Analisa karakteristik perusahaan dan pengaruhnya terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang tergolong high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Muhammad Nur Holiq
Main Author: | Holiq, Muhammad Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36314/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengungkapanSosialUkuranPerusahaanProfitabilitasLeverage.Setiapperusahaanmemilikikarakteristikberbedasatuentitasdenganentitaslainnya.Karakteritiktersebutdianggapdapatmempengaruhikeputusanpengungkapaninformasisosialyangdilakukanperusahaandalamlaporantahunannya.Karakteristikperusahaandapatdilihatdaribeberapafaktorantaralainukuranperusahaanprofitabilitasdanleverage.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkarateristikperusahaanyangdilihatdarisisiukuranperusahaanprofitabilitasdanleverageterhadaptingkatpengungkapaninformasisosialdalamlaporantahunanperusahaanbaiksecaraparsialmaupunsecarasimultan.DatayangdigunakanbersumberdariICMD(IndonesianCapitalMarketDirectory)danlaporantahunanperusahaantahun2007dan2008.PenelitianinimenggunakanpopulasiperusahaanyangtergolonghighprofileyanglistingdiBursaEfekIndonesiatahun2007dan2008namunsetelahdigunakanmetodepurposivesamplingdiperolehsampelsebanyak80perusahaan.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianinimenggunakanregresilinierbergandadenganujiasumsiklasikdanujihipotesistsecaraparsialsertaujihipotesisFsecarasimultan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasecaraparsialhanyavariabelukuranperusahaanyangmemilikipengaruhpostifsignifikanterhadaptingkatpengungkapaninformasisosialdalamlaporantahunanperusahaan.Secarasimultanvariabelukuranperusahaanprofitabilitasdanleverageberpengaruhsignifikanterhadaptingkatpengungkapaninformasisosialdalamlaporantahunanperusahaan.Sarandaripenelitianiniadalah(1)Untukpenelitianberikutnyadiharapkanmenggunakanperiodepengamatanyanglebihlamasehinggadapatlebihmenjelaskanpengungkapansosialperusahaansampelpenelitianyangakandigunakantidakhanyaterbataspadaperusahaanyangtergolonghighprofilesajadanmenambahkanataumenggunakanvariabellainuntukmenemukansuatumodelstandarpendugaanpengungkapantanggungjawabsosialperusahaan.(2)Bagimanajemenperusahaandiharapkanlebihterbukadalammengungkapkankegiatan-kegiatanyangberhubungandengantanggungjawabsosialdalamlaporantahunannya.(3)BagipemerintahdanIAIdiharapkanmampumerumuskansuatukebijakanuntukmenjadikanpengungkapantanggungjawabsosialperusahaansebagaimandatorydisclosuremengingatmasihrendahnyatingkatpengungkapaninformasisosialperusahaan-perusahaandiIndonesia.