Hubungan implementasi manajemen berbasis sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas mengajar guru di SMPN se-Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang / Lia Martha Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Lia Martha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3765/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratiwiLiaMartha.2014.HubunganImplementasiManajemenBerbasisSekolahdanGayaKepemimpinanKepalaSekolahdenganKualitasMengajarGurudiSMPNse-KecamatanLumajangKabupatenLumajang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.HendyatSoetopoM.Pd.(II)Drs.AgusTimanM.Pd.Katakuncimanajemenberbasissekolah(MBS)gayakepemimpinankepalasekolahkualitasmengajarguru.MBSberkaitanlangsungdenganupayasekolahdalammeningkatkankualitasakademiknyatanpacampurtangandaripihakmanapunkecualikomitesekolah.DalamhaliniupayaMBSakanterlaksanaapabiladidukungolehsumberdayamanusia(SDM)yangmemilikikemampuandanintegritasyangtinggi.SalahsatuunsurSDMyangdimaksudadalahgurudimanagurumerupakanfaktorkuncikeberhasilanpeningkatanmutupendidikankarenasebagaipengelolaprosesbelajarmengajarbagisiswa.Gayakepemimpinankepalasekolahdankreatifitasguruyangprofesionaldaninovatifmerupakansalahsatutolokukurdalampeningkatanmutupembelajarandisekolahkarenakepalasekolahdangurumerupakanfiguryangsecaralangsungberhubungandenganprosespembelajarankeduanyadapatmemberikankepercayaankepadamasyarakatkhususnyawalimurid.DenganlatarbelakangtersebutjelasbahwamanajemenberbasissekolahmerupakansuatutuntutanbagisekolahkhususnyaSMPNdiKecamatanLumajangagardapatmenyediakanpendidikanyanglebihbaikdanlebihmemadaibagipesertadidik.HalinidikarenakanMBSmemberipeluangbagikepalasekolahgurudanpesertadidikuntukmelakukaninovasidanimprovisasidisekolahberkaitandenganmasalahkurikulumpembelajaranmanajerialdanlainsebagainyayangtumbuhdarikreativitasaktivitasdanprofesionalismeyangdimilikidalamrangkameningkatkanmutupendidikan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuigambarantentangimplementasiMBSgayakepemimpiankepalasekolahdankualitasmengajarguru.SelainituuntukmencariadanyahubunganantaraimplementasiMBSdengankualitasmengajarguruhubunganantaragayakepemimpiankepalasekolahdengankualitasmengajargurudanhubunganimplementasiMBSdangayakepemimpinankepalasekolahdengankualitasmengajargurudiSMPNse-KecamatanLumajang.Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdenganteknikanalisisdeskriptifkorelasionalyangbertujuanuntukmendiskripsikanmencatatmenganalisissertamenginterpretasikandata.PopulasipenelitianiniadalahdiSMPNse-KecamatanLumajangyangberjumlah198orang.Pengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanpurposivesamplingsehinggamendapatkansampelpenelitianberjumlah99orangyangsesuaidengankriteriaguruseniordansudahmenjadiPegawaiNegeriSipil(PNS).Teknikpengumpulandatadenganangketselanjutnyadianalisisdenganteknikanalisiskorelasidanregresibergandadalampengujianhipotesis.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpelaksanaanimplementasimanajemenberbasissekolahdangayakepemimpinankepalasekolahberadapadaklasifikasisangatbaiksedangkanpelaksanaankualitasmengajarguruberadapadaklasifikasibaik.Secaraparsialterdapathubunganyangsignifikandalamimplementasimanajemenberbasissekolahdengankualitasmengajarguru.ArtinyasemakinberhasilnyaimplementasiMBSmakakualitasmengajargurunyajugaakanmeningkat.Secaraparsialterdapathubunganyangsignifikandalamgayakepemimpinankepalasekolahdengankualitasmengajarguru.Artinyasemakinbaikgayakepemimpinankepalasekolahmakasemakinbaikjugakualitasmengajargurunya.Secarasimultanterdapathubunganyangsignifikandalamimplementasimanajemenberbasissekolahdangayakepemimpinankepalasekolahdengankualitasmengajarguru.ArtinyatingginyakeberhasilansekolahdalammengimplementasikanMBSdansemakinbaiknyakepalasekolahdalammenerapkangayakepemimpinannyamakaakansemakinbaikpulakualitasmengajargurudimasing-maisngsekolahtersebut.Saranbagikepalasekolahadalahpelaksanaangayakepemimpinankepalasekolahtetapdipertahankandalammemajukanmutusekolahnya.Selainitukepalasekolahhendaknyalebihmemperhatikankebutuhangurusehinggakualitasmengajargurudisekolahdapatlebihditingkatkan.BagiguruhendaknyagurumengajarsesuaidenganbidangkeahlianagakjenjangpendidikandanpengusaanmateriyangdimilikigurudapatditerapkandenganbaikkepadasiswanyaSelainituguruharusdapatmenjagakedisiplinannyakarenagurumerupakansuritauladanbagiparasiswa.