Implementasi peran Komite Sekolah di SMP Satu Atap (studi kasus di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Kota Malang) / Angga Istiqomah
Main Author: | Istiqomah, Angga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3755/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstiqomahAngga.2016.ImplementasiPeranKomiteSekolahdiSMPSatuAtap(StudiKasusdiSMPNegeriSatuAtapMerjosariKotaMalang).Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.DjumDjumNoorBentyM.Pd.(II)DesiEriKusumaningrumS.Pd.M.Pd.KatakunciimplementasiperankomitesekolahLembagapendidikanformalsepertisekolahtentunyatidakdapatberdirisendiritanpabantuandankerjasamadariberbagaipihak.Komitesekolahakanmembantumenumbuhkandanmendorongkesadarandanpartisipasimasyarakatuntukmeningkatkankualitaspendidikan.Keberadaankomitesekolahsangatdibutuhkanolehsekolahkarenamenjadipendampingdanmitrakerjasekolahdalammenyampaikanprogramkepadamasyarakatkhususnyaorangtuapesertadidik.Komitesekolahsebagailembagaperwakilanmasyarakatyangmewadahiaspirasidanpendapatdariparaorangtuapesertadidikmemilikikontribusiyangbesarterhadappeningkatanmutupendidikandisekolah.Peranyangdimilikiolehkomitesekolahsangatpentinguntuksekolahyaitusebagaipemberipertimbangan(advisoryagency)pendukung(supportingagency)pengontrol(controllingagency)danmediatorantarasekolahdanmasyarakat.Fokuspenelitianiniadalah(1)perankomitesekolahsebagaibadanpertimbangan(advisoryagency)(2)perankomitesekolahsebagaibadanpendukung(supportingagency)(3)perankomitesekolahsebagaimediator(mediatingagency)(4)perankomitesekolahsebagaibadanpengontrol(controllingagency)(5)faktorpendukungdanpenghambatimplementasiperankomitesekolahdan(6)upayamengatasifaktorpenghambatimplementasiperankomitesekolah.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifkarenainginmengungkapkanfenomenayangterjadidimasyarakatkhususnyamengkajisecaramendalammengenaiperankomitesekolahdiSMPNegeriSatuAtapMerjosariKotaMalang.Jenispenelitianyangdigunakanyaitustudikasustunggal(IndividualCaseStudy)yanglingkupnyahanyamelibatkansatulokasipenelitian.Penelitisecaralangsungterjunkelapanganmulaipadatahappersiapanpelaksanaanpengumpulandatadanpelaporankarenapenelitimerupakaninstrumenkuncidalampenelitian.SubjekpenelitianiniadalahkepalasekolahlamaperiodeTahun2013s.d.2015kepalasekolahbaruketuakomitesekolahwakahumasbendaharasekolahkepalatatausahadanbeberapaorangtuapesertadidik.Sumberdatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahwawancaradidukungdengandokumensertapengamatanatauobservasi.Datayangtelahdiperolehkemudiandianalisisdengantahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Pengecekankeabsahandatayangdigunakanyaituketekunanpengamatantriangulasipengecekananggotadanperpanjanganwaktupengamatandilapangan.Hasiltemuanpenelitianmenunjukkanbahwa(1)perankomitesekolahsebagaibadanpertimbangan(advisoryagency)terlibatdalamhalpertimbanganmengenaisaranadanprasaranadankeuangansekolah(2)perankomitesekolahsebagaibadanpendukung(supportingagency)yaitukomitesekolahmendukungprogram-programsekolahdanbentukdukungannyaberupatenagadansaran(3)perankomitesekolahsebagaimediator(mediatingagency)yaitumenjembatanidanmenampungaspirasidariorangtuapesertadidikdanmengarahkanpesertadidikyangbelummemperolehsekolahagarbersekolahdiSMPNegeriSatuAtapMerjosari(4)perankomitesekolahsebagaibadanpengontrol(controllingagency)yaitumengontrolsaranadanprasaranapenggunaandanadanujian-ujianyangdilakukanolehsekolah(5)faktorpendukungmembentukpenguruskomitesekolahyangbarudandukungandariorangtuapesertadidikdanfaktorpenghambatyaitupenguruskomitesekolahyangtidakaktifdanyangaktifhanyaketuanyadantidakadanyaruangankhususuntukkomitesekolahdan(6)upayamengatasifaktorpenghambatyaitumembentukpenguruskomitesekolahyangbarudenganbeberapakriterialugasseringdatangkesekolahmengertidanberkompetendibidangpendidikanmengetahuikekurangansekolahdanrencanapembangunanruangankhususuntukkomitesekolah.Berdasarkanhasiltemuanpenelitiandisarankankepada(1)KepalaSMPNegeriSatuAtapMerjosariagarsegeramembentukkomitesekolahyangbarudenganbeberapakriteriausulandariorangtuapesertadidik(2)WakaHumasSMPNegeriSatuAtapMerjosariharusbekerjasamadengankomitesekolahdanmemaksimalkanperankomitesekolahdanmengajakaktifkomitesekolahuntukterlibatdalamsemuakegiatansekolah(3)KetuaKomiteSMPNegeriSatuAtapMerjosarimembantukepalasekolahyangbaruuntukmembentukpenguruskomitesekolahyangbarudanaktifterlibatdalamkegiatansekolah(4)KepalaDinasPendidikanKotaMalanglebihmengadakanseminaruntukpenguruskomitesekolahdanlebihjelimengidentifikasipenguruskomitesekolahsebelummenandatanganidanmengesahkanpenguruskomitesekolah(5)OrangTuaatauWaliPesertaDidikSMPNegeriSatuAtapMerjosarilebihpekadantanggapterhadapadanyakomitesekolahdilingkungansekolahdanlebihaktifmemberikansarankepadasekolah(6)KetuaJurusanAdministrasiPendidikanUniversitasNegeriMalangmengkajilebihdalamtentanghubungansekolahdanmasyarakatkhususnyaperankomitesekolahdanmenambahreferensimengenaiperankomitesekolahdan(7)PenelitiLainmengkajilebihdalamdanmenyempurnakanteorihasilpenelitianyangsudahditemukansehinggadapatdikembangkanuntukpenelitianyangakandatang.