Penilaian kinerja dengan metode balanced scorecard pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang / Rizal Tri Suprapto

Main Author: Suprapto, Rizal Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36683/
Daftar Isi:
  • SupraptoRizalTri.2013.PenilaianKinerjadenganMetodeBalancedScorecardpadaPerusahaanDaerahAirMinum(PDAM)KotaMalang.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupartiM.P.(II)SriyaniMentariS.PdM.MKataKunciKinerjaBalancedScorecard.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanakinerjaperusahaanjikadiukurdenganmenggunakanpendekatanbalancedscorecardpadaPerusahaanDaerahAirMinum(PDAM)KotaMalang.Pengukurankinerjadenganmetodebalancedscorecardberdasarkanempatperspektifyaitu(1)Perspektifkeuangan(2)Perspektifpelanggan(3)Perspektifprosesinternalbisnis(4)PerspektifPembelajarandanPertumbuhan.PenelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkuantitatifdenganobjekPDAMKotaMalang.Jenisdatayangdigunakanadalahdataprimerdandatasekunderteknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaradandokumentasi.Tolokukurpengukurankinerjaterdiridari(1)PerspektifKeuanganCurrentRatioQuickRatioROIROE(2)PerspektifPelangganCustomerRetentionCustomerAcquisitiondanSalesGrowth(3)PerspektifProsesBisnisInternalProsesInovasiYieldRateProsesLayananPurnaJual(4)PerspektifPembelajarandanPertumbuhanEmployeeTurnoverEmployeeAbsenteeism.Pengukurankinerjadilakukandenganmendeskripsikanhasilperhitungantolokukurselamatahun20092010dan2011.HasilpenelitianyangdapatdisimpulkanadalahdariperspektifkeuanganmenunjukkannilaiROEyangmengalamifluktuasiyangdikarenakanpenggunaanmodalyangkurangoptimal.BerdasarkanindikatorperspektifpelangganmenunjukkanbahwaperusahaandapatmempertahankanjumlahpelangganlamanyasedangkanperspektifprosesinternalbisnissudahmenunjukkankinerjaPDAMyangcukupbaik.Indikatorpembelajarandanpertumbuhanmenunjukkankeadaanyangkurangbaikkarenakaryawankurangmemilikikesadaranyangtinggidalammelaksanakantanggungjawabnya.PDAMKotaMalangdisarankanmenggunakanbalancedscorecardsebagaisaranadalammelaksanakanprosesperencanaanstrategiperusahaan.Untukituperludukungandankomitmenyangbaikdariseluruhkomponenperusahaanagarsistempengukurankinerjadenganbalancedscorecarddapatterlaksanadenganbaik.Evaluasisetiaptolokukurharusdiperhatikansecaraberkala.