Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai pemoderasi / Silfina Rizki Arisanti

Main Author: Arisanti, Silfina Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/37334/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArisantiSilfinaRizki.2017.PengaruhProfitabilitasLeverageDanUkuranPerusahaanTerhadapEarningsResponseCoefficientDenganCorporateSocialResponsibilitySebagaiPemoderasi.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciProfitabilitasLeverageUkuranPerusahaanEarningsResponseCoefficientCorporateSocialResponsibility.EarningsResponseCoefficientmerupakanindikatoryangdigunakanuntukmengukurreaksiinvestorterhadapinformasilabaakuntansi.Adanyakandunganlabayangmemilikibanyakinformasibagipemegangsahamdalammembuatkebijakanfinansialakanmenunjukkanearningsresponsecoefficientyangtinggi.Berdasarkanteorisinyalkeuntungandankerugianyangdihasilkanolehperusahaanakanmenjadiberitabaikdanburukdipasarmodaldanbegitupunsebaliknyasehinggainformasimengenaiprofitabilitasyangdiungkapkanolehperusahaandapatmenjadiberitabaikdipasarmodaldanakanmenarikminatinvestor.Selainituperusahaanjugamengungkapkaninformasinonfinancialyaitupengungkapancorporatesocialresponsibilityyangakanmenjadibahanpertimbangankeputusaninveastasidipasarmodal.Pengungkapancorporatesocialresponsibilitysebagaivariabelpemoderasidikarenakanadanyaketentuanbagiperusahaanpertambanganuntukmelaksanakankewajibansosialdanlingkungan.Penelitiantentangprofitabilitasdancorporatesocialresponsibilityterhadapearningsresponsecoefficientmasihmenghasilkankesimpulanyangberagamsehinggadilakukanpenelitiankembalidenganmenambahvariabelleveragedanukuranperusahaandenganpengungkapancorporatesocialresponsibilitysebagaipemoderasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhprofitabilitasleveragedanukuranperusahaanterhadapearningsresponsecoefficientsertamengetahuiapakahpengungkapancorporatesocialresponsibilitymampumemoderasihubunganantaraprofitabilitasleveragedanukuranperusahaanterhadapearningsresponsecoefficient.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksplanatif.Pengumpulandatadilakukandengancaradokumentasiberupalaporantahunanperusahaanpertambangansecaraberturut-turutdiBEIpadatahun2012-2015.PenelitianinimenggunakanujiinteraksiatauModeratedRegressionAnalysis(MRA).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprofitabilitasleveragedanukuranperusahaantidakberpengaruhterhadapearningsresponsecoefficientsertapengungkapancorporatesocialresponsibilitytidakmampumemoderasihubunganantaraprofitabilitasleveragedanukuranperusahaanterhadapearningsresponsecoefficient.ABSTRACTArisantiSilfinaRizki.2017.TheEffectofProfitabilityLeverageandFirmSizeSetonEarningsResponseCoefficientWithTheCorporateSocialResponsibilityAsaModerating.SarjanasThesisDepartementofAccounting.FacultyofEconomicsStateUniversityofMalang.AdvisorDr.SunaryantoM.Ed.KeywordsProfitabilityLeverageSizeEarningsResponseCoefficientCorporateSocialResponsibility.EarningsResponseCoefficientisanindicatorusedtomeasureinvestorsreactiontotheinformationaccounting.Thecontentofprofitwhichhaslotsofinformationforshareholdersinmakingfinancialpolicywouldshowhigherearningsresponsecoefficient.Basedonsignaltheorygainsandlossesgeneratedbythecompanywillbegoodandbadnewsinthestockmarketandconverselysothatinformationofprofitabilitybythecompanysdisclosurewillbegoodnewsinthestockmarketandwillattractinvestors.Inadditionthecompanyalsorevealednon-financialinformationofdisclosurecorporatesocialresponsibilitywillbetakenintoconsiderationinvestationdecisiononthecapitalmarket.Disclosureofcorporatesocialresponsibilityasamoderatingvariableduetotheregulationforminingcompaniestomustbeimplementactivitysocialandenvironmental.Researchontheeffectofprofitabilityandcorporatesocialresponsibilityonearningsresponsecoefficientstillproduceawiderangeofdiverseconclusionsitisnecessarytoresearchbacktoaddingavariableleverageandsizecompanywiththedisclosureofcorporatesocialresponsibilityasamoderating.Thisstudyaimstodeterminetheeffectofprofitabilityleverageandthesizeofthecompanyonearningsresponsecoefficientanddeterminewhetherdisclosureofcorporatesocialresponsibilityisabletomoderatetherelationshipbetweenprofitabilityleverageandthesizeofthecompanyonearningsresponsecoefficient.Thisresearchisanexplanatoryresearch.ThedatacollectionwasdonebydocumentationoftheminingcompanysannualreportontheStockExchangein2012-2015.ThisstudyusestheinteractiontestorModeratedRegressionAnalysis(MRA).Theresultsindicatethatprofitabilityleverageandfirmsizehasnoeffectonearningsresponsecoefficientandthedisclosureofcorporatesocialresponsibilityisnotabletomoderatetherelationshipbetweenprofitabilityleverageandthesizeofthecompanyonearningsresponsecoefficient.