Pengaruh intellectual capital terhadap return on asset (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016) / Granista Cindy Pramitanika

Main Author: Pramitanika, Granista Cindy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/37449/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPramitanikaGranistaCindy.2018.PengaruhIntellectualCapitalterhadapReturnOnAssetPerusahaanManufakturyangTerdaftardiBursaEfekIndonesiaTahun2015-2016.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingBetyAchadiyahS.PdM.Sc.KataKunciIntellectualCapitalReturnOnAssetValueAddedIntellectualCoefficient(VAIC)TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhintellectualcapitalterhadapreturnonassetyangdiukurmenggunakanValueAddedIntellectualCoefficient(VAIC).DatayangdigunakanadalahdatasekunderberupalaporankeuangantahunanperusahaanyangbersumberdarisitusresmiBursaEfekIndonesia.PopulasidalampenelitianiniadalahperusahaanmanufakturyangterdaftardiBursaEfekIndonesiaperiode2015-2016sebanyak142perusahaan.Sampelyangdigunakandalampenelitianinisebanyak67perusahaandenganperiode2tahunsehinggajumlahsampelnyamenjadi134.Teknikpengambilansampelmenggunakanteknikpurposivesamplingdengankriteria(1)PerusahaanmanufakturyangterdaftardiBursaEfekIndonesia(BEI)berturut-turutpadaperiode2015-2016(2)Perusahaantidakmengalamikerugianselamaperiodepengamatanyaitupadatahun2015-2016.Analisisdatayangdigunakanadalahregresiliniersederhana.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaintellectualcapitalberpengaruhpositifterhadapreturnonassetperusahaan.Haliniberartibahwasemakintinggiintellectualcapitalyangdimilikiperusahaanakanmeningkatkanreturnonassetyangakandicapai.PenelitianselanjutnyadiharapkanuntukdapatmempertimbangkanmetodeBalanceScorecardyangmengukurintellectualcapitaldarisisifinansialmaupunnon-finansialsehinggahasilyangdiperolehdapatmenggambarkanpengaruhintellectualcapitalterhadapreturnonassetbaikdarisisifinansialmaupunnon-finansialagarperusahaandapatmenjalankanbisnisnyadenganlebihbaik.Selainitupenelitiselanjutnyadapatmenggunakanperusahaanjasaatauperusahaankreatifdaninovatifyanglebihmengedepankanadanyainovasibaruyangkreatifterhadapprodukmaupunjasanya.