Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang listing di BEI periode tahun 2010-2012 / Reza Insanul Haq
Main Author: | Haq, Reza Insanul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36941/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHaqRezaInsanul.2015.PengaruhUkuranPerusahaanProfitabilitasdanLeverageTerhadapPengungkapanTanggungJawabsosialPerusahaanManufakturSektorIndustriBarangKonsumsiYangListingdiBursaEfekIndonesiaPadatahun2010-2012.SkripsiJurusanEkonomiAkuntansiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DodikJuliardiS.E.M.M.Ak.(II)Dr.Hj.EndangSriAndayaniS.E.M.Si.Ak.Katakuncitanggungjawabsosialperusahaan(CSR)pengungkapanstakeholder.Faktor-faktoryangmempengaruhiCSRukuranperusahaanprofitabilitasleveragePengungkapanTanggungjawabsosial.PenelitianinidilakukanpadaperusahaanmanufakturdiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktor-faktoryangmempengaruhipengungkapantanggungjawabsosial(CSR)dalamlaporantahunanperusahaanmanufaktursektorindustribarangkonsumsiyangadadiIndonesia.CSRmerupakanpraktikbisnistransparanyangdidasarkanpadanilai-nilaietikadenganmemberikanperhatianpadakaryawanmasyarakatdanlingkungansertadirancanguntukdapatmemenuhikeinginanparapemegangsahamdanjugamasyarakatsecaraumum.Atasdasarhalinipenelitianinididasarkanpadakeyakinan(ontologi)bahwaCSRadalahbentuktanggungjawabbisnisyangberorientasipadapemenuhanharapanpublikterhadapkeberadaansuatubisnisdenganharapanperusahaanmemperolehlegitimasidaripublik.Pertanyaanpenelitianutamadalamstudiiniadalahfaktor-faktorapakahyangmempengaruhipengungkapanCSRolehperusahaanmanufakturdiIndonesia.Metodepengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahcontentanalysisterhadappengungkapansosialdalamlaporantahunanperusahaan.Contentanalysisdilakukandenganmetodechecklistterhadapitem-itempengungkapansosialdalamlaporantahunanperusahaan.PenelitianinidilakukanterhadapperusahaanmanufaktursektorindustribarangkonsumsiyangadadiIndonesiayangterdaftardalamBursaEfekIndonesiaperiode2010-2012.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwafaktor-faktoryangmempengaruhipengungkapanCSRdalamperusahaanmanufakturdiIndonesiasangatberagam.PenelitianinimenelitibagaimanapengaruhukuranperusahaanprofatibilitasdanlaverageterhadappengungkapanCSRyangdilakukanolehperusahaan.PenelitianinimenunjukkanbahwapraktikdanpengungkapanCSRsebagaibidangcakupanakuntansidipengaruhisecarapositifolehukuranperusahaanprofitabilitasdanleverageperusahaan.