Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Jumain
Main Author: | Jumain |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38483/ |
Daftar Isi:
- Dalammencapaikeberhasilanprosespembelajaranyaitupeningkatanprestasibelajarsiswamemangdipengaruhiolehbanyakfaktor.Dalammeningkatkanhasilbelajaryangoptimalmakaperludiperhatikanfaktorataukondisiyangdapatmempengaruhiproseskegiatanbelajar.Faktortersebutadakalanyadariluarindividuataubahkandaridalamindividusiswa.Adanyadugaanbahwaadapengaruhkondisisosialekonomiorangtuadanintensitasbimbinganbelajarterhadapprestasibelajarsiswamakamunculideyangmendorongdiadakannyapenelitianini.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahui(1)Bagaimanakondisisosialekonomiorangtuaintensitasbimbinganbelajardanprestasibelajarsiswa.(2)MengetahuiPengaruhsecaraparsialdansimultanantarakondisisosialekonomiorangtuadanintensitasbimbinganbelajarterhadapprestasibelajarsiswaKelasXSMANegeri1Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeangketdandokumentasi.Denganmenggunakantenikpengambilansampelyaituproporsionalrandomsampling(kelompoksampel)teknikpengambilansampelyangrepresentativedenganmengambilsubyekdarisetiapwilayahditentukansebandingdenganbanyaknyasubyekdalammasing-masingwilayah.Datadiperolehdari75sampelyangdiambildarisiswakelasXSMANegeriIMalang.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdananalisisregresilinierganda(MultipleLinierRegression).HasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwaPrestasibelajarsiswatermasukkategorisangattinggiyaiturata-rata8258.kondisisosialekonomiorangtuatermasukkategoricukuptinggiyaiturata-rata3930dariskorterendah0danskortertinggi75.Intensitasbimbinganbelajartermasukkategoritinggiyaiturata-rata3500dariskorterendah10danskortertinggi50.Darihasilanalisispengujianhipotesismenunjukkanbahwa(1)secaraparsialadapengaruhyangpositifdansignifikanantarakondisisosialekonomiorangtuaterhadapPrestasibelajarsiswadengankorelasirsebesar0608.(2)secaraparsialadapengaruhyangpositifdansignifikanantaraintensitasbimbinganbelajarterhadapPrestasibelajarsiswadengankorelasirsebesar0701.(3)Secarasimultanadapengaruhyangpositifdansignifikanantarakondisisosialekonomiorangtuadanintensitasbimbinganbelajarterhadapprestasibelajarsiswadengankorelasidengankorelasirsebesar0736.Berdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwavariabelyangpalingmempengaruhiprestasibelajaradalahintensitasbimbinganbelajarkarenamemberikankontribusiyangpalingbanyak(701%)daripadaKondisisosialekonomiorangtua.BerdasarkanhasilanalisisdankesimpulandiatasmakadisarankanpadapihaksekolahDanorangtua.Pihaksekolahdapatlebihmeningkatkanbimbinganbelajarterhadapsiswanyaunutukparaorangtuaagarmeningkatkanintensitasbelajarsiswadenganmemperhatikankegiatanbelajardirumahbagiyangkondisisoialekonominyatinggijugadapatmemberikanmerekabimbinganprivatataukursusdilembagabimbinganbelajarsehinggawaktubelajarsiswalebihbanyakhaliniakandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Bagisiswayangkeadaanekonomiorangtuanyarendahharustetapsemangatuntukmeraihprestasiyanglebihbaikdenganmeningkatkanaktivitasbelajardangiatdalammengerjakankewajibansekolahnya.Sehinggadapatmeraihprestasiyangmembanggakandanbergunabagiorangtuanusadanbangsa.