Studi fenomenologi perubahan organisasi dan peran akuntansi sekolah menengah kejuruan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam perspektif new public management / Danarela Ekarani
Main Author: | Ekarani, Danarela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/37605/ |
Daftar Isi:
- ivABSTRAKEkaraniDanarela.2019.StudiFenomenologiPerubahanOrganisasidanPeranAkuntansiSekolahMenengahKejuruanmenjadiBadanLayananUmumDaerah(BLUD)dalamPerspektifNewPublicManagement.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriPujiningsihS.E.M.Si.Ak.KataKunciperubahanorganisasiakuntansiBLUDNPM.PerubahanstatusinstansimenjadiBLUDmerupakansalahsatuupayayangdilakukanolehpemerintahsebagaisolusidarikeluhanmasyarakatpadakinerjasektorpublik.Padatahun2017DinasPendidikanProvinsiJawaTimurtelahmenyetujui20SMKuntukmenjadiBLUDdimanasalahsatunyaadalahSMKN4Malang.PerubahanSMKdenganstatusBLUDmasihpertamakalidijalankan.PenelitianinibertujuanuntukmenemukanpemaknaaninformanpadaperubahanSMKmenjadiBLUDdalamperspektifNewPublicManagementdanperanakuntansipadaperubahanSMKmenjadiBLUD.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatanfenomenologi.Pengumpulandatadiperolehmelaluiwawancaradandokumentasi.AnalisisdataadalahTranscendentalPhenomenologyyangterdiridarilimatahapantaralain1)noema2)noesis3)epoche(bracketing)4)intentionalanalysisdan5)eideticreduction.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemaknaaninformanpadaperubahanorganisasiSMKN4MalangmenjadiBLUDantaralainadanyaperbedaanpersepsiantarwargasekolahmengenaikonsepBLUDadanyapenetapantargetpengelolaankeuanganyanglebihbaikditerapkannyasistemremunerasimenjadimotivasitersendiriuntukmenjalankanpengelolaanBLUDsertaadanyadilemadalampencapaiantargetyangtelahditetapkansekolah.SedangkanpemaknaaninformanatasperanakuntansipadaperubahanorganisasiSMKmenjadiBLUDantaralainkompleksitastugaspokokyangdiberikanpadabendaharamengenalpenyusunanRSBdanRBAdandominasiperanaplikasiSIBAKUdalamPolaPengelolaanKeuanganSekolah.