Analisis penerapan sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda Keuangan) dalam pengolahan data keuangan pada organisasi pemerintah daerah (Studi kasus pada Dinas Kesehatan Kabupanten Nganjuk) / Harmadhani Adi Nugraha

Main Author: Nugraha, Harmadhani Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36606/
Daftar Isi:
  • KataKunciSistemInformasiManajemenKeuanganDaerahSIMDAKeuanganPengelolaanDataKeuanganOrganisasiPemerintahDaerahPerkembanganteknologiyangberkembangpesatmerupakansalahsatufaktorutamayangmelatarbelakangidikembangkanyasuatusisteminformasiberbasiskomputer.UntukmemudahkanpengelolaankeuanganpadaorganisasipemerintahdaerahmakadikembangkanaplikasiSistemInformasiManajemenKeuanganDaerahatauSIMDAKeuangan.SIMDAtelahditerapkanolehDinasKesehatanKabupatenNganjuksejaktahun2007sebagaisisteminformasipengelolakeuangandansisteminformasipelaporankeuangan.Padatahun2011DinasKesehatanKabupatenNganjukditetapkansebagaiSKPDdengananggaranprioritaskeduadiPemerintahDaerahKabupatenNganjuksehinggapenerapanSIMDAkeuanganakanmembantuDinasKesehatandalammengeloladanmenatausahakandatakeuangandenganjumlahnyayangcukupbesar.PenelitianinimendeskripsikanpenerapandanpengendalianinternataspengelolaandatakeuanganmelaluiaplikasiSIMDAKeuangansertauntukmenganalisakualitasinformasiyangdihasilkan.JenisPenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptif.Jenisdatayangdigunakanadalahdataprimerdandatasekunder.Teknikpengumpulandatamelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptifdanmenggunakanvariabelrelevanakuratdantepatwaktuuntukmenganalisakualitasinformasiyangdihasilkanolehaplikasiSIMDAKeuangan.DarihasilpenelitiandapatdiketahuibahwapenerapanSIMDAKeuangandiDinasKesehatanKabupatenNganjuktelahdilakukansecaraoptimal.Pengolahandatakeuangandilakukandenganmembagifungsipengelolaankeuanganmenjaditigafungsiyaitufungsipenganggaranpenatausahaankeuangandanpembukuan/akuntansi.Penerapanpengelolaankeuanganpadafungsipenganggarandanfungsipenatausahaansudahdilaksanakansecaramaksimal.Namunpenerapanfungsipembukuan/akuntansitidakdapatdilakukansecaramaksimaldikarenakanmenufungsipembukuandinon-aktifkankarenamerupakankewenanganpengelolaanDinasPendapatanPengelolaanKeuangandanAsetDaerah(DP2KAD).Pengendalianinternyangditerapkanuntukmemastikantujuanpengelolaankeuangantercapaisecarakeseluruhansudahsangatmemadaiyaknidenganmelakukanpengendalianumumdanpengendalianaplikasi.Kualitasinformasiyangdihasilkantelahmampumenghasilkaninformasiberupalaporankeuanganyangrelevanakuratdantepatwaktu.Untukmampumengoptimalkanperanpengelolaandatakeuanganmakafungsiakuntansiperludioptimalkandenganmenempatkanpersonilyangbenar-benarmemahamibidangakuntansi.