Penerapan metode pembelajaran model Think-Pair-Share ( TPS ) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI-AK program keahlian Akuntansi di SMK 01 Ardjuna Malang / Hanif Fadlyati
Main Author: | Fadlyati, Hanif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/37773/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFadlyatiHanif.2009.PenerapanMetodePembelajaranModelThink-Pair-Share(TPS)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXIAkProgramKeahlianAkuntansidiSmkArdjuna01Malang.SkripsiJurusanAkuntansiProgramStudiPendidikanAkutansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HTuhardjoS.EAkM.Si.(II)YuliWidiAstutiS.E.Ak.M.Si.KataKunciPembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)motivasihasilbelajar.BerdasarkanObservasidanwawancaradengangurumatapelajaranAkuntansidiSMK01Ardjunamalangdiperolehinformasibahwaprosespembelajaranakuntasnikeuangandikelasmasihmenggunakanmetodeceramahtanyajawabataumembahassoaldaribuku.halinimenyebabkansiswakurangaktifdalampembelajaransehinggakurangmenimbulkanmotivasidalamdirisiswauntukbelajar.HaliniakanberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanmasihbenyaksiswayangmengikutiremidikarenaskoryangdiperolehkurangmemenuhistandarkeuntasanminimumyangditetapkanolehSMK01ArdjunaMalangyaitu70.untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.StrategiyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelThing-Pair-Share.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuimotivasidanhasilbelajarakuntansikeuangansiswakelasXI-AkSMK01ArdjunaMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelThing-Pair-Share.penelitianinimerupakanpenelitiannon-eksperimendengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Pengambilandatapenelitianinidilaksanakanpadatanggal8Oktober2009sampai2Nopember2009.Datapenelitianiniberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasidanhasilbelajarsiswayangdipeolehmelaluipost-testpadasetiapakhirsiklus.hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusImotivasibelajarsebesarmotivasibelajarsiswasebesar77%dengankategoribaikdanmengalamipeningkatanpadasiklusIImenjadi84%dengankategorisangatbaik.PadahasilbelajarjugamengalamipeningkatanpadaSiklusIrata-ratanilai7181dengantingkatketuntasanbelajar6818%dinyatakanbelumtuntasbelajarkarenabelummencapai880585%padaSiklusIInilaihasilbelajarmeningkatmenjadi8292dengantingkatketuntasanbelajar9091%dandinyatakantuntasbelajarkarenamencapai85%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenerapanpembelajarankooperatifmodelThing-pair-SharedapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranakuntansikeuangansiswakelasXI-AkSMK01ArdjunaMalang.OlehkarenaitusekolahandisarankanuntukmenggunakanmetodeThink-Pair-Sharesebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.