Analisa karakteristik perusahaan dan pengaruhnya terhadap tingkat pengungkapan informasi sosial dalam laporan tahunan perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang tergolong high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) / Muhammad Nur Holiq

Main Author: Holiq, Muhammad Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36314/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengungkapanSosialUkuranPerusahaanProfitabilitasLeverage.Setiapperusahaanmemilikikarakteristikberbedasatuentitasdenganentitaslainnya.Karakteritiktersebutdianggapdapatmempengaruhikeputusanpengungkapaninformasisosialyangdilakukanperusahaandalamlaporantahunannya.Karakteristikperusahaandapatdilihatdaribeberapafaktorantaralainukuranperusahaanprofitabilitasdanleverage.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkarateristikperusahaanyangdilihatdarisisiukuranperusahaanprofitabilitasdanleverageterhadaptingkatpengungkapaninformasisosialdalamlaporantahunanperusahaanbaiksecaraparsialmaupunsecarasimultan.DatayangdigunakanbersumberdariICMD(IndonesianCapitalMarketDirectory)danlaporantahunanperusahaantahun2007dan2008.PenelitianinimenggunakanpopulasiperusahaanyangtergolonghighprofileyanglistingdiBursaEfekIndonesiatahun2007dan2008namunsetelahdigunakanmetodepurposivesamplingdiperolehsampelsebanyak80perusahaan.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianinimenggunakanregresilinierbergandadenganujiasumsiklasikdanujihipotesistsecaraparsialsertaujihipotesisFsecarasimultan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasecaraparsialhanyavariabelukuranperusahaanyangmemilikipengaruhpostifsignifikanterhadaptingkatpengungkapaninformasisosialdalamlaporantahunanperusahaan.Secarasimultanvariabelukuranperusahaanprofitabilitasdanleverageberpengaruhsignifikanterhadaptingkatpengungkapaninformasisosialdalamlaporantahunanperusahaan.Sarandaripenelitianiniadalah(1)Untukpenelitianberikutnyadiharapkanmenggunakanperiodepengamatanyanglebihlamasehinggadapatlebihmenjelaskanpengungkapansosialperusahaansampelpenelitianyangakandigunakantidakhanyaterbataspadaperusahaanyangtergolonghighprofilesajadanmenambahkanataumenggunakanvariabellainuntukmenemukansuatumodelstandarpendugaanpengungkapantanggungjawabsosialperusahaan.(2)Bagimanajemenperusahaandiharapkanlebihterbukadalammengungkapkankegiatan-kegiatanyangberhubungandengantanggungjawabsosialdalamlaporantahunannya.(3)BagipemerintahdanIAIdiharapkanmampumerumuskansuatukebijakanuntukmenjadikanpengungkapantanggungjawabsosialperusahaansebagaimandatorydisclosuremengingatmasihrendahnyatingkatpengungkapaninformasisosialperusahaan-perusahaandiIndonesia.