Pemetaan studi lanjut siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek / Yunia Dwi Prapitasari
Main Author: | Prapitasari, Yunia Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3799/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrapitasariYuniaDwi.2017.PemetaanStudiLanjutSiswaSekolahMenengahPertama(SMP)danMadrasahTsanawiyah(MTs)Se-KecamatanMunjunganKabupatenTrenggalek.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.MustiningsihM.Pd(II)AhmadNurabadiM.Pd.KataKuncipemetaanpemilihanstudilanjutalasansiswaPendidikanmenjadikanseseoranglebihbaikkarenaadanyatambahanpengetahuanwawasansertaketerampilandanluasnyacaraberpikir.Makadariitupendidikanmerupakansalahsatuupayaseseorangdalammencapaikehidupanyanglayaksertamencapaikesejahteraanhidup.Dalambidangpendidikanpemerintahmembuatstrategiagarpendidikandapatdiperoleholehseluruhmasyarakatsehinggapemerataanpendidikanyangtelahdirencanakandapatberjalansesuaidenganyangdiharapkan.SebelumnyaPemerintahtelahmencanangkanProgramWajar9TahunyangdilaksanakanmulaidarijenjangSekolahDasarsampaidenganSekolahMenengahPertama.HaltersebuttertuangdalamPeraturanPemerintahNomor47Tahun2008PasalItentangwajibbelajar.PadaTahun2012PemerintahtelahmencanangkanprogrambaruyaituProgramWajibBelajar(Wajar)12TahunmulaidarijenjangPendidikanDasarsampaidenganPendidikanMenengah.KabupatenTrenggalekmerupakansalahsatudaerahyangtelahmelaksanakanprogramdariPemerintahyaituProgramWajar12Tahun.Penelitianinibertujuanuntuk(1)Menggambarkanpemetaan(mapping)penyebaranminatstudilanjutpadasiswaSMPdanMTsse-KecamatanMunjungandalammemilihstudilanjut(2)MenemukansekolahlanjutantingkatatasdiKabupatenTrenggalekyangpeminatnyapalingbanyak(3)MengetahuialasandarisiswaSMPdanMTsdalammemilihstudilanjut.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifsedangkananalisisyangdigunakandalamskripsiiniadalahanalisisdeskriptifdananalisisgeometris.VariabeldalampenelitianiniadalahpemetaanstudilanjutsiswaSMPdanMTs.Populasidalampenelitianiniberjumlah593responden.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahproportionalrandomsamplingsehinggasampeldaripenelitianiniadalah238respondendengansasaransiswakelas9.Instrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniberupaangketataukuesioner.Jenisangketataukuesineryangdigunakandalampenelitianiniadalahangketsemiterbuka.Ujicobaangketataukuesionartersebutdilakukanuntukmencarivaliditasinstrumendanreliabilitasinstrumen.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianinidiambildarijawabanrespondenyangberasaldaripertanyaandanpernyataandalamangketataukuesioner.AnalisisdatadiolahdenganmenggunakanSPSS(StatisticalProductandServiceSolution)21.00forWindows.Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehsebagaiberikut(1)Gambaranpemetaan(mapping)penyebaransiswadanminatstudilanjutpadasiswayaitupenyebaransiswaSMPdanMTsdalammemilihstudilanjuttidakhanyamengacupadalokasisekolahyangdekatdengantempattinggalmereka.SiswalebihmemilihmelanjutkanstudilanjutyangjauhdaritempattinggalmerekadanbahkanbeberapasiswamemilihmelanjutkanstudilanjutdiluarwilayahKabupatenTrenggalek.MinatsiswaSMPdanMTsse-KecamatanMunjunganKabupatenTrenggalekdarikeseluruhanrespondenmemilihuntukmelanjutkansekolah.BerdasarkandaristatussekolahsiswaSMPdanMTslebihbanyakmemilihsekolahyangberstatusNegeridanuntukpemilihanjenissekolahsiswaMTslebihmemilihuntukmelanjutkankeMAsedangkansiswaSMPlebihmemilihuntukmelanjutkankeSMA.(2)SekolahlanjutantingkatatasdiKabupatenTrenggalekyangpeminatnyapalingbanyakyaituSMANegeri1Munjungandenganjumlahpemilihsebanyak56siswadan(3)AlasansiswaSMPdanMTsdalammemilihstudilanjutberdasarkanstatussekolahyaitusebagianbesarmemilihsekolahberstatusNegerisedangkanalasanpemilihansekolahberdasarkanstudilanjutsiswaSMPdanMTslebihdominanmemilihalasanberdasarkankeinginansendiridalampemilihanstudilanjut.Berdasarkanhasilpenelitiandankesimpulansaran-saranyangdapatdiberikanpenelitiyaitu(1)KepalaDinasPendidikandiharapkandapatmembantuKepalaSekolahdalammenyelesaikanmasalahyangdihadapiolehsekolahyaitukurangnyapeminat(siswa)danmemberikanpembinaanmengenaipromosisekolahsertausahapeningkatankualitasdanfasilitassekolah(2)KetuaJurusanAdministrasiPendidikanhendaknyapenelitianinidapatdigunakansebagaireferensitentangmatakuliahperencanaanpendidikanyangmeliputischoolmappingkualitassekolahfasilitassekolahdanprestasisekolahyangdapatmenariksiswa(3)GuruSMPdanMTsdapatdijadikansebagaireferensiataupertimbanganterhadapsekolahlanjutanatassehinggadapatmembantudanmengarahkananakdidiknyauntukmemilihstudilanjut(4)Orangtuasiswaperlumemilikipertimbangandalammembantudanmengarahkanputra-putrinyadalammenentukanstudilanjut(5)Bagipenelitilainataupenelitiselanjutnyayangberminatuntukmelanjutkanpenelitianinihendaknyamenambahvariabeltentangpemetaanstudilanjutagardapatmengetahuifaktor-faktorapasajayangmempengaruhisiswadalammemilihstudilanjutdandiharapkanmelakukanpenghitunganmengenaidayatampungsekolah.