Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2013) / Erik Sony Sanjaya

Main Author: Sanjaya, Erik Sony
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36937/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSanjayaErikSony.2015.PengaruhKinerjaKeuanganterhadapNilaiPerusahaandenganPengungkapanCorporateSocialResponsibilitysebagaiVariabelPemoderasi(StudiKasusPerusahaanManufakturyangTerdaftardiBursaEfekIndonesiaTahun2012-2013).SkripsiJurusanAkuntansiProgramStudiS1AkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.DodikJuliardiS.E.Ak.M.M.(2)Dr.SupartiM.P.KataKunciKinerjaKeuanganCorporateSocialResponsibilityNilaiPerusahaanPemoderasi.Perusahaanadalahpelakuekonomiyangtujuanyauntukmendapatkanlabasemaksimalmungkin.Salahsatucarauntukmencapaitujuantersebutperusahaanmembentukcitrapositifdenganmasyarakat.Citrapositifyangdimilikiperusahaanbertujuansebagaicarauntukmenarikpemegangsahamuntukmenanamkanmodalnyakeperusahaantersebut.Informasiyangdiberikanperusahaankadangkalatidaksesuaidengankondisisebenarnyakarenaterjadiasimetriinformasiantarapemegangsahamdanpihakmanajer.Dengandemikiandibutuhkansuatupenilaian/pengukuranterhadapkinerjadariperusahaantersebut.PeneltianinidilakukanuntukmengujipengaruhROA(Returnonasset)sebagaiproksikinerjakeuanganterhadapTobinsQsebagaiproksidarinilaiperusahaandenganpengungkapanCorporateSocialResponsibilitysebagaivariabelpemoderasi.PopulasipenelitianiniadalahperusahaanmanufakturyangterdaftardiBursaEfekIndonesiapadatahunpenelitian2012-2013.Pengambilansampeldilakukandenganteknikpurposivesamplingdandiperoleh18sampel.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahregresisederhanadenganujiresidualuntukmendapatkanpengaruhdaripemoderasi.Kesimpulanyangdapatdiperolehberdasarkanhasilanalisisregresisederhanayangtelahdilakukanmenujukanbahwaterjadipengaruhantarakinerjakeuanganterhadapnilaiperusahaan.CorporateSocialResponsibilityberpengaruhnegativeterhadaphubunganantarakinerjakeuanganterhadapnilaiperusahaanhaliniditunjukandenganpeningkatancoporatesocialresponsibilitytidakdapatmembuatparapemegangsahamtertarikuntukmenanamkanmodalnyapadaperusahaan.Parapemegangsahamberanggapanbahwacorporatesocialresponsibilityhanyamerupakanstandardstrategiperusahaanuntukmendapatkanlebihinvestasi.Investortidakmelihatcorporatesocialresponsibilitysebagaipengaruhyangdapatmeningkatkanlabaperusahaan.