Pengaruh informasi laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap return saham (studi empiris pada Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) tahun 2007, 2008, dan 2009) / Irene Trisnawati

Main Author: Trisnawati, Irene
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36345/
Daftar Isi:
  • KatakunciCorporateSocialResponsibilityReturnSahamPerusahaanmemerlukaninformasidalambisnisinformasimerupakankebutuhanyangmendasarbagiparainvestordancaloninvestoruntukpengambilankeputusan.Adanyainformasiyanglengkapakuratsertatepatwaktumemungkinkaninvestoruntukmelakukansecararasional.Informasitersebutberupalaporankeuanganyangbersifatwajibataumandatory(laporanlabarugineracalaporanaruskascatatanataslaporankeuanganlaporanperubahanmodal)sertalaporanpendukunglainnyayangbersifatsukarelaatauvoluntaryyangdimungkinkandapatmeningkatkannilaiperusahaansepertilaporanpertanggungjawabansosialperusahaanyangbiasadisebutCorporateSocialResponsibilityReportyangmerupakanlaporanyangdisusunolehperusahaansebagaisaranapengkomunikasiandampaksosialdanlingkungandarikegiatanekonomiperusahaanterhadapkelompokkhususyangberkepentingandanterhadapmasyarakatsecarakeseluruhan.TujuanpenelitianiniadalahmenjelaskanpengaruhinformasilaporanCSRterhadapreturnsaham.Penelitianinimerupakanjenispenelitianyangbersifatmenjelaskan(eksplanatif).PenelitianinimenggunakanperusahaanpemenangIndonesiaSustainabilityReportingAwardsTahun20072008dan2009sebagaisampelpenelitiandenganmenggunakanmetodepurposifbertingkat(stratifiedpurposivesampling).Variabeldependenadalahreturnsahamdihitungdengancapitalgainsedangkanvariabelindependenadalahinformasilaporanpertanggungjawabansosialperusahaan(CSR)yangdiukurdenganmetodechecklistterhadap78itempengungkapan.DatasekunderyangdigunakandalampenelitianinididapatkandariICMDdanCSRReport.HasilpenelitianinimenyatakanbahwaCSRtidakberpengaruhsignifikanterhadapreturnsahamperusahaanpemenangISRATahun20072008dan2009.HalinidapatdilihatberdasarkanhasilpengujiannilaiSiguntukperusahaanpemenangISRATahun2007sebesar0334untukpemenangISRATahun2008sebesar0713danuntukpemenangISRATahun2009sebesar0865.NilaiSigtersebutlebihbesardari005sehinggatidaksesuaidenganhipotesisyangdiajukanolehpeneliti.AlasanyangmenjadikanCSRtidakberpengaruhterhadapreturnsahamperusahaanpemenangISRATahun20072008dan2009yaitupelaksanaanCSRhanyadijadikansebagaialasanuntukmembangunimagedanmeningkatkanreputasiperusahaanselainituadapertimbangancostandbenefituntukpelaksanaanCSR.Bagipenelitiselanjutnyaperluuntukmemperluassampeldanmemperpanjangjangkawaktupenelitianjugadapatditambahkanvariabellainyangdapatmempengaruhireturnsaham.