Pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap earning response coefficient dengan leverage dan size perusahaan sebagai variabel kontrol (studi empiris pada perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Hana Amanda Dewiyanti

Main Author: Dewiyanti, Hana Amanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36368/
Daftar Isi:
  • KataKunciCorporateSocialResponsibilityDisclosureEarningResponseCoefficientLeverageSizePerusahaan.Informasiyangbersumberdarilaporankeuangandianggapsebagaiinformasiyangrelevanyangdapatdipergunakanolehinvestordalampengambilankeputusanberinvestasi.Adapunsalahsatuparameterkinerjaperusahaanyangmenjadiperhatianutamainvestoradalahinformasimengenailaba(yangdiukurdenganEarningResponseCoefficient).AdanyapendapatyangmenyatakanbahwainformasilabatidakcukupdiperhitungkanolehinvestoruntukmembuatkeputusanberinvestasimenimbulkangagasanuntukmembuatpengungkapanCorporateSocialResponsibilitypadalaporantahunanperusahaansebagaialternatifinformasibagiinvestor.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhdaripengungkapanCorporateSocialResponsibilitypadalaporantahunanperusahaanterhadapEarningResponseCoefficientdenganleveragedansizeperusahaansebagaivariabelkontrol.PopulasiyangdigunakanadalahperusahaanHighProfileyanglistingdiBEIperiode2007dimanadaripopulasitersebutterpilih36perusahaansebagaisampelyangdipilihberdasarkanmetodepurposivesampling.MetodepengumpulandatadengancaradokumentasidatasekunderyangdiperolehdarilaporankeuangandanIndonesianCapitalMarketDirectory.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisregresiliniersederhanauntukmengujipengaruhmodel1(tanpavariabelkontrol)danteknikanalisisregresilinierbergandauntukmengujipengaruhmodel2(denganvariabelkontrol)denganmenggunakanprogramSPSS.UjiyangdigunakanadalahUjiFdanUjit.Hasilpenelitianujipengaruhmodel1danmodel2menunjukkanbahwatidakterdapatpengaruhantaraCorporateSocialResponsibilityDisclosureterhadapEarningResponseCoefficient.