Hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SD Negeri se-kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Anang Dharmawan

Main Author: Dharmawan, Anang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/3836/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDharmawanAnang.2017.HubunganantaraIklimOrganisasidanMotivasiKerjadenganKinerjaGurudiSDNegeriSe-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Dr.H.AhmadYusufSobriS.Sos.M.Pd(II)WildanZulkarnainS.Pd.M.Pd.KatakunciiklimorganisasimotivasikerjakinerjaguruKinerjagurumerupakansalahsatupenentukeberhasilanpendidikandisekolahkarenaguruadalahorangyanglangsungmelakukanprosespembelajarandenganpesertadidik.Kinerjaguruinidapatdipengaruhibeberapafaktoryaitufaktorinternaldanfaktoreksternal.Faktorinternalmerupakanfaktoryangberasaldariguruitusendirisepertimotivasikerja.Faktoreksternaladalahfaktoryangberasaldariluardirigurusepertiiklimorganisasi.Iklimorganisasidanmotivasikerjamerupakanfaktorpendukungdalammenciptakankinerjaguruyangbaik.Iklimorganisasiyangbaikmembuatgurumerasanyamandenganorganisasinyasehinggakinerjagurumenjadibaik.Selainitumotivasidibutuhkangurudalammelakukanpembelajarandenganmotivasikerjayangbaikmakaguruakanmelakukantugasnyadenganbaikjugakarenamotivasiadalahdoronganyangdiberikanolehkepalasekolahataugurulain.Adapuntujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikankinerjagurudiSDNegerise-KecamatanSutojayan(2)mendeskripsikaniklimorganisasidiSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar(3)mendeskripsikanmotivasikerjagurudiSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar(4)mengetahuihubunganantaraiklimorganisasidankinerjagurudiSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar(5)mengetahuihubunganantaramotivasikerjagurudankinerjagurudiSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar(6)mengetahuihubunganantaraiklimorganisasidanmotivasikerjagurudengankinerjagurudiSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanjenispenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkorelasional.PenelitianinidilakukandiSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitardenganrespondengurusebanyak108.Teknikpengumpulandatapenelitianinimenggunakanangkettertutup.Analisisdatadalampenelitianiniterdiriatas(1)analisideskriptif(2)analisiskorelasiproductmomentperson(3)korelasiganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)iklimorganisasidiSDNegerise-KecamatanSutojayanberadapadakategoritinggi(2)motivasikerjadiSDNegerise-KecamatanSutojayanberadapadakategoritinggi(3)kinerjagurudiSDNegerise-KecamatanSutojayanberadapadakategorisedang(4)terdapathubunganyangsignifikanantaraiklimorganisasidengankinerjaguruSDNegeridiKecamatanSutojayan(5)terdapathubunganyangsignifikanantaramotivasikerjadengankinerjaguruSDNegeridiKecamatanSutojayan(6)terdapathubunganyangsignifikanantaraiklimorganisasidanmotivasikerjadengankinerjaguruSDNegeridiKecamatanSutojayan.Saranpenelitianiniditujukankepada(1)KepalaSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitaragarmemperhatikansetiapkinerjagurudanmemberikankesempatanguruuntukmengikutikegiatanyangberkaitandenganpeningkatankinerjaguru(2)GuruSDNegerise-KecamatanSutojayanKabupatenBlitaragarselaluminingkatkankinerjanyabaikdalamperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajaranmaupunevaluasipembelajarandankhususnyamengembangkanvariasidalampemberiantugaskepadapesertadidik(3)KetuaJurusanAdministrasiPendidikanagarmenambahbahanreferensimengenaiiklimorganisasimotivasikerjadankinerjaguruuntukmemperbanyakbahanpustakadalamperkuliahandanpenelitiandenganvariabelyangsama(4)Penelitilaindapatmenggunakanpenelitianinisebagaiacuanpenelitianselanjutnyadandapatdikembangkanpadasubjekyanglebihluassepertijenjangpendidikanyangberbedaataupundikantorpemerintahan.