Studi fenomenologi perubahan organisasi dan peran akuntansi sekolah menengah kejuruan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam perspektif new public management / Danarela Ekarani

Main Author: Ekarani, Danarela
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/37605/
Daftar Isi:
  • ivABSTRAKEkaraniDanarela.2019.StudiFenomenologiPerubahanOrganisasidanPeranAkuntansiSekolahMenengahKejuruanmenjadiBadanLayananUmumDaerah(BLUD)dalamPerspektifNewPublicManagement.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriPujiningsihS.E.M.Si.Ak.KataKunciperubahanorganisasiakuntansiBLUDNPM.PerubahanstatusinstansimenjadiBLUDmerupakansalahsatuupayayangdilakukanolehpemerintahsebagaisolusidarikeluhanmasyarakatpadakinerjasektorpublik.Padatahun2017DinasPendidikanProvinsiJawaTimurtelahmenyetujui20SMKuntukmenjadiBLUDdimanasalahsatunyaadalahSMKN4Malang.PerubahanSMKdenganstatusBLUDmasihpertamakalidijalankan.PenelitianinibertujuanuntukmenemukanpemaknaaninformanpadaperubahanSMKmenjadiBLUDdalamperspektifNewPublicManagementdanperanakuntansipadaperubahanSMKmenjadiBLUD.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatanfenomenologi.Pengumpulandatadiperolehmelaluiwawancaradandokumentasi.AnalisisdataadalahTranscendentalPhenomenologyyangterdiridarilimatahapantaralain1)noema2)noesis3)epoche(bracketing)4)intentionalanalysisdan5)eideticreduction.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemaknaaninformanpadaperubahanorganisasiSMKN4MalangmenjadiBLUDantaralainadanyaperbedaanpersepsiantarwargasekolahmengenaikonsepBLUDadanyapenetapantargetpengelolaankeuanganyanglebihbaikditerapkannyasistemremunerasimenjadimotivasitersendiriuntukmenjalankanpengelolaanBLUDsertaadanyadilemadalampencapaiantargetyangtelahditetapkansekolah.SedangkanpemaknaaninformanatasperanakuntansipadaperubahanorganisasiSMKmenjadiBLUDantaralainkompleksitastugaspokokyangdiberikanpadabendaharamengenalpenyusunanRSBdanRBAdandominasiperanaplikasiSIBAKUdalamPolaPengelolaanKeuanganSekolah.