Pengaruh penerapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Yosua Sujatno

Main Author: Sujatno, Yosua
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36726/
Daftar Isi:
  • SujatnoYosua.PengaruhPenerapanCorporateSocialResponsibilityTerhadapNilaiPerusahaanDenganMenggunakanProfitabilitasSebagaiVariabelModerating.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.EndangSriAndayaniS.E.M.SiAk.(II)Dr.SunaryantoM.Ed.KataKunciCorporateSocialResponsibilityHargaSahamPerusahaanProfitabilitasNilaiPerusahaan.CorporateValue.12288122881228812288MenurutUndang-UndangNomor40Tahun2007TentangPerseroanTerbatas(UUPT)yangdisahkanpada20Juli2007.Pasal74Undang-UndangPerseroanTerbatasmenyatakan(1)Perseroanyangmenjalankankegiatanusahanyadibidangdan/atauberkaitandengansumberdayaalamwajibmelaksanakanTanggungJawabSosialdanLingkungan(TJSL)(2)TJSLmerupakankewajibanperseroanyangdianggarkandandiperhitungkansebagaibiayaperseroanyangpelaksanaannyadilakukandenganmemperhatikankepatutandankewajaran(3)perseroanyangtidakmelaksanakankewajibandikenaisanksisesuaidenganketentuanperaturanperundang-undangan.Dalambisnisperusahaandiwajibkanuntuktidakhanyamemperhatikankondisikeuangansajanamunjugakondisisosialdanlingkungankarenaperusahaanyanghanyaberpijakpadakondisikeuangansajatidakcukupuntukmenjaminnilaiperusahaanakantumbuhsecaraberkelanjutan.TanggungjawabsosialyangdilakukanperusahaandanbesarnyanilaiROAmemberikansinyalbahwaperusahaanmemilikiprospekyangbagusdimasayangakandatangsehinggaakanmembuatinvestortertarikuntukberinvestasi.Berdasarkanuraiantersebutpenelitianinibertujuanuntukmenganalisisapakahcorporatesocialresponsibilityberpengaruhterhadapnilaiperusahaandanapakahprofitabilitasmerupakanvariabelpemoderasiantaracorporatesocialresponsibilitydannilaiperusahaan.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiankausalkomparatifdenganvariabelindependen(X)adalahtingkatpengungkapancorporatesocialresponsibilityvariabeldependen(Y)yaitunilaiperusahaandanvariabelmoderat(Z)yaituprofitabilitas.SubyekpenelitianiniadalahperusahaanmanufakturdiIndonesiayangterdaftardiBursaEfekIndonesiadipilihmenggunakanmetodepurposivesamplingdengankriteriayangtelahditentukan.Sumberdatapenelitianinimerupakandatasekunder.MetodeanalisispadapenelitianiniadalahModeratedRegressionAnalysis(MRA)yangdigunakanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhyangsignifikandarivariabelcorporatesocialresponsibilitydanprofitabilitasterhadapnilaiperusahaandanapakahprofitabilitasmerupakanvariabelpemoderasiantaracorporatesocialresponsibilitydannilaiperusahaan.12288122881228812288Berdasarkanhasilanalisisyangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwapengungkapancorporatesocialresponsibilityberpengaruhpositifsignifikanterhadapnilaiperusahaandanprofitabilitassebagaivariabelmoderatingterbuktimemperkuathubunganantarapengungkapancorporatesocialresponsibilitydannilaiperusahaan.Jadisemakintinggitingkatpengungkapancorporatesocialresponsibilitydidukungpuladengantingkatprofitabilitasyangtinggimakaakansemakinmeningkatkannilaiperusahaanitusendiri.