Pengaruh good corporate governance dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang (studi pada BPR yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2014) / Effriza Rachma Wardhani

Main Author: Wardhani, Effriza Rachma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/37004/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWardhaniEffrizaRachma.2015.PengaruhGoodCorporateGovernancedanKepercayaanPelangganTerhadapKinerjaKeuanganBankPerkreditanRakyat(BPR)DiKabupatenMalang(StudipadaBPRyangTerdaftardiBankIndonesiaTahun2014).SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.EndangSriAndayaniS.E.M.Si.Ak.(II)Dr.SriPujiningsihS.E.M.Si.Ak.KataKunciGoodCorporateGovernance(GCG)KepercayaanPelangganKinerjaKeuanganBankPerkreditanRakyat(BPR)KinerjakeuangandariBankPerkreditanRakyat(BPR)diKabupatenMalangpadatahun2014dilihatdarisisiReturnOnAssets(ROA)cenderungmeningkattiapbulannyameskipunterkadangsempatmengalamipenurunannamuntidaksignifikan.HaltersebuttidaklepasdarimekanismeGoodCorporateGovernance(GCG)yangmerupakantatakelolaperusahaansebagaisuatusistemyangmengaturdanmengendalikanperusahaanantaraberbagaipihakdalamkegiatanperkreditan.Disatusisiterdapatfaktorlainyaitukepercayaanpelanggandimanamodalpokokdalamkegiatanusahabankuntukmenjagakontinuitasusahabankmenciptakandanmenjagakestabilanmoneterdanekonomi.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruhGCGdankepercayaanpelanggandengankinerjakeuanganBankPerkreditanRakyat(BPR)diKabupatenMalang.Populasipenelitianiniadalah32BPRdiKabupatenMalangyangterdaftardiBankIndonesia.PemilihansampelBPRdanrespondenmenggunakanPurposiveSamplingsehinggasampelyangterkumpulterdiridari31BPRdengankriteriakantorBPRyangmemilikistatussebagaikantorpusatdanberbentukhukumPerseroanTerbatas(PT)yangberadadiKabupatenMalangdanterdaftardiBankIndonesiapadatahun2014.PemilihansampelrespondendengankriteriarespondenperseoranganatauUsahaDagang(UD)yangsudahmenjadinasabahBPRselamaminimalsatutahun.TeknikpengumpulandatamenggunakandataprimeryaitukuisionerdandatasekunderyaitulaporankeuanganpublikasiBPRpadatahun2014.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresilinearberganda.HasilanalisismenunjukkanbahwaproporsikepemilikanpemegangsahampengendalijumlahdewankomisarisukurandewandireksidankepercayaanpelangganberpengaruhpositifsignifikanterhadapkinerjakeuanganBPRdiKabupatenMalang.HaliniberartipeningkatanGCGdankepercayaanpelangganmampumeningkatkankinerjakeuanganBPRyangdiukurdenganROA.DisisilainhasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwasebagianbesarnasabahsangattidakpercayaterhadappelayanannasabahBPRdiKabupatenMalang.HalinidimungkinkanbahwanasabahcenderunglebihpercayaterhadappelayanannasabahbankumumatauswastadibandingkandenganpelayanannasabahBPRdiKabupatenMalang.SaranbagipenelitiselanjutnyaadalahmenambahkansampeldanrentangwaktupenelitianmelakukanwawancaraatauterlibatlangsungdalamaktivitasBPRdanmenggunakanrasio-rasiolainyangmempengaruhitingkatkesehatankinerjakeuanganBPR.