Pemetaan studi lanjut siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek / Yunia Dwi Prapitasari

Main Author: Prapitasari, Yunia Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3799/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrapitasariYuniaDwi.2017.PemetaanStudiLanjutSiswaSekolahMenengahPertama(SMP)danMadrasahTsanawiyah(MTs)Se-KecamatanMunjunganKabupatenTrenggalek.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.MustiningsihM.Pd(II)AhmadNurabadiM.Pd.KataKuncipemetaanpemilihanstudilanjutalasansiswaPendidikanmenjadikanseseoranglebihbaikkarenaadanyatambahanpengetahuanwawasansertaketerampilandanluasnyacaraberpikir.Makadariitupendidikanmerupakansalahsatuupayaseseorangdalammencapaikehidupanyanglayaksertamencapaikesejahteraanhidup.Dalambidangpendidikanpemerintahmembuatstrategiagarpendidikandapatdiperoleholehseluruhmasyarakatsehinggapemerataanpendidikanyangtelahdirencanakandapatberjalansesuaidenganyangdiharapkan.SebelumnyaPemerintahtelahmencanangkanProgramWajar9TahunyangdilaksanakanmulaidarijenjangSekolahDasarsampaidenganSekolahMenengahPertama.HaltersebuttertuangdalamPeraturanPemerintahNomor47Tahun2008PasalItentangwajibbelajar.PadaTahun2012PemerintahtelahmencanangkanprogrambaruyaituProgramWajibBelajar(Wajar)12TahunmulaidarijenjangPendidikanDasarsampaidenganPendidikanMenengah.KabupatenTrenggalekmerupakansalahsatudaerahyangtelahmelaksanakanprogramdariPemerintahyaituProgramWajar12Tahun.Penelitianinibertujuanuntuk(1)Menggambarkanpemetaan(mapping)penyebaranminatstudilanjutpadasiswaSMPdanMTsse-KecamatanMunjungandalammemilihstudilanjut(2)MenemukansekolahlanjutantingkatatasdiKabupatenTrenggalekyangpeminatnyapalingbanyak(3)MengetahuialasandarisiswaSMPdanMTsdalammemilihstudilanjut.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifsedangkananalisisyangdigunakandalamskripsiiniadalahanalisisdeskriptifdananalisisgeometris.VariabeldalampenelitianiniadalahpemetaanstudilanjutsiswaSMPdanMTs.Populasidalampenelitianiniberjumlah593responden.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahproportionalrandomsamplingsehinggasampeldaripenelitianiniadalah238respondendengansasaransiswakelas9.Instrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniberupaangketataukuesioner.Jenisangketataukuesineryangdigunakandalampenelitianiniadalahangketsemiterbuka.Ujicobaangketataukuesionartersebutdilakukanuntukmencarivaliditasinstrumendanreliabilitasinstrumen.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianinidiambildarijawabanrespondenyangberasaldaripertanyaandanpernyataandalamangketataukuesioner.AnalisisdatadiolahdenganmenggunakanSPSS(StatisticalProductandServiceSolution)21.00forWindows.Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehsebagaiberikut(1)Gambaranpemetaan(mapping)penyebaransiswadanminatstudilanjutpadasiswayaitupenyebaransiswaSMPdanMTsdalammemilihstudilanjuttidakhanyamengacupadalokasisekolahyangdekatdengantempattinggalmereka.SiswalebihmemilihmelanjutkanstudilanjutyangjauhdaritempattinggalmerekadanbahkanbeberapasiswamemilihmelanjutkanstudilanjutdiluarwilayahKabupatenTrenggalek.MinatsiswaSMPdanMTsse-KecamatanMunjunganKabupatenTrenggalekdarikeseluruhanrespondenmemilihuntukmelanjutkansekolah.BerdasarkandaristatussekolahsiswaSMPdanMTslebihbanyakmemilihsekolahyangberstatusNegeridanuntukpemilihanjenissekolahsiswaMTslebihmemilihuntukmelanjutkankeMAsedangkansiswaSMPlebihmemilihuntukmelanjutkankeSMA.(2)SekolahlanjutantingkatatasdiKabupatenTrenggalekyangpeminatnyapalingbanyakyaituSMANegeri1Munjungandenganjumlahpemilihsebanyak56siswadan(3)AlasansiswaSMPdanMTsdalammemilihstudilanjutberdasarkanstatussekolahyaitusebagianbesarmemilihsekolahberstatusNegerisedangkanalasanpemilihansekolahberdasarkanstudilanjutsiswaSMPdanMTslebihdominanmemilihalasanberdasarkankeinginansendiridalampemilihanstudilanjut.Berdasarkanhasilpenelitiandankesimpulansaran-saranyangdapatdiberikanpenelitiyaitu(1)KepalaDinasPendidikandiharapkandapatmembantuKepalaSekolahdalammenyelesaikanmasalahyangdihadapiolehsekolahyaitukurangnyapeminat(siswa)danmemberikanpembinaanmengenaipromosisekolahsertausahapeningkatankualitasdanfasilitassekolah(2)KetuaJurusanAdministrasiPendidikanhendaknyapenelitianinidapatdigunakansebagaireferensitentangmatakuliahperencanaanpendidikanyangmeliputischoolmappingkualitassekolahfasilitassekolahdanprestasisekolahyangdapatmenariksiswa(3)GuruSMPdanMTsdapatdijadikansebagaireferensiataupertimbanganterhadapsekolahlanjutanatassehinggadapatmembantudanmengarahkananakdidiknyauntukmemilihstudilanjut(4)Orangtuasiswaperlumemilikipertimbangandalammembantudanmengarahkanputra-putrinyadalammenentukanstudilanjut(5)Bagipenelitilainataupenelitiselanjutnyayangberminatuntukmelanjutkanpenelitianinihendaknyamenambahvariabeltentangpemetaanstudilanjutagardapatmengetahuifaktor-faktorapasajayangmempengaruhisiswadalammemilihstudilanjutdandiharapkanmelakukanpenghitunganmengenaidayatampungsekolah.