Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 4 Malang / Eva Kristina DL

Main Author: Eva Kristina DL.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38469/
Daftar Isi:
  • KecerdasanEmosional(EQ)dankecerdasanSpiritual(SQ)merupakansalahsatufaktoryangberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswasetelahIQ.BagisebagianorangperananintelegensiyangmengambilperananpentingdalamkesuksesanhiduptetapisetelahadanyarisetterbaruGolemanternyataIQhanyamenyumbangkira-kira20%danyang80%dipengaruhiolehfaktorlaindansalahsatunyaadalahkecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhkecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ)terhadapprestasibelajarsiswadalammatapelajaranekonomi.Subyekdalampenelitianiniadalahsiswa-siswikelasVIIISMP4Malang.yangdiambil6kelas.Metodepenelitianyangdigunakanadalahkuisionerdandokumentasiprestasisiswa.AnalisisyangdigunakanadalahsecaradeskriptifyaitumenentukanfrekwensidaridistribusidataantaraEQdanSQdanprestasisiswadenganskalayangberbeda.SecarainferensialyaitudenganRegresiLinearBergandayangsecaraparsialdarikecerdasanemosionaldiperoleh(Sig)0.016danthitung2.481ttabel2.006sehinggaHiditerimadanuntukkecerdasanspiritualdiperoleh(Sig)0.039danthitung2.122ttabel2.006hasilnyaHiditerimajuga.Secarasimultandiperoleh(Sig)0.012danFhitung4.873Ftabel3.180sehinggaHiditerimadenganR2adalah0.160.Kesimpulandaripenelitianinimenunjukkanbahwakecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ)baiksecaraserentak(simultan/bersama-sama)maupunsendiri-sendiri(parsial)berpengaruhsecarasignifikanterhadapvariabelprestasibelajarsiswadalammatapelajaranekonomi.Haliniberartisiswayangmemilikikecerdasanemosional(EQ)dankecerdasanspiritual(SQ)yangtinggimemilikiprestasiyangtinggipula.