Hubungan antara keefektifan pembinaan ekstrakurikuler dan tingkat kedisiplinan siswa di SMP Negeri se-kota Blitar / Rulita Ayu Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Rulita Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3795/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwiRulitaAyu.2017.HubunganantaraKeefektifanPembinaanEkstrakurikulerdanTingkatKedisiplinanSiswadiSMPNegerise-KotaBlitar.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.ImronArifinM.Pd(II)TeguhTriwiyantoS.Pd.M.Pd.KataKuncikeefektifanpembinaanekstrakurikulerkedisiplinansiswaKenakalanremajasaatinimemerlukantindakanpendisiplinanyanglebihserius.Penanganankedisiplinanyangtepatsangatdiperlukanagartidaksampaimenimbulkankekerasan.PenanamanpendidikankaraktersangatdibutuhkanuntukmembentukperilakupositifbagisiswausiaSekolahMenengahPertama(SMP).Pendidikankaraktertersebutbisadidapatkandengancarasiswamengikutiberbagaihal-halpositifdisekolah.Kegiatanyangmenunjanghal-halpositifdisekolahbisadenganmengikutikegiatanekstrakurikuler.Kegiataninibertujuanuntukmenanamkannilai-nilaipositifsekaligusmengembangkanbakatdanminatsiswadidalamnya.Kegiatanekstrakurikulerjugamelatihsiswauntukbersikapdisiplindalammelakukanberbagaihal.Adanyakegiatanekstrakurikulermenjadikansiswasemakinterlatihuntukbersikappositifdandisiplindalambelajarmaupunmelakukanaktivitaslainnya.Haltersebutakansangatmembantudalammengurangikenakalanremajayangsedangmaraksaatini.SiswaSMPmemangperludiberikankegiatan-kegiatanpositifyangmembentukdirinyauntukdapatmenjadigenerasiyangbaikdimasadepan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikantingkatkedisiplinansiswa(2)menjelaskantingkatkeefektifanpembinaanekstrakurikulerdan(3)menemukanhubungankeefektifanpembinaanekstrakurikulerterhadaptingkatkedisiplinansiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangananalisisdeskriptif-korelasionalyangdilaksanakandiSMPNegerise-KotaBlitardengansubjekpenelitianyaituseluruhsiswa.Penarikanjumlahsampelmenggunakanproportionalrandomsamplingsehinggadiketahuidalampenelitianiniada382siswa.Penelitianinidilakukandengancaramengumpulkandatadariduavariabel.Setiapvariabeldilakukananalisisdeskriptif.Selanjutnyavariabelkeefektifanpembinaanekstrakurikuler(X)dikorelasikandenganvariabelterikattingkatkedisiplinansiswa(Y).Teknikpengumpulandatamenggunakaninstrumenberupaangket/kuesionertertutupbentukchecklist.Sebeluminstrumendigunakanuntukpenelitianterlebihdahuludilakukanujivaliditasdanujireliabilitas.Apabilaangket/kuesionersudahvaliddanreliabelmakadapatdilakukanpenelitian.Setelahdatadariangket/kuesionerterkumpulkemudiandilakukanpengolahandatadandianalisismenggunakanmetodekorelasisederhanaproductmomentpearson.Berdasarkananalisisdatadiketahuivariabelkeefektifanpembinaanekstrakurikulerberadadalamkategoritinggidenganpersentase52%danvariabeltingkatkedisiplinansiswapadakategorisedangdenganpersentase6178%.HasilujihipotesisdiketahuiadahubunganpositifyangsignifikanantarakeefektifanpembinaanekstrakurikulerdengantingkatkedisiplinansiswadiSMPNegerise-KotaBlitar.Haltersebutmenunjukkanbahwadenganadanyakeefektifanpembinaanekstrakurikuleryangoptimalmakaakanlebihmeningkatkankedisiplinansiswa.Saranyangdiberikanyaitu(1)bagiKepalaDinasPendidikanKotaBlitarsebaiknyamembuatkebijakantentangkewajibansiswamengikutiekstrakurikulerpramukamemberikanpengarahankepadakepalaSMPNegerise-KotaBlitaruntuklebihmeningkatkankeaktifansiswadibidangekstrakurikulervolisepakboladanPMR(PalangMerahRemaja)danmengeluarkankebijakanwajibmengikutiekstrakurikulerminimal3untuksetiapsiswademimelatihmerekauntuklebihproduktifdalammemanfaatkanwaktuluangnya(2)bagiKepalaSMPNegerise-KotaBlitarsebaiknyadalamhalmenghidupkanjiwadisiplindengancarapemberiankebebasanyangbertanggungjawablebihditingkatkanagarsiswatidakmerasatertekandenganhanyamemberikanpaksaanatauaturanyangmengikatkepadasiswauntukselalubersikapdisiplindanpemberiancontohyangbaikdarikepalasekolahmaupunguru-guruakandirasalebihdapatmemotivasisiswauntukbersikapdisiplin(3)bagiWakilKepalaSekolahBidangKesiswaansebaiknyadalamhalteknikpembinaankedisiplinandengancarapemberianskorslebihditingkatkanagardapatmenunjangprosespeningkatankedisiplinansiswadiSMPNegerise-KotaBlitar(4)bagiorangtua/walisiswaSMPsebaiknyadapatmengarahkanputra-putrinyauntuklebihaktifmengikutiekstrakurikulerdisekolahterutamaekstrakurikulerpramukasepakbolavoliataupunPMRsekaligusdalamupayameningkatkankedisiplinananakorangtuaharuslebihseringmemberikantegurandirumahagaranakterusdapatmelatihkedisiplinanpadadirimerekadenganmengingattegura-teguranyangdiberikanorangtuanya(5)bagisiswasebaiknyalebihmemahamipentingnyasikapdisiplinbagimasadepanmereka.Selainitusiswaharuslebihbisamemberikandoronganuntukbersikapdisiplindaridirisendiridantidakhanyamenerapkankedisiplinansemata-matakarenaadatatatertibatauaturanyangmengikatsaja.Siswalaki-lakiseharusnyalebihmeningkatkansemangatdalammengikutikegiatanekstrakurikulerdisekolahyangdapatmelatihkedisiplinanmerekabisadenganmengikutipramukaPMRvolimaupunsepakbola(6)bagipenelitiselanjutnyasebaiknyahasilpenelitianinidapatdijadikanbahanreferensidandikembangkanlebihlanjutdengancaramengembangkanpokokpermasalahanatauvariabelnyamengubahlokasipenelitianyangberbedadanjenjangyangberbeda.