Pengaruh conscientiousness dan efikasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi yang dimoderasi oleh persepsi tentang kecerdasan spiritual (survei pada perguruan tinggi di Kota Malang) / Ika Sebti Nurkumalasari

Main Author: Nurkumalasari, Ika Sebti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/37084/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurkumalasariIkaSebti.2016.PengaruhConscientiousnessdanEfikasiDiriterhadapPrestasiAkademikMahasiswaAkuntansiyangDimoderasiolehPersepsitentangKecerdasanSpiritul(SurveipadaPerguruanTinggidiKotaMalang).SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SriyaniMentariS.Pd.M.M(2)Dr.NurikaRestuningdiahS.E.M.Si.AkCA.KataKunciPrestasiAkademikConscientiousnessEfikasiDiriPersepsitentangKecerdasanSpiritualPrestasibelajarmerupakanhasilyangdiperolehseseorangdariprosespembelajaran.Faktor-faktoryangmempengaruhiprestasibelajardiantaranyaadalahconscientiousnessefikasidiridanpersepsitentangkecerdasanspiritual.Mahasiswamerasatidakyakinterhadapkemampuannyadalammengerjakansesuatudankurangmemilikikesadaranbelajarsehinggaberakibatpadaprestasiyangdihasilkan.Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhconscientiousnessdanefikasidiriterhadapprestasiakademikmahasiswaakuntansidenganpersepsitentangkecerdasanspiritualsebagaivariabelmoderator.RancanganpenelitianiniadalahpenelitianeksplanasiyangmenggunakanvariabelConscientiousness(X1)EfikasiDiri(X2)PersepsitentangKecerdasanSpiritual(Z)danPrestasiAkademik(Y).Teknikpemilihansampelmenggunakanteknikclusterproportionalrandomsampling.PopulasipenelitianadalahseluruhmahasiswaStrata1JurusanAkuntansiangkatan2014PerguruanTinggidiKotaMalangdenganpengambilansub-populasisebanyak5PerguruanTinggiyangberjumlah958mahasiswasedangkansampelyangdiambilberjumlah282mahasiwa.TeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahMRA(ModeratedRgresionAnalysis).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraparsialconscientiousnessdanefikasidiriberpengaruhsecaralangsungterhadapprestasiakademikdanmemberikankontribusisebesar121%dan118%danpersepsitentangkecerdasanspiritualsebagaivariabelmoderatordapatmemperkuatpengaruhconscientiousnessdanefikasidiriterhadapprestasiakademikdenganmemberikankontribusisebesar168%dan161%.Variabelpersepsitentangkecerdasanspiritualmerupakanjenismoderatorsemu.Prestasiakademikmahasiswaakuntansiakanmeningkatjikadipengaruhiolehconscientiousnessdanefikasidirisertamampudiperkuatolehpesepsitentangkecerdasanspiritual.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutpenelitianinimemilikiketerbatasanberupa(a)prestasiakademikmahasiswadiukurmenggunakanindeksprestasi(b)teknikpengambilandatamenggunakanpenyebaranangket.Berdasarkanketerbatasanpenelitiandisarankanbagipenelitiselanjutnya(a)nilaiprestasiakademikdiperolehdengancaradokumentasi(b)menggunakanpopulasidansampelpenelitianyanglebihluassertamenambahvariabelindependen(c)teknikpengumpulandatadapatditambahsepertimenggunakanteknikobservasidanwawancarasehinggadatayangterkumpuldapatlebihlengkapdanmendalam.