Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan asesmen autentik melalui motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Erfin Nurlistiyani
Main Author: | Nurlistiyani, Erfin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/37465/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKErfinNurListiyani.2018.PengaruhPresepsiSiswaTentangKeterampilanMengajarGurudanAsesmenAutentikmelaluiMotivasiTerhadapHasilBelajarSiswaKelasXAkuntansiPadaMataPelajaranDasarDasarPerbankanKelasXAkuntansidiSMKNegeri1Pasuruan.Skripsi.JurusanAkuntansi.FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.H.Tuhardjo.S.E.M.Si.AK.KataKunciPresepsiSiswaTentangKeterampilanMengajarGuruAsesmenAutentikMotivasiBelajarHasilBelajaRSiswaKeterampilanmengajargurusangatdiperlukandalamprosesbelajarmenggajarkarenagurumerupakansosokterdpandalampelaksanaanpendidikan.Semakinbaikketerampilanmengajargurumakaakanmenambahmotivasisiswadalambelajaryangkemudianakanberpengaruhterhadaptujuanpendidikan.FaktorlainyangmemepengaruhitujuanpendidikanadalahAsesemnAuntentikyangdigunakanoleguru.Asesmenautentikyangsesuaidenganmateriyangtelahdisampaikandanbervariasidakanmeingkatkanmotivasisiswadalambelajaryangkemudianakanberpengaruhterhadaptujuanpendidikan.gurudanasesmenautentikDariketerampilanmengajargurudanasesemenautentikdapatmenciptkansuasabelajaryangmenyenangkandanoptimalsehinggamenumbuhkanpresepsisiswayangpositif.Denganpresepsisiswayangpositiftersebutakanmenumbuhkanmotivasibelajarsiswahaliniakandapatmempengaruhitindakansiswadalammencapaitujuannyayaituhasilbelajaryangmemuaskan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)Deskripsipresepsisiswatentangketerampilanmengajargurudanasesmenautentik.(2).Deskripsimotivasibelajardanhasilbelajarsiswa.(3)PengaruhsecaralangsungpresepsisiswatentangketerampilanmengajargurudanasesmenautentikterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranDasar-dasarPerbankankelasXAkuntansidiSMKN1Pasuruan.(4)PengaruhlangsungmotivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranDasar-dasarPerbankankelasXAkuntansidiSMKN1Pasuruan.(5)PengaruhsecaratidaklangsungpresepsisiswatentangketerampilanmengajargurudanasesmenautentikmelaluimotivasubelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranDasar-dasarPerbankankelasXAkuntansidiSMKN1Pasuruan.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalsisstatistikdeksriptifanalisisstatistikinferensialdenganregresilinierbergandadananalisisjalur.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)GurumatapelajaranPengantarAkuntansikelasXAKdiSMKN1PasuruandiharapkandapatmeninghkatkanketerampilanmengajargurudenganmelanjutkanpendidikankejenjangyanglebihtinggimengikutiPPGmengikutiseminarataupenelitianyangdapatmengembangkankompetensinyasertamemperluasilmudibbidangyangditekuninya.(2)BagiPimpinanlembagapimpinansekolahdiharapakanmelakukanbeberapahalyangdapatmeningkatkanketeramoilanmengaajrgurukhususnyaketerampilanmengajargurupadamatapelajaranAkunatansiKelasXAK.Beberapahalyangdapatdilakukanadalahkepalaiiisekolahsebagaimanajerdalammengelolatenagapendidikansalahsatutugasyangharusdilakukanadalahmelaksanakanpemeliharaandanpengembangantentangketerampilanmengajarguru.(3)BagisiswaSMKN1Pasuruandiharapkansiswadapatmeningkatkanmotivasibelajarkhususnyamotivasibelajarintrinsikkarenajikasiswakurangdalammemilkimotivasibelajarintinsikmakaakansulitseklaiuntukmelakukanaktivtasbelajar.(4).Bagipenelitiselanjutnyadapatmenjadikanhasilpenelitianinisebagaireferensiuntukpengembangananalisispenelitianselanjutnya.