Pengaruh penerapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Yosua Sujatno
Main Author: | Sujatno, Yosua |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36726/ |
Daftar Isi:
- SujatnoYosua.PengaruhPenerapanCorporateSocialResponsibilityTerhadapNilaiPerusahaanDenganMenggunakanProfitabilitasSebagaiVariabelModerating.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.EndangSriAndayaniS.E.M.SiAk.(II)Dr.SunaryantoM.Ed.KataKunciCorporateSocialResponsibilityHargaSahamPerusahaanProfitabilitasNilaiPerusahaan.CorporateValue.12288122881228812288MenurutUndang-UndangNomor40Tahun2007TentangPerseroanTerbatas(UUPT)yangdisahkanpada20Juli2007.Pasal74Undang-UndangPerseroanTerbatasmenyatakan(1)Perseroanyangmenjalankankegiatanusahanyadibidangdan/atauberkaitandengansumberdayaalamwajibmelaksanakanTanggungJawabSosialdanLingkungan(TJSL)(2)TJSLmerupakankewajibanperseroanyangdianggarkandandiperhitungkansebagaibiayaperseroanyangpelaksanaannyadilakukandenganmemperhatikankepatutandankewajaran(3)perseroanyangtidakmelaksanakankewajibandikenaisanksisesuaidenganketentuanperaturanperundang-undangan.Dalambisnisperusahaandiwajibkanuntuktidakhanyamemperhatikankondisikeuangansajanamunjugakondisisosialdanlingkungankarenaperusahaanyanghanyaberpijakpadakondisikeuangansajatidakcukupuntukmenjaminnilaiperusahaanakantumbuhsecaraberkelanjutan.TanggungjawabsosialyangdilakukanperusahaandanbesarnyanilaiROAmemberikansinyalbahwaperusahaanmemilikiprospekyangbagusdimasayangakandatangsehinggaakanmembuatinvestortertarikuntukberinvestasi.Berdasarkanuraiantersebutpenelitianinibertujuanuntukmenganalisisapakahcorporatesocialresponsibilityberpengaruhterhadapnilaiperusahaandanapakahprofitabilitasmerupakanvariabelpemoderasiantaracorporatesocialresponsibilitydannilaiperusahaan.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiankausalkomparatifdenganvariabelindependen(X)adalahtingkatpengungkapancorporatesocialresponsibilityvariabeldependen(Y)yaitunilaiperusahaandanvariabelmoderat(Z)yaituprofitabilitas.SubyekpenelitianiniadalahperusahaanmanufakturdiIndonesiayangterdaftardiBursaEfekIndonesiadipilihmenggunakanmetodepurposivesamplingdengankriteriayangtelahditentukan.Sumberdatapenelitianinimerupakandatasekunder.MetodeanalisispadapenelitianiniadalahModeratedRegressionAnalysis(MRA)yangdigunakanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhyangsignifikandarivariabelcorporatesocialresponsibilitydanprofitabilitasterhadapnilaiperusahaandanapakahprofitabilitasmerupakanvariabelpemoderasiantaracorporatesocialresponsibilitydannilaiperusahaan.12288122881228812288Berdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwapengungkapancorporatesocialresponsibilityberpengaruhpositifsignifikanterhadapnilaiperusahaandanprofitabilitassebagaivariabelmoderatingterbuktimemperkuathubunganantarapengungkapancorporatesocialresponsibilitydannilaiperusahaan.Jadisemakintinggitingkatpengungkapancorporatesocialresponsibilitydidukungpuladengantingkatprofitabilitasyangtinggimakaakansemakinmeningkatkannilaiperusahaanitusendiri.