Hubungan implementasi manajemen berbasis sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas mengajar guru di SMPN se-Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang / Lia Martha Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Lia Martha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3765/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwiLiaMartha.2014.HubunganImplementasiManajemenBerbasisSekolahdanGayaKepemimpinanKepalaSekolahdenganKualitasMengajarGurudiSMPNse-KecamatanLumajangKabupatenLumajang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.HendyatSoetopoM.Pd.(II)Drs.AgusTimanM.Pd.Katakuncimanajemenberbasissekolah(MBS)gayakepemimpinankepalasekolahkualitasmengajarguru.MBSberkaitanlangsungdenganupayasekolahdalammeningkatkankualitasakademiknyatanpacampurtangandaripihakmanapunkecualikomitesekolah.DalamhaliniupayaMBSakanterlaksanaapabiladidukungolehsumberdayamanusia(SDM)yangmemilikikemampuandanintegritasyangtinggi.SalahsatuunsurSDMyangdimaksudadalahgurudimanagurumerupakanfaktorkuncikeberhasilanpeningkatanmutupendidikankarenasebagaipengelolaprosesbelajarmengajarbagisiswa.Gayakepemimpinankepalasekolahdankreatifitasguruyangprofesionaldaninovatifmerupakansalahsatutolokukurdalampeningkatanmutupembelajarandisekolahkarenakepalasekolahdangurumerupakanfiguryangsecaralangsungberhubungandenganprosespembelajarankeduanyadapatmemberikankepercayaankepadamasyarakatkhususnyawalimurid.DenganlatarbelakangtersebutjelasbahwamanajemenberbasissekolahmerupakansuatutuntutanbagisekolahkhususnyaSMPNdiKecamatanLumajangagardapatmenyediakanpendidikanyanglebihbaikdanlebihmemadaibagipesertadidik.HalinidikarenakanMBSmemberipeluangbagikepalasekolahgurudanpesertadidikuntukmelakukaninovasidanimprovisasidisekolahberkaitandenganmasalahkurikulumpembelajaranmanajerialdanlainsebagainyayangtumbuhdarikreativitasaktivitasdanprofesionalismeyangdimilikidalamrangkameningkatkanmutupendidikan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuigambarantentangimplementasiMBSgayakepemimpiankepalasekolahdankualitasmengajarguru.SelainituuntukmencariadanyahubunganantaraimplementasiMBSdengankualitasmengajarguruhubunganantaragayakepemimpiankepalasekolahdengankualitasmengajargurudanhubunganimplementasiMBSdangayakepemimpinankepalasekolahdengankualitasmengajargurudiSMPNse-KecamatanLumajang.Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdenganteknikanalisisdeskriptifkorelasionalyangbertujuanuntukmendiskripsikanmencatatmenganalisissertamenginterpretasikandata.PopulasipenelitianiniadalahdiSMPNse-KecamatanLumajangyangberjumlah198orang.Pengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanpurposivesamplingsehinggamendapatkansampelpenelitianberjumlah99orangyangsesuaidengankriteriaguruseniordansudahmenjadiPegawaiNegeriSipil(PNS).Teknikpengumpulandatadenganangketselanjutnyadianalisisdenganteknikanalisiskorelasidanregresibergandadalampengujianhipotesis.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpelaksanaanimplementasimanajemenberbasissekolahdangayakepemimpinankepalasekolahberadapadaklasifikasisangatbaiksedangkanpelaksanaankualitasmengajarguruberadapadaklasifikasibaik.Secaraparsialterdapathubunganyangsignifikandalamimplementasimanajemenberbasissekolahdengankualitasmengajarguru.ArtinyasemakinberhasilnyaimplementasiMBSmakakualitasmengajargurunyajugaakanmeningkat.Secaraparsialterdapathubunganyangsignifikandalamgayakepemimpinankepalasekolahdengankualitasmengajarguru.Artinyasemakinbaikgayakepemimpinankepalasekolahmakasemakinbaikjugakualitasmengajargurunya.Secarasimultanterdapathubunganyangsignifikandalamimplementasimanajemenberbasissekolahdangayakepemimpinankepalasekolahdengankualitasmengajarguru.ArtinyatingginyakeberhasilansekolahdalammengimplementasikanMBSdansemakinbaiknyakepalasekolahdalammenerapkangayakepemimpinannyamakaakansemakinbaikpulakualitasmengajargurudimasing-maisngsekolahtersebut.Saranbagikepalasekolahadalahpelaksanaangayakepemimpinankepalasekolahtetapdipertahankandalammemajukanmutusekolahnya.Selainitukepalasekolahhendaknyalebihmemperhatikankebutuhangurusehinggakualitasmengajargurudisekolahdapatlebihditingkatkan.BagiguruhendaknyagurumengajarsesuaidenganbidangkeahlianagakjenjangpendidikandanpengusaanmateriyangdimilikigurudapatditerapkandenganbaikkepadasiswanyaSelainituguruharusdapatmenjagakedisiplinannyakarenagurumerupakansuritauladanbagiparasiswa.