Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sosial pada perusahaan publik di Indonesia (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2007-2008) / Maya Wijayanti

Main Author: Wijayanti, Maya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36281/
Daftar Isi:
  • Katakunciluaspengungkapansosialumurperusahaankepemilikansahampublikukurandewankomisariprofitabilitastingkatleverageukuranperusahaan.Perusahaandalammasyarakatmemilikidampakyangnegatifdanpositif.Perusahaanbisaberdampakmenyebabkanpolusikerusakanlingkungandarioperasiyangdilakukanperusahaansetiapharinyaselainituperusahaanjugamenghasilkanbarangdanjasayangdibutuhkanolehmasyarakatuntukmemenuhhikebutuhanhidup.Dalampenelitianbertujuanuntukmengetahuifaktor-faktoryangmempengaruhipengungkapansosialyangdilakukanolehperusahaan.Penelitianinidimaksudkanuntukmengujipengaruhdariumurperusahaanukurandewankomisariskepemilikansahampublikprofitabilitastingkatleveragedanukuranperusahaanterhadappengungkapansosial.PenelitianinidilakukanterhadapperusahaanmanufakturyangterdaftardiBEIperiode2007-2008.Pengujianhipotesisdalampenelitianinimenggunakanujiregresiberganda.Ujiyangdilakukandalampenelitianiniadalahujiasumsiklasik.Populasidalampenelitianiniberjumlah193sampelnyaberjumlah32.Hasilpenelitiansecaraparsialmenunjukkanbahwakepemilikansahampublikukurandewankomisarisdanukuranperusahaanberpengaruhterhadapluaspengungkapansosial.Sedangkanumurperusahaanprofitabilitasdantingkatleveragetidakberpengaruhterhadapluaspengungkapansosial.Secarasimultanumurperusahaankepemilikamsahampublicukurandewankomisarisprofitabilitastingkatleveragedanukuranperusahaanberpengaruhterhadapluaspengungkapansosial.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanuntukpenelitianselanjutnyayaitupenambahanperiodepenelitianpenambahanvariabelpenelitiandanobjekpenelitianmisalnyasemuaperusahaanyangterdaftardiBEI.