Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang listing di BEI periode tahun 2010-2012 / Reza Insanul Haq

Main Author: Haq, Reza Insanul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36941/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHaqRezaInsanul.2015.PengaruhUkuranPerusahaanProfitabilitasdanLeverageTerhadapPengungkapanTanggungJawabsosialPerusahaanManufakturSektorIndustriBarangKonsumsiYangListingdiBursaEfekIndonesiaPadatahun2010-2012.SkripsiJurusanEkonomiAkuntansiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DodikJuliardiS.E.M.M.Ak.(II)Dr.Hj.EndangSriAndayaniS.E.M.Si.Ak.Katakuncitanggungjawabsosialperusahaan(CSR)pengungkapanstakeholder.Faktor-faktoryangmempengaruhiCSRukuranperusahaanprofitabilitasleveragePengungkapanTanggungjawabsosial.PenelitianinidilakukanpadaperusahaanmanufakturdiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktor-faktoryangmempengaruhipengungkapantanggungjawabsosial(CSR)dalamlaporantahunanperusahaanmanufaktursektorindustribarangkonsumsiyangadadiIndonesia.CSRmerupakanpraktikbisnistransparanyangdidasarkanpadanilai-nilaietikadenganmemberikanperhatianpadakaryawanmasyarakatdanlingkungansertadirancanguntukdapatmemenuhikeinginanparapemegangsahamdanjugamasyarakatsecaraumum.Atasdasarhalinipenelitianinididasarkanpadakeyakinan(ontologi)bahwaCSRadalahbentuktanggungjawabbisnisyangberorientasipadapemenuhanharapanpublikterhadapkeberadaansuatubisnisdenganharapanperusahaanmemperolehlegitimasidaripublik.Pertanyaanpenelitianutamadalamstudiiniadalahfaktor-faktorapakahyangmempengaruhipengungkapanCSRolehperusahaanmanufakturdiIndonesia.Metodepengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahcontentanalysisterhadappengungkapansosialdalamlaporantahunanperusahaan.Contentanalysisdilakukandenganmetodechecklistterhadapitem-itempengungkapansosialdalamlaporantahunanperusahaan.PenelitianinidilakukanterhadapperusahaanmanufaktursektorindustribarangkonsumsiyangadadiIndonesiayangterdaftardalamBursaEfekIndonesiaperiode2010-2012.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwafaktor-faktoryangmempengaruhipengungkapanCSRdalamperusahaanmanufakturdiIndonesiasangatberagam.PenelitianinimenelitibagaimanapengaruhukuranperusahaanprofatibilitasdanlaverageterhadappengungkapanCSRyangdilakukanolehperusahaan.PenelitianinimenunjukkanbahwapraktikdanpengungkapanCSRsebagaibidangcakupanakuntansidipengaruhisecarapositifolehukuranperusahaanprofitabilitasdanleverageperusahaan.