Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2013) / Erik Sony Sanjaya
Main Author: | Sanjaya, Erik Sony |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36937/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSanjayaErikSony.2015.PengaruhKinerjaKeuanganterhadapNilaiPerusahaandenganPengungkapanCorporateSocialResponsibilitysebagaiVariabelPemoderasi(StudiKasusPerusahaanManufakturyangTerdaftardiBursaEfekIndonesiaTahun2012-2013).SkripsiJurusanAkuntansiProgramStudiS1AkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.DodikJuliardiS.E.Ak.M.M.(2)Dr.SupartiM.P.KataKunciKinerjaKeuanganCorporateSocialResponsibilityNilaiPerusahaanPemoderasi.Perusahaanadalahpelakuekonomiyangtujuanyauntukmendapatkanlabasemaksimalmungkin.Salahsatucarauntukmencapaitujuantersebutperusahaanmembentukcitrapositifdenganmasyarakat.Citrapositifyangdimilikiperusahaanbertujuansebagaicarauntukmenarikpemegangsahamuntukmenanamkanmodalnyakeperusahaantersebut.Informasiyangdiberikanperusahaankadangkalatidaksesuaidengankondisisebenarnyakarenaterjadiasimetriinformasiantarapemegangsahamdanpihakmanajer.Dengandemikiandibutuhkansuatupenilaian/pengukuranterhadapkinerjadariperusahaantersebut.PeneltianinidilakukanuntukmengujipengaruhROA(Returnonasset)sebagaiproksikinerjakeuanganterhadapTobinsQsebagaiproksidarinilaiperusahaandenganpengungkapanCorporateSocialResponsibilitysebagaivariabelpemoderasi.PopulasipenelitianiniadalahperusahaanmanufakturyangterdaftardiBursaEfekIndonesiapadatahunpenelitian2012-2013.Pengambilansampeldilakukandenganteknikpurposivesamplingdandiperoleh18sampel.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahregresisederhanadenganujiresidualuntukmendapatkanpengaruhdaripemoderasi.Kesimpulanyangdapatdiperolehberdasarkanhasilanalisisregresisederhanayangtelahdilakukanmenujukanbahwaterjadipengaruhantarakinerjakeuanganterhadapnilaiperusahaan.CorporateSocialResponsibilityberpengaruhnegativeterhadaphubunganantarakinerjakeuanganterhadapnilaiperusahaanhaliniditunjukandenganpeningkatancoporatesocialresponsibilitytidakdapatmembuatparapemegangsahamtertarikuntukmenanamkanmodalnyapadaperusahaan.Parapemegangsahamberanggapanbahwacorporatesocialresponsibilityhanyamerupakanstandardstrategiperusahaanuntukmendapatkanlebihinvestasi.Investortidakmelihatcorporatesocialresponsibilitysebagaipengaruhyangdapatmeningkatkanlabaperusahaan.