Perbedaan kompetensi guru yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta se-kabupaten Sidoarjo / Wangan Indriyani
Main Author: | Indriyani, Wangan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3650/ |
Daftar Isi:
- IndriyaniWangan.2015.PerbedaanKompetensiGuruyangSudahSertifikasidanyangBelumSertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)SwastaSe-KabupatenSidoarjo.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.HendyatSoetopoM.Pd(II)DesiEriKusumaningrumS.PdM.Pd.KatakuncikompetensigurusertifikasiguruKemajuanpendidikandiIndonesiapadadasarnyatidakterlepasdariperangurusebagaiseorangkomunikatoryangmemilikiandilbesardalamkeberhasilanprosespembelajarandisekolah.Dalamhalinikualitaspendidikandipengaruhiolehpenyempurnaansistemikterhadapseluruhkomponenpendidikansepertipeningkatankualitasdanpemerataanpenyebarangurukurikulumyangdisempurnakansumberbelajarsaranadanprasaranayangmemadai.Darisemuaitugurumerupakantitiksentraldaripeningkatkankualitaspendidikanyangbertumpupadakualitasprosesbelajarmengajar.Olehkarenaitudiperlukanstandarkompetensidansertifikasiguruagarmemilikiguruyangprofesional.Gurudiharapkanmenguasaikeempatkompetensiyangsudahditentukan.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)mendeskripsikanperbedaankompetensiguruantarayangsudahsertifikasidanyangbelumsertifikasidiSMPSwastase-KabupatenSidoarjo(2)mendeskripsikankompetensiguruyangsudahsertifikasidanyangbelumsertifikasidiSMPSwastase-KabupatenSidoarjo(3)mendeskripsikanperbedaankompetensipedagogikantaraguruyangsudahsertifikasidanyangbelumsertifikasidiSMPSwastase-KabupatenSidoarjo(4)mendeskripsikanperbedaankompetensikepribadianantaraguruyangsudahsertifikasidanyangbelumsertifikasidiSMPSwastase-KabupatenSidoarjo(5)mendeskripsikanperbedaankompetensiprofesionalantaraguruyangsudahsertifikasidanyangbelumsertifikasidismpswastase-kabupatensidoarjo(6)mendeskripsikanperbedaankompetensisosialantaraguruyangsudahsertifikasidanyangbelumsertifikasidiSMPSwastase-KabupatenSidoarjo.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatifdenganmodelpenelitiankomparatifkausalyangbertujuanuntukmengetahuihubungankausal(sebab-akibat)denganjalanmembandingkanduakelompoksubyekataulebihdalamhalkuantitaspemilikanatributtertentu.Lokasipenelitianinitersebardi12sekolahyangadadiKabupatensidoarjodarijumlahkeseluruhan124sekolah.populasidalampenelitianiniberjumlah276guru.sampelpenelitianberjumlah163guruyangsudahsertifikasiberjumlah59gurudanyangbelumsertifikasiberjumlah104guru.teknikpengambilansampeldaripenelitianiniadalahteknikpurposivesampling.Pengumpulandatayangdilakukanpenelitimenggunakanteknikkuesionerataumetodeangketdenganangkettertutup.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehenamsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikutyaitu(1)secaraumumterdapatperbedaanantarakompetensikeseluruhanguruyangsudahsertifikasigurudanyangbelumsertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)se-KabupatenSidoarjo(2)secarakhusus(a)kompetensiguruyangsudahsertifikasilebihtinggidarikompetensiguruyangbelumsertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)se-KabupatenSidoarjo(b)terdapatperbedaanantarakompetensipedagogikguruyangsudahsertifikasigurudanyangbelumsertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)se-KabupatenSidoarjo(c)terdapatperbedaanantarakompetensikepribadianguruyangsudahsertifikasigurudanyangbelumsertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)se-KabupatenSidoarjo(d)terdapatperbedaanantarakompetensiprofesionalguruyangsudahsertifikasigurudanyangbelumsertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)se-KabupatenSidoarjo(e)terdapatperbedaanantarakompetensisosialguruyangsudahsertifikasigurudanyangbelumsertifikasidiSekolahMenengahPertama(SMP)se-KabupatenSidoarjo.Sarandalampenelitianiniadaenamyaitusebagaiberikut(1)bagiDinasPendidikandiharapkandinaspendidikansetempatmengadakanseminarpelatihansertakunjungankesekolahterhadapbapak/ibuguruSMPse-KabupatenSidoarjoyangbelumsertifikasiuntukmeningkatkankompetensisetiapgurudanketerampilandalamkegiatanbelajarmengajardisekolah.Agarmampubersaingdalammeningkatanmutupendidikan(2)bagikepalasekolahkepalasekolahhendaknyamemberikesempatankepadabapak/ibuguruyangbelumsertifikasidalamprogrampelatihanyangdiselenggarakanDinasPendidikansetempatuntukmeningkatkankompetensidanprofesionalitasdalamproseskegiatanbelajarmengajar(3)bagigurudiharapkanuntukberperanaktifdalammeningkatkanpengetahuandankompetensimengajarsehinggakemampuangurudalamprosesbelajarmengajardapatmenjadilebihbaik.DangurudapatmempertahankankompetensiyangdimilikisaatinisertamenambahpengetahuandalammengajaragarmutupendidikandiIndonesiasemakinlebihbaik(4)bagimahasiswadiharapkandapatmenjadibahanreferensisertamenambahwawasandanmampumenerapkanpengetahuanilmumaupunpengalamanyangdiperolehdalamduniakerjauntukmenciptakanpendidikdantenagakependidikanyangberkualitaskedepannya(5)bagijurusanadministrasipendidikandiharapkandapatmenjalinkerjasamadenganDinasPendidikandidaerah-daerahdenganmemberipelatihanuntukguru-guruSMPkhususnyayangbelumsertifikasidalammenambahwawasansertameningkatkankompetensiguru.Agardapatmenghasilkanpendidikdantenagakependidikanyanglebihbaikdanberkualitas(6)bagipenelitilaindiharapkanhasilpenelitianinidapatdijadikansebagaireferensiuntukmenambahdanmemperluaswawasansertabahankajianpenelitiansertamenggunakanpendekatanlainyangtidakterdapatdalampenelitianinisehinggadapatmemperbaikidanmeningkatkankompetensiguru.