Pengaruh informasi akuntansi dan non akuntansi terhadap initial return pada perusahaan yang melakukan initial public offering di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2010 / Isnaini Intan Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Isnaini Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36490/
Daftar Isi:
  • KataKunciprofitabilitasfinancialleveragereputasiauditorumurperusahaaninitialreturnSebelumsahamdiperdagangkandipasarsekunderuntukprosesgopublicsahamtersebutdijualdipasarperdanayangseringdisebutInitialPublicOffering(IPO).Hargasahamyangdijualdipasarperdana(saatIPO)telahditentukanterlebihdahulusedangkanhargadipasarsekunderditentukanolehmekanismepasar(penawarandanpermintaan).Saham-sahamyangtercatatdipasarperdanapadaumumnyadiminatiinvestorkarenamemberikaninitialreturn.Initialreturnmengindikasikanterjadinyaunderpricingsahamdipasarperdanaketikamasukpasarsekunder.Underpricingadalahkondisidimanahargasahampadawaktupenawaranperdanarelatiflebihrendahdibandingkanhargadipasarsekunder.Beberapafaktordidugamempengaruhitingkatinitialreturnyakniinformasiakuntansiyangmeliputiprofitabilitasdanfinancialleveragesertainformasinonakuntansiyangmeliputireputasiauditordanumurperusahaan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskanpengaruhprofitabilitasfinancialleveragereputasiauditordanumurperusahaanterhadapinitialreturn.PopulasidaripenelitianiniadalahperusahaanyangmelakukanInitialPublicOfferingtahun2006hingga2010.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganpurposiverandomsamplingdandiperoleh89sampel.Teknikanalsisyangdigunakanadalahanalisisregresilinearberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhantarareputasiauditorterhadapinitialreturn.Sedangkanyangtidakberpengaruhterhadapinitialreturnadalahprofitabilitasfinancialleveragedanumurperusahaan.Berdasarkanhasiltersebutpenelitianinimenyarankanagarinvestordanperusahaanmemperhatikanreputasiauditoruntukmengetahuitingkatinitialreturn.