmenerapkanpembelajarankooperatifdenganmodel-modelpembelajaranlainyanglebihbervariasimengingatpembelajarankooperatifmodelJigsawinidapatmeningkatkanaktifitasdanprestasibelajarsiswa.