Pengaruh NEM SD terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SLTP Negeri 21 Samarinda <BR>oleh Masniah

Main Author: Masniah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2002
Online Access: http://repository.um.ac.id/38423/
Daftar Isi:
  • Dewasainipendidikannasionaldihadapkanpadaberbagaikesenjanganfundamentadliantaranyaterletakpadaprosespendidikanyangditandaidenganlarangnyagairahbelajarpadasiswadanrendahnyasemangatkeda.DataempirisyangakuratmengenaikebiasaanbelajarsiswaSMUkhususnyabelumbanyakterungkapB.anyaksiswayangbelumbisamengembangkankebiasaanbelajaryangbaiksepertmiembolosmenyontekdanmengejarbocoransoal.Halinimenunjukkanmasalatbrelajarsiswapadaumumnyayaitukarenakebiasaanbelajarnya.Kebiasaanbelajarinicenderungmenjadisikap.SikapsendiripengertiannyaadalahorganisasiyangmenetadpancenderungmenjadisuatukebiasaanUntulimengungkapkebiasaandansikapbelajaradaempatfaktoryaitufal-torDelayAvoidance(DA)WorkMethods(WM)TeacherApproval(TA)danEducationAccptancc(EA).FaktorDAinimeliputikedisiplinan/kesungguhabnelajarpengontrolandirirerhadapgangguanbelajardanketeraturanbelajar.FakxorWMmeliputikecermatanefisiensidansisternatikserjasiswadalammenyelesaikantugasbelajarnya.FaklorDAdanWMinidmigeunngauknagnkapkaknebiasaanbelajarsiswa.UntukmengungkapsikapbelajarsiswafaktorTAdanEA.FaktorTAmeliputisikapsiswaterhadapgurudanbentuk-bentubkimbingansertapengajaranguru.SedangkanfaLlorEAmeliputisikapsiswaterhadapperaturansekolahperlakuangurumatapelajaranyangdisajikandannilai/kebergunaagnuru.Kebiasaanbelajarmenunjukpadaduapolayaitupolakebiasaanbelajaryangbaikdanpolakebiasaanbelajaryangburuk.PolakebiasaanbaikperludikembangkandandipertahankanS.edangkanpolakebiasaanburukperludimodifikasikearahyanglebihbaik.Kebiasaanmenunjukpadatingkahlakuyangrelatifmenetaptetapitingkahlakuinimasihdapatdiubahkapansajasetiapindividumenyadariakanadanyakebutuhanmenyempurnakankebiasaanbelajar.UntukmencapaiperubahantersebudtiperlukanintervensiteknikkhususyangsecarateoritisditerimadanterujikeefektifannyTae.knikyangdigunakandalampenelitianiniadalahTeknikCognitiveRestructurin(glCR)UntukmengujikeefektifanTCRtersebutpenelitianinimerumuskamnasalahsebagabierikut(l)ApakahTeknikCognitiveRestructuring(TCR)efektifuntukmengurangkiebiasaanbelajarsiswaSMUyangbumk.Secarakhususmasalahdalampenelitianiniadalah(1)ApakahTCRefeklifuntukmeningkatkanfaklorDelayAvoidance(DA)(2)ApakahTCRefektifuntukmeningkatkanfaklorworkMethods(wM)(3)ApakahTCRefeLtifuntukmeningkatkanfaklorTeacherApproval(TA)(4)ApakahTCRefektifuntukmeningkatkanfaklorEducationAcceptance(EA).UntukmenjawabrumusanmasalahdiataspenelitianinimenggunakarnancangankuasieksperimendenngandesainOneGroupPretesl-PostetsS.ubyekpenelitianadalahsiswaSMUkelasIyangmemilikiprestasibelajarrendahH.aliniberdasarkanpenelitianSuyudiyangmenyimpulkanbahwakebiasaanbelajarbaikdiikutidenganprestasibelajaryangbaikpula.Begitupunsebaliknya.InstrumeynangdigunakanadalahangketSSKB.DalampemberianTCRinidisusunsepertpielatihansehinggadalampenerapanTCRadarancanganTCRdanmateriTCRyangsebelumnyadiujivaliditasnya.AnalisadatapenelitianinimenggunakanWitcoxonSignedRanksTest(WSRT)yangdiolahmenggunakankomputerprogramSPSfSorWindows6.Hasilanalisamenunjukkannilaibeda(z)sesudahpelatihandengansebelumpelatiha-n03145padaderajatsigrifrkan08017(005).HaliniberartiHaditolakdengankatalainTCRinitidakefektifuntukmengurangikebiasaanbelajarsiswayangburuk.Nilaibeda(z)berturut-turutuntukfaktorADWMTAEAadalah-0A260-071003145-00314padaderajatsignifikan067010A7770753209750(005).HaliniberartiHaditolak.DengankatalainTCRtidakefektifuntukmeningkatkanfaldorDdwtvlTA5danEA.Faktoryangmempengaruhiadalahfaktorpengambilansubyekpenelitiarlfaklor-falloryangmemepengaruhiterbentuknyakebiasaanbelajarrancanganTCwaktuyangdiperlukanuntukperlakan.Selainituadafattorintemaldaneksternal.FaktorinternaladalahkondisifisikdanpsikissubyekpenelitiandisaatpelatihanTCRdiberikan.FakloreksternalmenyangkulitngkungansubyekpenelitianbaikdisekolahdirumahmaupuntemanbergaulS.elainitukebiasaanbelajardansikapbelajarterbenhrkkarenaadanyasuatutindakanyangdilaLukanbemlang-ulangsehinggaseorangindividutidakperluberfrkirlagiuntukmelakukantindakantersebut.DengankatalainwalituuntukpelatihanTCRtidakbisahanyasatukalitapiharusdilakukanberulang-ulang-Bertitiktolakdaritemuanhasilpenelitiansalanyangdapatdilakukanadalahdenganmengadakanpenelitianulang.PenelitianulanginimenggunakanrancanganyangsamadanwaLtulatihanyangdiperlamamenjaditigabulandalamsatukalipertemuanuntuksetiapminggunya.SubyekdiambildidasarkanpadahasilanalisainstrumenSSKByangdigunakansehinggadiperolehsiswayangmemilikikebiasaanbelaajrrendah.Penelitianulanginidiharapkandapatmengungkapvariabelkebiasaanbelajardenganlebibmenyakinka