Pengaruh informasi laporan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap return saham (studi empiris pada Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) tahun 2007, 2008, dan 2009) / Irene Trisnawati
Main Author: | Trisnawati, Irene |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36345/ |
Daftar Isi:
- KatakunciCorporateSocialResponsibilityReturnSahamPerusahaanmemerlukaninformasidalambisnisinformasimerupakankebutuhanyangmendasarbagiparainvestordancaloninvestoruntukpengambilankeputusan.Adanyainformasiyanglengkapakuratsertatepatwaktumemungkinkaninvestoruntukmelakukansecararasional.Informasitersebutberupalaporankeuanganyangbersifatwajibataumandatory(laporanlabarugineracalaporanaruskascatatanataslaporankeuanganlaporanperubahanmodal)sertalaporanpendukunglainnyayangbersifatsukarelaatauvoluntaryyangdimungkinkandapatmeningkatkannilaiperusahaansepertilaporanpertanggungjawabansosialperusahaanyangbiasadisebutCorporateSocialResponsibilityReportyangmerupakanlaporanyangdisusunolehperusahaansebagaisaranapengkomunikasiandampaksosialdanlingkungandarikegiatanekonomiperusahaanterhadapkelompokkhususyangberkepentingandanterhadapmasyarakatsecarakeseluruhan.TujuanpenelitianiniadalahmenjelaskanpengaruhinformasilaporanCSRterhadapreturnsaham.Penelitianinimerupakanjenispenelitianyangbersifatmenjelaskan(eksplanatif).PenelitianinimenggunakanperusahaanpemenangIndonesiaSustainabilityReportingAwardsTahun20072008dan2009sebagaisampelpenelitiandenganmenggunakanmetodepurposifbertingkat(stratifiedpurposivesampling).Variabeldependenadalahreturnsahamdihitungdengancapitalgainsedangkanvariabelindependenadalahinformasilaporanpertanggungjawabansosialperusahaan(CSR)yangdiukurdenganmetodechecklistterhadap78itempengungkapan.DatasekunderyangdigunakandalampenelitianinididapatkandariICMDdanCSRReport.HasilpenelitianinimenyatakanbahwaCSRtidakberpengaruhsignifikanterhadapreturnsahamperusahaanpemenangISRATahun20072008dan2009.HalinidapatdilihatberdasarkanhasilpengujiannilaiSiguntukperusahaanpemenangISRATahun2007sebesar0334untukpemenangISRATahun2008sebesar0713danuntukpemenangISRATahun2009sebesar0865.NilaiSigtersebutlebihbesardari005sehinggatidaksesuaidenganhipotesisyangdiajukanolehpeneliti.AlasanyangmenjadikanCSRtidakberpengaruhterhadapreturnsahamperusahaanpemenangISRATahun20072008dan2009yaitupelaksanaanCSRhanyadijadikansebagaialasanuntukmembangunimagedanmeningkatkanreputasiperusahaanselainituadapertimbangancostandbenefituntukpelaksanaanCSR.Bagipenelitiselanjutnyaperluuntukmemperluassampeldanmemperpanjangjangkawaktupenelitianjugadapatditambahkanvariabellainyangdapatmempengaruhireturnsaham.