Pengaruh timing pemberian tugas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntnasi di Madrasah Aliyah Al-Bukhary Sampang oleh Subari
Main Author: | Subairi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36238/ |
Daftar Isi:
- Upayameningkatkankualitaspendidikansecaraoptimaldapattercapaimelaluipembenahanberbagaikomponenpendidikansepertikurilnrlumprosespernbelajaranprofesionalismegtrrupengadaansaranadanprasaranabelajarpenataansistemorganisasidanmanajemenpendidikan.Penyempumaanprosespembelajaranyangmetiputisistempenilaiandanmetodepanbelajaranberhubungandenganprestasibelajarsiswadanprestasibelajarmerupakanukurankeberhasilanprosespendidikanyangtelahdilahrkan.Penelitianinidimaksudkanuntukmengetahupierbedaanprestasbielajardenganmetodepembelajaraynangberbeda.Ragammetodepengajaranyangditelitiadalahpemberiantugassebelummateridiajarkandansesudahmateridiajarkan.MetodepenelitianyangdigrurakanadalaheksperimenpopulasipenelitianadalahsiswakelasIIMadrasahAliyahAl-BulJrarySampangsebanyak3(tiga)kelassejwnlah135siswadengansampel90siswayangterbagimenjadi2(dua)kelasyaitukelasIIadanttbPengumpulandatamenggrurakaninsfiumentugasdandokumentasi.AnalisisdatamenggunakanujikualitasdatadenganujistatistikkorelasipolllbiserialdutcronbachalphanilaiprestasibelajardiujidenganstatistikdiskiptitujihomoginitasvarianssampeldenganujistatistikFdanujihipotesisdengants.Hasilanalisismenunjukkanrata-ratakemampuanawalkelompoksiswayangdiberitugassebelummateridiajarkan(81)lebihtinggidibandingkankelompoksiswayangdiberitugassesudahmateridiajarkan(Ez)yaitu80dibandingftan7889.Adapunprestasibelajarakhirmenunjukkanrata-ratakelompok(Er)lebihtinggidibandingkankelompok(Ez)yaitu8667dibandingkan8311.Hasilujihomoginitasmenurjukkanbahwake2(dua)kelompokberbedadengannilaiprobabilitaslebihbesardari005.Sedangkandarihasilujibedattprobabilitas0337tebihbesardari005mengindikasikanadaperbedaanberartilsigrrifikandiantarakelompok(Er)dan(E2)halinidiperkuatolehnilairata-rataprestasibetajarkeduakelompok.Sehinggadapatdisimpulkanbahwametodepemberiantugassebelumdiajarkanlebihbaikdibandingkanmetodepemberiantugassesudahmateridiajarkan.Haltersebutditunjukkanolehnilairata-rataprestasibelajardiantarakeduakelompokyangberbedasecarasigrrifikmr.Adapunbagipenelitianselanjutnyadengantopikmetodepemberianfugasharusmemperhatikankondisi(I)Pernberiantugassebelurndansesudahmateridiajarkandapatmeningkatkanprestasibelajarakrmtansisehinggapernberiantugassebelumdansesudahpembelajaranakuntansisebagakiomponenstrategipembelajaranyangdapatditerapkanpadakegiatanpembelajaranakuntansigrnameningkatkanprestasibelajarakrmtansisisw4(2)HasilpenelitiantidakdapatdigunakanuntukmenyimpulkanefektifitasmetodemengajarpadaMAAlBukharysecarakeselumhansehinggapengujiandengansampeylangberbedapadapopulasilebihluasperludilaktkan(3)Penggunaanbahanajarakuntansilebihluas/topikbahasanlainditerapkanpadakelasIataukelasIIIdenganmateriakuntansyiangberbeda(4)Wakupelaksanaaneksperimenperludiperpanjanguntukpopulasilebihbesardanbahanajarlebihluas.Penilaianprestasibelajartidakhanyadilihatdariaspekkognitifsajatapidapatdilihatdariaspekaffektif(sikap)danpsikomotorik(keterampilan)selainituperluditelitiaspek-aspeksepertilingkungankesehatandanmotivasisehinggapenelitianselanjutnyadapatmelakukananalisisfaktor-faktoryangmernpengaruhpirestasi.