Manajemen hubungan masyarakat antara sekolah dan komite sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan (studi multi situs di SMP Negeri 4 Kediri dan SMP Negeri 6 Kediri) / Lailatul Fitriyah

Main Author: Fitriyah, Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3766/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriyahLailatul.2016.ManajemenHubunganMasyarakatantaraSekolahdanKomiteSekolahdalamRangkaPeningkatanMutuPendidikan(StudiMultiSitusdiSMPNegeri4KediridanSMPNegeri6Kediri).SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.BurhanuddinM.EdPh.D.(II)Prof.Dr.H.BambangBudiWiyonoM.Pd.KataKuncimanajemenhumaskomitesekolahmutuManajemenhubunganmasyarakatmerupakansalahsatubidanggarapansekolahdalammeningkatkanmutupendidikan.GunamencapaitujuantersebutsekolahdibantuolehorganisasiperwakilanorangtuapesertadidikatauyangdisebutKomiteSekolah.AlasantersebutyangmendasaripentingnyasuatupengelolaanyangbaikantarahubungansekolahdenganmasyarakatdanKomiteSekolah.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikandanmenemukanbeberapahalantaralainprosesmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahkeefektifanmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahsertafaktorpenghambatfaktorpendukungdankiatmengatasidiSMPNegeri4KediridanSMPNegeri6Kediri.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitianstudimultisitus.LokasipenelitianyangpertamaSMPNegeri4KediriterletakdiJalanPenanggungannomor6KotaKediri.SedangkanlokasiyangkeduaSMPNegeri6KediriberalamatkandiKelurahanGayamKecamatanMojorotoKotaKediri.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidenganpengumpulandatareduksidatadisplaydatadanverifikasidata.Pengecekankeabsahanberdasarkanderajatkredibilitasdengantekniktriangulasisumberyaitumembandingkandanmengecekbalikinformasidariberbagaiinforman.Disampingituteknikkecukupanreferensialjugadilaksanakandengancaramencantumkandokumenberupafotodantranskripwawancarasebagaipenguathasilpenelitian.HasiltemuanpenelitianiniantaralainpertamaprosesmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahdiSMPNegeri4Kedirimeliputiperencanaanpengorganisasianpelaksanaandanpengawasan.PerencanaanberupapenyusunanprogramkerjayangdilakukanduakalitahapanyaitudisusunolehkepalasekolahwakilkepalasekolahdanKomiteSekolah.Kemudiandikomunikasikankepadaorangtua.Pengorganisasiandilakukandenganmemilihdanmembentukpengurusdananggotamenyusunstrukturorganisasidanpembagianjobdescription.PelaksanaanmeliputiimplementasidariprogramyangtelahdirencanakanmelaksanakankoordinasidankomunikasiintensifdenganKomiteSekolahdanorangtua.Kegiatanpengawasandilaksanakanmelaluiduacaramelaluirapatterkaitlaporanprogramyangmasihberjalankemudianhasilnyadisusunmenjadilaporanakhirtahun.KeduakeefektifanmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahtercermindaripenyusunanprogamsangattepatsesuaiharapanorangtuamelibatkanbanyakpihakahlidanprosescukuppanjang.Pelaksanaankeseluruhanprogramtepatsesuaijadwal.KepalasekolahberhasilmemotivasiKomiteSekolahdanmemperhatikanpesertadidiknyadengansangatbaik.KetigafaktorpenghambatkurangnyakoordinasidenganLSMdanorangtuaterkaitdanabantuan.Kiatmengatasisosialisasidanmengundanguntukberkunjungkesekolah.FaktorpendukungketercukupanwaktuberkoordinasidenganKomiteSekolahkesediaanhadirseluruhnyadankecukupandanaprogram.HasilpenelitiandirumuskansebagaiberikutpertamaprosesmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahdiSMPNegeri6Kedirimeliputiperencanaanpengorganisasianpelaksanaandanpengawasan.Perencanaanberupapenyusunanprogramolehmasing-masingwakilkepalasekolahkemudiandikomunikasikankepadaKomiteSekolahdanorangtua.Pengorganisasiandilaksanakandengankegiatanpembentukanpengurusdananggotadanpenyusunanstrukturorganisasi.Pelaksanaanberupaimplementasidarirencanaprogramdanmelaksanakankoordinasisertakomunikasi.Kegiatanpengawasandilakukandenganmerapatkancatatan-catatandaripihakpelaksanaprogramyangdianggapurgenkemudianhasildarirapattersebutdisusunmenjadilaporanakhirtahun.KeduafaktorpenghambatnyaadalahkurangnyakomunikasidankoordinasidenganLSMdanorangtuaterkaitkeuangansusahnyamengaturjadwalbertemudenganKomiteSekolahminimnyadanauntukprogramdanrendahnyaaspirasidariorangtua.KiatmengatasiketuaKomiteSekolahmemberikantegurandannasihatkepadaanggotanyamengajakLSMdanorangtuauntukmengecekbuktiadministrasidandibentuknyaPEYAKINgunamewujudkanprogramyangtidakdibiayaipemerintah.Faktorpendukungtingginyakepedulianguru-guruuntukmembantujalannyaprogramsekolah.KetigakeefektifanmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahtercermindaripenyusunanprogramyangtepatdengankebutuhannamunprosesnyamasihkurangtepat.Kepalasekolahpedulidenganpermasalahanpesertadidiksehinggamembantupencapaiankeefektifan.Berdasarkanhasiltemuantersebutpenelitimemberikansaransebagaiberikut(1)KepalaDinasPendidikanKotaKedirisebaiknyamengadakansosialisasirutinsetiaptigatahunsekalidiseluruhlembagapendidikandikotaKediriyangbolehdihadiriolehberbagaipihakyangtertarikdenganduniapendidikan(2)KepalaSMPNegeri4KediriperlumeningkatkankoordinasidankomunikasidenganpihakLSMdengancaramengundangnyasetiapsebulansekalikesekolahuntukmengeceklangsungpengelolaankeuangansekolahterutamapembangunan(3)KepalaSMPNegeri6KediridiharapkanmelibatkanKomiteSekolahuntukmerancangprogramsekolahdaritahapawalmeningkatkankoordinasidankomunikasiseringmengundangLSMrapatuntukpengawasandanevaluasihendaknyatidakdilaksanakansecarainsidentalsajadansegeramengajakKomiteSekolahuntukmerevisistrukturorganisasi(4)OrangtuapesertadidikjikamendapatimasalahterkaitpengelolaansekolahseyogyanyalangsungmendiskusikannyadenganKomiteSekolahataukepalasekolahtidakperlumenceritakankepadapihaklainyangbelumtentumengertipermasalahantersebutdan(5)PenelitilainsebaiknyadapatmengkajilebihdalamterhadapmanajemenhubunganmasyarakatantarasekolahdanKomiteSekolahpadajenjanglembagapendidikanyanglebihtinggi.