Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 4 Malang / Eva Kristina DL
Main Author: | Eva Kristina DL. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38469/ |
Daftar Isi:
- KecerdasanEmosional(EQ)dankecerdasanSpiritual(SQ)merupakansalahsatufaktoryangberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswasetelahIQ.BagisebagianorangperananintelegensiyangmengambilperananpentingdalamkesuksesanhiduptetapisetelahadanyarisetterbaruGolemanternyataIQhanyamenyumbangkira-kira20%danyang80%dipengaruhiolehfaktorlaindansalahsatunyaadalahkecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhkecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ)terhadapprestasibelajarsiswadalammatapelajaranekonomi.Subyekdalampenelitianiniadalahsiswa-siswikelasVIIISMP4Malang.yangdiambil6kelas.Metodepenelitianyangdigunakanadalahkuisionerdandokumentasiprestasisiswa.AnalisisyangdigunakanadalahsecaradeskriptifyaitumenentukanfrekwensidaridistribusidataantaraEQdanSQdanprestasisiswadenganskalayangberbeda.SecarainferensialyaitudenganRegresiLinearBergandayangsecaraparsialdarikecerdasanemosionaldiperoleh(Sig)0.016danthitung2.481ttabel2.006sehinggaHiditerimadanuntukkecerdasanspiritualdiperoleh(Sig)0.039danthitung2.122ttabel2.006hasilnyaHiditerimajuga.Secarasimultandiperoleh(Sig)0.012danFhitung4.873Ftabel3.180sehinggaHiditerimadenganR2adalah0.160.Kesimpulandaripenelitianinimenunjukkanbahwakecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ)baiksecaraserentak(simultan/bersama-sama)maupunsendiri-sendiri(parsial)berpengaruhsecarasignifikanterhadapvariabelprestasibelajarsiswadalammatapelajaranekonomi.Haliniberartisiswayangmemilikikecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ)yangtinggimemilikiprestasiyangtinggipula.