Hubungan persepsi guru tentang media jejaring sosial dalam pemanfaatannya untuk keefektifan pembelajaran siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo / Oky Yoga Satria Pradana

Main Author: Pradana, Oky Yoga Satria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3701/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPradanaOkyYogaSatria.2015.HubunganPersepsiGurutentangMediaJejaringSosialdalamPemanfaatannyauntukKeefektifanPembelajaranSiswadiSMPNegeriseKecamatanPonorogoKabupatenPonorogo.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatinM.Pd(II)DesiEriKusumaningrumS.PdM.Pd.KataKuncipersepsigurujejaringsosialkeefektifanpembelajaransiswaPenggunaanmediainternetsebagaitempatdancaraberinteraksisosialdansebagaisumberinformasisangattinggidiIndonesiaterbuktidengansemakinbanyaknyapenggunabeberapaakunjejaringsosial.Tidakhanyamasyarakatumumdilingkunganpendidikanpunmediainternetsudahbanyakdigunakanolehpesertadidikmaupunguru.Internet(jejaringsosial)jugadapatdimanfaatkansebagaimediaalternatifdalampembelajaran.Saatinipemanfaatanmediajejaringsosialolehguruuntukberinteraksisosialataumengikutitrend.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikantingkatpersepsigurutentangmediajejaringsosialdalampemanfaatannyauntukkeefektifanpembelajaransiswa(2)mendeskripsikantingkatpemanfaatanmediajejaringsosialuntukkeefektifanpembelajaransiswa(3)mengujihubunganpersepsigurutentangmediajejaringsosialdalampemanfaatannyauntukkeefektifanpembelajaransiswa(4)menemukanperbedaanpersepsigurulaki-lakidanguruperempuantentangmediajejaringsosialdalampemanfaatannyauntukkeefektifanpembelajaransiswa.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdeskriptif-korelasi-komparasidenganmodelkorelasionaldwivariat(XY).Penelitianinimengungkapduamacamkelompokvariabelsebagaidasaracuanpenelitian.Kelompokpertamavariabelbebas(X)adalahpersepsitentangmediajejaringsosialdenganvariabelterikat(Y)pemanfaatanmediajejaringsosialuntukkeefektifanpembelajaransiswasedangkankeduavariabeltersebutmerupakanvariabeltautdalamdesainkelompokkeduadenganvariabelkategorinyajeniskelamin.Populasidalampenelitianiniberjumlah322orangkemudiandigunakantekniksimplerandomsamplingdanformulaSlovinuntukpengambilansampelsejumlah178orang.Datadikumpulkanmelaluiangketdenganvaliditas0926dan0874reliabilitasyaitu0947dan0962.Teknikanalisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisdeskriptif(menentukankualifikasidanpersentase)rumusonewayAnalysisofVariance(ANOVA)untukkomparasidanrumusproductmomentpearsonuntukkorelasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tingkatpersepsigurutentangmediajejaringsosialdalampemanfaatannyauntukkeefektifanpembelajaransiswadiSMPNegeriseKecamatanPonorogoKabupatenPonorogoberadadalamkategorisedang(2)tingkatpemanfaatanmediajejaringsosialuntukkeefektifanpembelajaransiswadiSMPNegeriseKecamatanPonorogoKabupatenPonorogoberadadalamkategorisedang(3)terdapathubunganantarapersepsigurutentangmediajejaringsosialdalampemanfaatannyauntukkeefektifanpembelajaransiswadiSMPNegeriseKecamatanPonorogoKabupatenPonorogodan(4)terbuktitidakadaperbedaanpersepsiyangsignifikanantaragurulaki-lakidanguruperempuantentangmediajejaringsosialdalampemanfaatannyauntukkeefektifanpembelajaransiswadiSMPNegeriseKecamatanPonorogoKabupatenPonorogo.Sarandalampenelitianinisebagaiberikut(1)bagiKepalaDinasPendidikanKabupatenPonorogohendaknyamempertimbangkanuntukmembuatregulasitentangpemanfaatanmediajejaringsosialsebagaisaranaalternatifuntukprosespembelajarandalampengembangankurikulum(2)bagiKepalaDinasPerhubunganKomunikasidanInformasiKabupatenPonorogoselakuinstansiyangdapatmemberikanlayanandanfasilitasmengenaihalkomunikasikepadapublikhendaknyamempertimbangkanuntukmemberikanlayananataupembuatanmediajejaringsosialkhususyangdimanfaatkansebagaisaranaprosespembelajaranalternatifbagiguru(3)bagiKepalaSekolahSMPNselakusupervisordanmanajersekolahhendaknyamempertimbangkandanmemberikanwawasanyanglebihmendalamterhadappemanfaataninternetkepadagurumaupunpesertadidikkhususnyatentangmanfaatmediajejaringsosialsebagaisaranaalternatifprosespembelajaran(4)bagiGuruSMPNuntukmempunyaiinovasialternativedalamprosespembelajaransiswakhususnyamediajejaringsosialagarmanfaatdarimediajejaringsosialdapatdimaksimalkandalamprosespembelajarandan(5)bagiPenelitilainhendaknyadapatmengembangkanhasilpenelitianinidenganmenelitiobjekmaupunlokasipenelitianyangberbedayaitudarisisipesertadidikdiSLTPdenganvariabelyangberbeda.