Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa efek Indonesia tahun 2011-2013) / Mist

Main Author: Mistiono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36894/
Daftar Isi:
  • Mistiono.2014.PengaruhPengungkapanCorporateSocialResponsibility(CSR)TerhadapNilaiPerusahaandenganKepemilikanManajerialsebagaiVariabelModerating.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SriyaniMentariS.PdM.M.(II)SawitriDwiPrastitiS.EM.SiAk.KatakunciCorporateSocialResponsibility(CSR)KepemilikanManajerialNilaiPerusahaan.12288122881228812288Nilaiperusahaandapatmencerminkankemampuanperusahaandalammengelolakegiatanoperasionalperusahaandalamupayamewujudkantujuaninvestormelaluikegiataninvestasiyangdilakukan.SalahsatucarameningkatkannilaiperusahaanadalahdenganmenerapkanprogramCSR.ManfaatCSRbagiperusahaandiantaranyamempertahankanataumendongkrakreputasidanbrandimageperusahaanlayakmendapatkansociallicensetooperatemereduksiresikobisnisperusahaanmelebarkanaksessumberdayamembentangkanaksesmenujumarketmereduksibiayamemperbaikihubungandenganstakeholdersmemperbaikihubungandenganregulatormeningkatkansemangatdanproduktivitaskaryawanmemberikanpeluanguntukmendapatkanpenghargaandanbeberapakeuntunganlainnya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskanhubunganCSRdengannilaiperusahaansertamengujikepemilikanmanajerialsebagaivariabelmoderatordalamhubunganantaraCSRdengannlaiperusahaan.12288122881228812288PenelitianinimenggunakanmetodeModeratedRegresiAnalysis(MRA).PopulasidalampenelitianiniadalahperusahaanmanufaktursektoranekanindustriyangterdaftardiBursaEfekIndonesiaperiode2011-2013sebanyak37perusahaan.PenelitianinimenggunakandatasekunderyangdiperolehdarilaporankeuanganperusahaandanIndonesianCapitalMarketDirectory(ICMD).Teknikpengambilansampelberdasarkanpurposivesampling.Jumlahsampelfinalyangdigunakanyaitu13perusahaan.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukanbahwaCorporateSocialResponsibility(CSR)berpengaruhsignifikanterhadapnilaiperusahaannamunkepemilikanmanajerialsebagaivariabelmoderatingtidakmampumempengaruhihubunganantaraCorporateSocialResponsibility(CSR)dengannilaiperusahaan.SecarasimultanCorporateSocialResponsibility(CSR)dankepemilikanmanajerialberpengaruhsignifikanterhadapnilaiperusahaan.MelihathasiltersebuthendaknyaperusahaantidakragulagidalammenerapkanCSR.NamunmelihatmasihkecilnyanilaiCSRdiharapkanperusahaanlebihmengembangkanlagiprogram-programCSRdiperusahaanyasertamenggunakanvariabelmoderatoryanglainagarpenelitianbisalebihberkembang.12288122881228812288