Hubungan penerapan etika perkantoran dan sikap pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mohammad Yusuf Tri Handoko

Main Author: Handoko, Mohammad Yusuf Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3841/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandokoMohammadYusufTri.2017.HubunganPenerapanEtikaPerkantorandanSikapPelayananPrimaTenagaAdministrasiSekolahdenganKepuasanPesertaDidikSekolahMenengahPertamaNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Dr.AgusTimanM.Pd(II)DesiEriKusumaningrumS.Pd.M.Pd.KataKuncietikaperkantoranpelayananprimakepuasanpesertadidikEtikaperkantorandanpelayananprimamerupakanfaktoryangdapatditerapkanolehparatenagaadministrasisekolahdalammemberikanpelayanansehinggadapatmeningkatkankepuasanpelanggan(pesertadidik).Pelayananadministrasimembutuhkantenagaadministrasisekolahyangkompetendanmemilikiketerampilanuntukmemberikanpelayananyangbaikagardapatmemberikankepuasanbagiparapelangganpendidikan.Denganmenerapkanetikaperkantorandanpelayananprimamakapesertadidikakanmemberikankesanyangpositifterhadapinstansiyangbersangkutan.Adapuntujuandalampenelitianiniadalah(1)mendeskripsikantingkatpenerapanetikaperkantorantenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang(2)mendeskripsikantingkatpenerapanpelayananprimatenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang(3)mendeskripsikantingkatkepuasanpesertadidikataslayananyangdiberikanolehtenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang(4)menjelaskanhubunganpenerapanetikaperkantorantenagaadministrasisekolahdengankepuasanpesertadidikSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang(5)menjelaskanhubunganpenerapanpelayananprimatenagaadministrasisekolahdengankepuasanpesertadidikSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang(6)menjelaskanhubunganantarapenerapanetikaperkantorandanpelayananprimatenagaadministrasisekolahdengankepuasanpesertadidikSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanjenispenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkorelasional.PenelitianinidilakukanpadapesertadidikSMPNdiKecamatanBanturKabupatenMalangdenganrespondensebanyak280.Teknikpengumpulandatapenelitiandenganmenggunakanangkettertutup.Analisisdatadalampenelitianiniterdiriatas(1)analisisdeskriptif(2)analisiskorelasiproductmomentpearsondan(3)korelasiganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanetikaperkantoranparatenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalangberadapadakategorisangattinggi(2)penerapanpelayananprimaparatenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalangberadapadakategoritinggi(3)kepuasanpesertadidikataspelayananyangdiberikanolehtenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalangberadapadakategoritinggi(4)terdapathubunganyangsignifikanantarapenerapanetikaperkantorantenagaadministrasisekolahdalammemberikanpelayanandengankepuasanpesertadidikSMPNdiKecamatanBanturKabupatenMalang(5)terdapathubunganyangsignifikanantarapenerapanpelayananprimaparatenagaadministrasisekolahdalammemberikanpelayanandengankepuasanpesertadidikSMPNdiKecamatanBanturKabupatenMalang(6)terdapathubunganyangsignifikanantarapenerapanetikaperkantorandanpelayananprimatenagaadministrasisekolahdalammemberikanpelayanandengankepuasanpesertadidikSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalang.Saran-saranyangdapatdikemukakansehubungandenganhasilpenelitianiniadalahkepada(1)bagitenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalangyangsecaralangsungmemberikanpelayananhendaknyamempertahankantingkatetikaperkantoransaatmemberikanpelayanankepadapesertadidikagartetapmemuaskansertalebihmeningkatkantingkatpelayananprimaketikamemberikanpelayanankarenadarihasilanalisisangketpadasubvariabelperhatiansaatmemberikanpelayananmemilikikategoripalingrendahsehinggahaliniberdampakpadaketidakpuasanpesertadidik.Olehkarenaitupadasubvariabelperhatianharuslebihditingkatkanagartingkatkepuasanpesertadidikdapatmeningkatdanmemberikankesanyangpositifterhadapperkembangankinerjaparatenagaadministrasisekolah(2)bagikepalasekolahmenengahpertamanegeridiKecamatanBanturKabupatenMalangdiharapkandapatmemberikanarahansertapelatihanterhadaptenagaadministrasisekolahSMPNegeridiKecamatanBanturKabupatenMalangagarmempertahankanpenerapanetikaperkantoranagartetapmemuaskansertamemberikanwawasandanpelatihantentangpelayananprimasecaralebihlanjut.HaliniterutamabagikepalasekolahSMP4BanturkarenapadaSMPinitingkatpenerapanetikaperkantorandanpelayananprimaberadapadakategoripalingrendahsehinggakepalasekolahharusmemberikantambahanwawasandanpelatihankepadatenagaadministrasisekolahmengenaicaramemberikanpelayananprimayangbaikdanbenar.Pelatihanyangdimaksuddapatberupacaramenerimatamucaramemberikanpelayananyangbenarkualifikasiyangharusdipenuhiolehtenagaadministrasisekolahsertakemampuandasaryangharusdimilikidalammelayanipelanggan.Kategoripalingrendahberadapadavariabelpelayananprimasubvariabelperhatian.Olehkarenaitupelatihanyangdilakukandapatdifokuskanpadacaramemberikanperhatianpenuhterhadappelanggansertacaramemahamikeperluanpelanggan(3)bagipenelitilainhasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikanbahanreferensidandikembangkanlebihlanjutdengancaramengembangkanpokokpermasalahanatauvariabelnyamengubahlokasipenelitianyangberbedadanjenjangpendidikanyangberbeda.Karenadalamvariabeletikaperkantoranterdapataspeketikakomunikasikantoryangseharusnyadapatdijadikansubvariabeldarivariabeletikaperkantoran.