Penilaian kinerja dengan metode balanced scorecard pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang / Rizal Tri Suprapto
Main Author: | Suprapto, Rizal Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36683/ |
Daftar Isi:
- SupraptoRizalTri.2013.PenilaianKinerjadenganMetodeBalancedScorecardpadaPerusahaanDaerahAirMinum(PDAM)KotaMalang.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupartiM.P.(II)SriyaniMentariS.PdM.MKataKunciKinerjaBalancedScorecard.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanakinerjaperusahaanjikadiukurdenganmenggunakanpendekatanbalancedscorecardpadaPerusahaanDaerahAirMinum(PDAM)KotaMalang.Pengukurankinerjadenganmetodebalancedscorecardberdasarkanempatperspektifyaitu(1)Perspektifkeuangan(2)Perspektifpelanggan(3)Perspektifprosesinternalbisnis(4)PerspektifPembelajarandanPertumbuhan.PenelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkuantitatifdenganobjekPDAMKotaMalang.Jenisdatayangdigunakanadalahdataprimerdandatasekunderteknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaradandokumentasi.Tolokukurpengukurankinerjaterdiridari(1)PerspektifKeuanganCurrentRatioQuickRatioROIROE(2)PerspektifPelangganCustomerRetentionCustomerAcquisitiondanSalesGrowth(3)PerspektifProsesBisnisInternalProsesInovasiYieldRateProsesLayananPurnaJual(4)PerspektifPembelajarandanPertumbuhanEmployeeTurnoverEmployeeAbsenteeism.Pengukurankinerjadilakukandenganmendeskripsikanhasilperhitungantolokukurselamatahun20092010dan2011.HasilpenelitianyangdapatdisimpulkanadalahdariperspektifkeuanganmenunjukkannilaiROEyangmengalamifluktuasiyangdikarenakanpenggunaanmodalyangkurangoptimal.BerdasarkanindikatorperspektifpelangganmenunjukkanbahwaperusahaandapatmempertahankanjumlahpelangganlamanyasedangkanperspektifprosesinternalbisnissudahmenunjukkankinerjaPDAMyangcukupbaik.Indikatorpembelajarandanpertumbuhanmenunjukkankeadaanyangkurangbaikkarenakaryawankurangmemilikikesadaranyangtinggidalammelaksanakantanggungjawabnya.PDAMKotaMalangdisarankanmenggunakanbalancedscorecardsebagaisaranadalammelaksanakanprosesperencanaanstrategiperusahaan.Untukituperludukungandankomitmenyangbaikdariseluruhkomponenperusahaanagarsistempengukurankinerjadenganbalancedscorecarddapatterlaksanadenganbaik.Evaluasisetiaptolokukurharusdiperhatikansecaraberkala.