Pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas dan kinerja pasar perusahaan (Study empiris pada perusahaan LQ45 periode 2007-2008) / Nita Arista

Main Author: Arista, Nita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36303/
Daftar Isi:
  • KataKunciCorporateSocialResponsibilityReturnonAssetCumulativeAbnormalReturnCorporateSocialResponsibilityadalahtopikyangtelahlamaadadanmenjadiperdebatanmengenaikenapaperusahaanharusmenerapkanCSRdalamoperasinyaseharihari.DenganmelakukanCSRperusahaanartinyaperusahaanmempertimbangkankepentingansemuastakeholdersehinggaakanmeningkatkankinerjaperusahaantermasukdalamprofitabilitas.PerusahaandenganCSRberartimengurangirisikosehinggaakanmenarikinvestordanmeningkatkanhargasahamnyadipasar.TujuanpenelitianiniadalahmemberigambarantentangpengaruhCorporateSocialResponsibilityyangdilaksanakanolehperusahaanLQ45diBursaEfekIndonesiaterhadapprofitabilitas(ReturnonAsset)dankinerjapasar(CumulativeAbnormalReturn)perusahaandenganmemasukkansizedanleveragesebagaivaribelkontrol.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuaperusahaanyangtermasukdalamdaftarperusahaanLQ45padaBursaEfekIndonesia.PerusahaanLQ45digunakansebagaipopulasikarenaperusahaantersebutmempunyaikewajibanuntukmenyampaikanlaporantahunankepadapihakluarperusahaandanmemilikilikuiditassertakapitalisasipasaryangbesardalamBursaEfekIndonesia.Dari45perusahaanyangtercatatdalamdaftarperusahaanLQ45diambil24perusahaanyangmemenuhikriteriayangtelahditetapkansebelumnyadalampurposivesampling.Periodepenelitianselamaduatahunsehinggatotalpooleddataadalah48data.MetodeanalisadatamenggunakananalisisregresilinearbergandamenggunakanprogramSPSSforwindowrelease16.0.Secarasimultanadapengaruhyangsignifikanfaktor-faktorCSRsizedanleverageterhadapprofitabilitasperusahaanLQ45.Pengaruhtersebutsebesar22.2%sedangkansisanyasebesar77.8%dipengaruhifaktor-faktorlain.SecaraparsialhanyaCSRsajayangberpengaruhsecarasignifikannamunhasilpenelitianberhasilmenemukanarahhubunganpositifantarasizedanROAsertahubungannegatifantaraleveragedanROA.HipotesiskeduabahwaCSRberpengaruhterhadapCARtidakterbukti.NamunhasilpenelitianberhasilmenemukanarahhubungansizedanCARleveragedanCAR.SimpulandaripenelitianiniyaituCSRberpengaruhterhadapprofitabilitasperusahaannamuntidakberpengaruhterhadapkinerjapasarperusahaanLQ45.SaranyangdiberikankepadaparapenelitiselanjutnyaadalahperluuntukmenggunakanmetodeyanglebihobyektifuntukmengukurCSRdanmembedakansampelberdasarkanjenisindustri.