Studi persepsi pengaruh sosialisasi pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, sanksi perpajakan, dan dimensi keadilan dalam perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdaftar pada KPP Pratama Kediri / Gandisha Febi Pahlevi
Main Author: | Pahlevi, Gandisha Febi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/37592/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANPahleviGandishaF.2019.StudiPersepsiPengaruhSosialisasiPengetahuanPerpajakanKesadaranPerpajakanSanksiPerpajakandanDimensiKeadilandalamPerpajakanterhadapKepatuhanWajibPajakUsahaMikroKecildanMenengah(UMKM)yangTerdaftarpadaKPPPratamaKediri.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.DodikJuliardiS.EM.M.Ak.KatakunciSosialisasiKesadaranSanksiKeadilanKepatuhanPajakUMKM.PenelitianinibertujuanuntukbertujuanmendeteksisignifikansipengaruhsosialisasipengetahuanperpajakankesadaranperpajakansanksiperpajakandandimensikeadilandalamperpajakanterhadapkepatuhanWajibPajakUsahaMikroKecildanMenengah(UMKM).Kepatuhanwajibpajakdapatdidefinisikansebagaikemampuansertakemauanseorangwajibpajakuntukmemenuhisegalakewajibanperpajakanyangmelekatdalamdirinya.Halinijugaberhubungandengandisiplindanmotivasipadadiriseorangwajibpajakuntukmembayarkankewajibanpajaknyapadanegara.Pemilihantiap-tiapvariabeldidasarkanpadateorikeperilakuanatauTheoryofPlannedBehaviouryangdikemukakanolehAjzen(1991)yangmanateoritersebutterdiriatastigahalyaitubehaviourbeliefsnormativebeliefsdancontrolbeliefsyangmenghasilkansebuahniat(intention)untukberperilaku(behaviourintention).Perilakuyangdiharapkandisiniberupakepatuhanberpajakpadadiriindividuwajibpajak.PenelitianinimenggunakansampeldaripelakuUsahaMikroKecilMenengah(UMKM)yangterdaftardiKPPPratamaKediritahun2018denganjumlahsampelsebanyak57WajibPajakyangmemenuhikriteriasampelyangditentukanmelaluimetodepurposivesampling.Penelitianinidilakukandenganmetodekuantitatifdanmetodeanalisisyangdigunakanadalahpengujianregresilinearberganda.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaempatvariabelberupapengaruhsosialisasipengetahuanperpajakankesadaranperpajakansanksiperpajakandandimensikeadilandalamperpajakanberpengaruhpositifsignifikanterhadapkepatuhanWajibPajakUsahaMikroKecildanMenengah(UMKM).Saranuntukpenelitianselanjutnyaadalahmenambahvariabelindependensehinggadapatditemukanvariabelbaruyangbisamenjadifaktoryangakanmeningkatkankepatuhanwajibpajakmenggunakanteknikwawancarasebagaimetodepengumpulandatadanmenambahjumlahsampelyangbisadijadikansebagairespondenagarhasilpenelitianlebihakurat.