Pengaruh good corporate governance dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang (studi pada BPR yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2014) / Effriza Rachma Wardhani
Main Author: | Wardhani, Effriza Rachma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/37004/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWardhaniEffrizaRachma.2015.PengaruhGoodCorporateGovernancedanKepercayaanPelangganTerhadapKinerjaKeuanganBankPerkreditanRakyat(BPR)DiKabupatenMalang(StudipadaBPRyangTerdaftardiBankIndonesiaTahun2014).SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.EndangSriAndayaniS.E.M.Si.Ak.(II)Dr.SriPujiningsihS.E.M.Si.Ak.KataKunciGoodCorporateGovernance(GCG)KepercayaanPelangganKinerjaKeuanganBankPerkreditanRakyat(BPR)KinerjakeuangandariBankPerkreditanRakyat(BPR)diKabupatenMalangpadatahun2014dilihatdarisisiReturnOnAssets(ROA)cenderungmeningkattiapbulannyameskipunterkadangsempatmengalamipenurunannamuntidaksignifikan.HaltersebuttidaklepasdarimekanismeGoodCorporateGovernance(GCG)yangmerupakantatakelolaperusahaansebagaisuatusistemyangmengaturdanmengendalikanperusahaanantaraberbagaipihakdalamkegiatanperkreditan.Disatusisiterdapatfaktorlainyaitukepercayaanpelanggandimanamodalpokokdalamkegiatanusahabankuntukmenjagakontinuitasusahabankmenciptakandanmenjagakestabilanmoneterdanekonomi.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruhGCGdankepercayaanpelanggandengankinerjakeuanganBankPerkreditanRakyat(BPR)diKabupatenMalang.Populasipenelitianiniadalah32BPRdiKabupatenMalangyangterdaftardiBankIndonesia.PemilihansampelBPRdanrespondenmenggunakanPurposiveSamplingsehinggasampelyangterkumpulterdiridari31BPRdengankriteriakantorBPRyangmemilikistatussebagaikantorpusatdanberbentukhukumPerseroanTerbatas(PT)yangberadadiKabupatenMalangdanterdaftardiBankIndonesiapadatahun2014.PemilihansampelrespondendengankriteriarespondenperseoranganatauUsahaDagang(UD)yangsudahmenjadinasabahBPRselamaminimalsatutahun.TeknikpengumpulandatamenggunakandataprimeryaitukuisionerdandatasekunderyaitulaporankeuanganpublikasiBPRpadatahun2014.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresilinearberganda.HasilanalisismenunjukkanbahwaproporsikepemilikanpemegangsahampengendalijumlahdewankomisarisukurandewandireksidankepercayaanpelangganberpengaruhpositifsignifikanterhadapkinerjakeuanganBPRdiKabupatenMalang.HaliniberartipeningkatanGCGdankepercayaanpelangganmampumeningkatkankinerjakeuanganBPRyangdiukurdenganROA.DisisilainhasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwasebagianbesarnasabahsangattidakpercayaterhadappelayanannasabahBPRdiKabupatenMalang.HalinidimungkinkanbahwanasabahcenderunglebihpercayaterhadappelayanannasabahbankumumatauswastadibandingkandenganpelayanannasabahBPRdiKabupatenMalang.SaranbagipenelitiselanjutnyaadalahmenambahkansampeldanrentangwaktupenelitianmelakukanwawancaraatauterlibatlangsungdalamaktivitasBPRdanmenggunakanrasio-rasiolainyangmempengaruhitingkatkesehatankinerjakeuanganBPR.