Implementasi kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 3 SMA Islam Malang / Sherllly Septyanti
Main Author: | Septyanti, Sherllly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36851/ |
Daftar Isi:
- SeptyantiSherlly.2014.ImplementasiKolaborasiModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)DanTalkingStickUntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranAkuntansiKelasXiIps3SMAIslamMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.BambangSugengSE.M.A.M.M(2)Dr.TuhardjoS.E.M.Si.Ak.KataKunciThinkPairShareTalkingStickKeaktifanSiswadanHasilBelajar1228812288122881228812288Belajardanmengajarmerupakansuatukegiataninteraksiantaragurudansiswayangsalingberhubungansatusamalain.Padaprosesiniseoranggurudiharapkandapatmenciptakansuatukondisibelajaryangefektifsehinggadapatterjadisuatupeningkatanpemahamansiswaterhadapsuatumateri.Metodepembelajaranmerupakansalahsatuunsurpentingyangmendukungtercapainyasuatutujuanyangtelahditetapkandalamprosesbelajarmengajar.1228812288122881228812288DarihasilobservasiyaituterdapatmasalahyangberkaitandengankeaktifansiswadikelaspadasaatprosesbelajarmengajarberlangsungdanjugaberpengaruhkepadahasilbelajarsiswayangkurangmemuaskanpadamatapelajaranAkuntansi.Kurangnyakeaktifandisiniadalahkurangnyaketerampilanberbicarapadasaattanyajawabdalampembelajaran.Untukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.SalahsatuupayayangdilakukanadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairSharedanTalkingStick.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkan(1)keaktifanbelajarsiswakelasXIIPS3padamatapelajaranAkuntansiSMAIslamMalang(2)hasilbelajarsiswakelasXIIPS3padamatapelajaranAkuntansiSMAIslamMalang.1228812288122881228812288JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalam2siklus.Tiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS3SMAIslamMalang.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasicatatanlapanganlembarsoalposttestwawancaradandokumentasi.1228812288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenerapkankolaborasimodelpembelajaranThinkPairSharedanTalkingStickdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.HalinidibuktikanbahwaterdapatpeningkatankeaktifansiswadarisiklusIkesiklusIIdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShareyangdikolaborasikandenganTalkingStick.Kemudianterdapat15siswayangbelumtuntasatausebanyak15siswayangnilainyamasihdibawahSKM(75)padasiklusI.SedangkanpadasiklusIIdiketahuisebanyak2siswayangbelumtuntasatausebanyak2siswayangnilainyamasihdibawahSKM(75).PeningkatansangatterlihatdarijumlahsisayangtuntasdarisiklusIdansiklus2diketahuibahwapembelajarankolaborasiThinkPairSharedanTalkingStickmampumeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIPS3.