Analisis penerapan sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda Keuangan) dalam pengolahan data keuangan pada organisasi pemerintah daerah (Studi kasus pada Dinas Kesehatan Kabupanten Nganjuk) / Harmadhani Adi Nugraha
Main Author: | Nugraha, Harmadhani Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36606/ |
Daftar Isi:
- KataKunciSistemInformasiManajemenKeuanganDaerahSIMDAKeuanganPengelolaanDataKeuanganOrganisasiPemerintahDaerahPerkembanganteknologiyangberkembangpesatmerupakansalahsatufaktorutamayangmelatarbelakangidikembangkanyasuatusisteminformasiberbasiskomputer.UntukmemudahkanpengelolaankeuanganpadaorganisasipemerintahdaerahmakadikembangkanaplikasiSistemInformasiManajemenKeuanganDaerahatauSIMDAKeuangan.SIMDAtelahditerapkanolehDinasKesehatanKabupatenNganjuksejaktahun2007sebagaisisteminformasipengelolakeuangandansisteminformasipelaporankeuangan.Padatahun2011DinasKesehatanKabupatenNganjukditetapkansebagaiSKPDdengananggaranprioritaskeduadiPemerintahDaerahKabupatenNganjuksehinggapenerapanSIMDAkeuanganakanmembantuDinasKesehatandalammengeloladanmenatausahakandatakeuangandenganjumlahnyayangcukupbesar.PenelitianinimendeskripsikanpenerapandanpengendalianinternataspengelolaandatakeuanganmelaluiaplikasiSIMDAKeuangansertauntukmenganalisakualitasinformasiyangdihasilkan.JenisPenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptif.Jenisdatayangdigunakanadalahdataprimerdandatasekunder.Teknikpengumpulandatamelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptifdanmenggunakanvariabelrelevanakuratdantepatwaktuuntukmenganalisakualitasinformasiyangdihasilkanolehaplikasiSIMDAKeuangan.DarihasilpenelitiandapatdiketahuibahwapenerapanSIMDAKeuangandiDinasKesehatanKabupatenNganjuktelahdilakukansecaraoptimal.Pengolahandatakeuangandilakukandenganmembagifungsipengelolaankeuanganmenjaditigafungsiyaitufungsipenganggaranpenatausahaankeuangandanpembukuan/akuntansi.Penerapanpengelolaankeuanganpadafungsipenganggarandanfungsipenatausahaansudahdilaksanakansecaramaksimal.Namunpenerapanfungsipembukuan/akuntansitidakdapatdilakukansecaramaksimaldikarenakanmenufungsipembukuandinon-aktifkankarenamerupakankewenanganpengelolaanDinasPendapatanPengelolaanKeuangandanAsetDaerah(DP2KAD).Pengendalianinternyangditerapkanuntukmemastikantujuanpengelolaankeuangantercapaisecarakeseluruhansudahsangatmemadaiyaknidenganmelakukanpengendalianumumdanpengendalianaplikasi.Kualitasinformasiyangdihasilkantelahmampumenghasilkaninformasiberupalaporankeuanganyangrelevanakuratdantepatwaktu.Untukmampumengoptimalkanperanpengelolaandatakeuanganmakafungsiakuntansiperludioptimalkandenganmenempatkanpersonilyangbenar-benarmemahamibidangakuntansi.