Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Jumain

Main Author: Jumain
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38483/
Daftar Isi:
  • Dalammencapaikeberhasilanprosespembelajaranyaitupeningkatanprestasibelajarsiswamemangdipengaruhiolehbanyakfaktor.Dalammeningkatkanhasilbelajaryangoptimalmakaperludiperhatikanfaktorataukondisiyangdapatmempengaruhiproseskegiatanbelajar.Faktortersebutadakalanyadariluarindividuataubahkandaridalamindividusiswa.Adanyadugaanbahwaadapengaruhkondisisosialekonomiorangtuadanintensitasbimbinganbelajarterhadapprestasibelajarsiswamakamunculideyangmendorongdiadakannyapenelitianini.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahui(1)Bagaimanakondisisosialekonomiorangtuaintensitasbimbinganbelajardanprestasibelajarsiswa.(2)MengetahuiPengaruhsecaraparsialdansimultanantarakondisisosialekonomiorangtuadanintensitasbimbinganbelajarterhadapprestasibelajarsiswaKelasXSMANegeri1Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeangketdandokumentasi.Denganmenggunakantenikpengambilansampelyaituproporsionalrandomsampling(kelompoksampel)teknikpengambilansampelyangrepresentativedenganmengambilsubyekdarisetiapwilayahditentukansebandingdenganbanyaknyasubyekdalammasing-masingwilayah.Datadiperolehdari75sampelyangdiambildarisiswakelasXSMANegeriIMalang.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdananalisisregresilinierganda(MultipleLinierRegression).HasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwaPrestasibelajarsiswatermasukkategorisangattinggiyaiturata-rata8258.kondisisosialekonomiorangtuatermasukkategoricukuptinggiyaiturata-rata3930dariskorterendah0danskortertinggi75.Intensitasbimbinganbelajartermasukkategoritinggiyaiturata-rata3500dariskorterendah10danskortertinggi50.Darihasilanalisispengujianhipotesismenunjukkanbahwa(1)secaraparsialadapengaruhyangpositifdansignifikanantarakondisisosialekonomiorangtuaterhadapPrestasibelajarsiswadengankorelasirsebesar0608.(2)secaraparsialadapengaruhyangpositifdansignifikanantaraintensitasbimbinganbelajarterhadapPrestasibelajarsiswadengankorelasirsebesar0701.(3)Secarasimultanadapengaruhyangpositifdansignifikanantarakondisisosialekonomiorangtuadanintensitasbimbinganbelajarterhadapprestasibelajarsiswadengankorelasidengankorelasirsebesar0736.Berdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwavariabelyangpalingmempengaruhiprestasibelajaradalahintensitasbimbinganbelajarkarenamemberikankontribusiyangpalingbanyak(701%)daripadaKondisisosialekonomiorangtua.BerdasarkanhasilanalisisdankesimpulandiatasmakadisarankanpadapihaksekolahDanorangtua.Pihaksekolahdapatlebihmeningkatkanbimbinganbelajarterhadapsiswanyaunutukparaorangtuaagarmeningkatkanintensitasbelajarsiswadenganmemperhatikankegiatanbelajardirumahbagiyangkondisisoialekonominyatinggijugadapatmemberikanmerekabimbinganprivatataukursusdilembagabimbinganbelajarsehinggawaktubelajarsiswalebihbanyakhaliniakandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Bagisiswayangkeadaanekonomiorangtuanyarendahharustetapsemangatuntukmeraihprestasiyanglebihbaikdenganmeningkatkanaktivitasbelajardangiatdalammengerjakankewajibansekolahnya.Sehinggadapatmeraihprestasiyangmembanggakandanbergunabagiorangtuanusadanbangsa.