Perbedaan produktivitas kerja guru antara yang sudah dan belum sertifikasi pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Malang / Lia Nurul Fitriana
Main Author: | Fitriana, Lia Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3837/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianaLiaNurul.2017.PerbedaanProduktivitasKerjaGuruantarayangSudahdanBelumSertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.DjumDjumNoorBentyM.Pd.(2)Dr.AsepSunandarS.Pd.M.AP.KatakuncisertifikasiguruproduktivitaskerjaguruSertifikasigurumerupakansalahsatuupayauntukpeningkatanmutudankesejahteraanguruberfungsiuntukmeningkatkanmartabatdanperangurusebagaiagenpembelajaran.Guruyangdiberikansertifikasiberartimemilikiprofesionaldalammenjalankantugasnyasebagaiseorangpendidik.Bedahalnyaguruyangmasihbelumtersertifikasikarenamungkingurutersebutmasihkurangdalammenjalankantugasnyasehinggaproduktivitaskerjayangdicapaiolehgurubelummaksimal.SalahsatupermasalahanguruyangdapatdiangkatdiIndonesiayaitumasalahkualitasguru.Seoranggurumampumengajardenganbaikakantetapiterkadanghasilyangdiperolehmasihkurang.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)mendeskripsikantingkatproduktivitaskerjaguruyangsudahsertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalang(2)mendeskripsikantingkatproduktivitaskerjaguruyangbelumsertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalangdan(3)mendeskripsikanperbedaantingkatproduktivitaskerjaguruyangsudahsertifikasidibandingkandenganyangbelumsertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalang.Metodepenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifyangbersifatdeskriptif-kausalkomparatif.Teknikpengambilansampelsekolahyaitudengansampel10%darikeseluruhanjumlahsekolahdanteknikareasamplingsertateknikproportionalrandomsampling.Teknikpengumpulandatamenggunakanangketatauinstrumen.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdanteknikanalisiskomparasiyaituteknikanalisisujitsampeltidakberhubungan.ObjekpenelitianiniadalahguruSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalangyangsudahsertifikasimaupunyangbelumsertifikasi.Populasidalampenelitianiniberjumlah281orang.DenganmenggunakanFormulaSlovindiperolehsampelsebanyak104orang.Kesimpulanpenelitianyangdiperolehadalah(1)tingkatproduktivitaskerjaguruyangsudahsertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalangberadapadakriteriasedangdengankatalainpadaumumnyaguruyangsudahsertifikasidalammenjalankantugasnyamasihtergolongcukup(2)tingkatproduktivitaskerjaguruyangbelumsertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalangberadapadakriteriasedangdengankatalainpadaumumnyaguruyangbelumsertifikasidalammenjalankantugasnyajugamasihtergolongcukupdan(3)tidakterdapatperbedaantingkatproduktivitaskerjaguruantarayangsudahdanbelumsertifikasipadaSekolahMenengahPertama(SMP)diKotaMalang.ArtinyatingkatproduktivitaskerjaguruantarayangsudahsertifikasipadaSMPdiKotasamayaituproduktivitaskerjanyatergolongcukup.Saranpenelitianinitertujubagi(1)KepalaDinasPendidikanKotaMalanghendaknyamengadakanpelatihanataustudilebihlanjutuntukpendidikmengenaiproduktivitaskerjagurusertapeninjauanulangefektifitasdanefisiensiprogramsertifikasi(2)KepalaSMPdiKotaMalangdiharapkanmampumemberikandukungandanmotivasikepadaparaguruagarparagurudalammenjalankantugasnyabisalebihsemangatdanberkualitassehinggagurubaikyangsudahsertifikasimaupunyangbelumsertifikasimampumeningkatkanproduktivitaskerjanya(3)GuruSMPdiKotaMalangdiharapkanguruuntukberperanaktifdalammeningkatkanpengetahuankompetensimengajarsehinggakemampuangurudalamprosesmengajardapatmenjadilebihbaikdanmencapaihasilyanglebihbaikdarisebelumnya(4)KetuaJurusanAdministrasPendidikandiharapkandapatdijadikansebagaibahanmasukanmaupunkajiantentangpelaksanaansertifikasiterhadaptenagapendidiksehinggaKetuaJurusanbisamemberikanmotivasidandukungankepadatenagapendidik(5)DosenAdministrasiPendidikandiharapkandapatdijadikanbahanmasukanbahwasemuatenagapendidikbaikyangsudahsertifikasimaupunbelumsertifikasisupayatetapmeningkatkanproduktivitaskerjanyagunauntukmeningkatkankualitaspendidikan(6)Mahasiswadiharapkandapatmenambahpengetahuanterhadapmahasiswamengenaiproduktivitaskerjaguruyangsudahsertifikasimaupunyangbelumsertifikasidan(7)PenelitiLaindiharapkandapatdigunakansebagaibahanrujukanataureferensidalamsebuahpenelitianyangberkaitandengansertifikasiguruhendaknyadapatdikembangkanlebihlanjutdenganfokuspenelitianyangberbeda.