Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa efek Indonesia tahun 2011-2013) / Mist
Main Author: | Mistiono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36894/ |
Daftar Isi:
- Mistiono.2014.PengaruhPengungkapanCorporateSocialResponsibility(CSR)TerhadapNilaiPerusahaandenganKepemilikanManajerialsebagaiVariabelModerating.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SriyaniMentariS.PdM.M.(II)SawitriDwiPrastitiS.EM.SiAk.KatakunciCorporateSocialResponsibility(CSR)KepemilikanManajerialNilaiPerusahaan.12288122881228812288Nilaiperusahaandapatmencerminkankemampuanperusahaandalammengelolakegiatanoperasionalperusahaandalamupayamewujudkantujuaninvestormelaluikegiataninvestasiyangdilakukan.SalahsatucarameningkatkannilaiperusahaanadalahdenganmenerapkanprogramCSR.ManfaatCSRbagiperusahaandiantaranyamempertahankanataumendongkrakreputasidanbrandimageperusahaanlayakmendapatkansociallicensetooperatemereduksiresikobisnisperusahaanmelebarkanaksessumberdayamembentangkanaksesmenujumarketmereduksibiayamemperbaikihubungandenganstakeholdersmemperbaikihubungandenganregulatormeningkatkansemangatdanproduktivitaskaryawanmemberikanpeluanguntukmendapatkanpenghargaandanbeberapakeuntunganlainnya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskanhubunganCSRdengannilaiperusahaansertamengujikepemilikanmanajerialsebagaivariabelmoderatordalamhubunganantaraCSRdengannlaiperusahaan.12288122881228812288PenelitianinimenggunakanmetodeModeratedRegresiAnalysis(MRA).PopulasidalampenelitianiniadalahperusahaanmanufaktursektoranekanindustriyangterdaftardiBursaEfekIndonesiaperiode2011-2013sebanyak37perusahaan.PenelitianinimenggunakandatasekunderyangdiperolehdarilaporankeuanganperusahaandanIndonesianCapitalMarketDirectory(ICMD).Teknikpengambilansampelberdasarkanpurposivesampling.Jumlahsampelfinalyangdigunakanyaitu13perusahaan.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukanbahwaCorporateSocialResponsibility(CSR)berpengaruhsignifikanterhadapnilaiperusahaannamunkepemilikanmanajerialsebagaivariabelmoderatingtidakmampumempengaruhihubunganantaraCorporateSocialResponsibility(CSR)dengannilaiperusahaan.SecarasimultanCorporateSocialResponsibility(CSR)dankepemilikanmanajerialberpengaruhsignifikanterhadapnilaiperusahaan.MelihathasiltersebuthendaknyaperusahaantidakragulagidalammenerapkanCSR.NamunmelihatmasihkecilnyanilaiCSRdiharapkanperusahaanlebihmengembangkanlagiprogram-programCSRdiperusahaanyasertamenggunakanvariabelmoderatoryanglainagarpenelitianbisalebihberkembang.12288122881228812288