Efektifitas pemberian umpan balik pasca tes terhadap prestasi belajar akuntnasi siswa MAN 2 Bojonegoro oleh Rachmat Darwina

Main Author: Rachmat, Darwina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36235/
Daftar Isi:
  • PeningkatanPrestasiBelajarmerupakantujuanyangingindicapaidalamsuatuproses-belajar-mengajaUrn.tukmincapaihasilyanglebjhbaiktersebutafifusuatuusahaiarigaaputmembuatanakterusberkeinginanntukUetaiaragardapatmeningkatkanprestasibelajarnyaSalahsatucarayangaignatatiaOalaftdenganpemberianumpanbalikpadalernbartesformatifstswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahupierbedaanprestasbielajarsiswayangdiberiumpanbalikpascatesdanyangtidakdiberiumpanbalikpascatesntitnengetahueifektiftidaknyapemberianumpanbalikpascatesterhadappreslasbielajarsiswa.Peneiitianinitermasukdalamjenispenelitianeksperimentalyaitupenelitianyanganggotasampelnyadiberikanperlakuanyaituumpanbalikpascaies.Rancanguiptitlinimenggunakanmodelkelompokeksperimendankelompokkontrolyangdirambang.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIMAN2Bojonegorotahunajaran2A02/2003sebanyak360siswadandiambilsebagasiampeladalahsiswakelasIBdanICdenganjumlah86siswa.Berdasarkanhasilperhitungankemampuanawalsiswamenggunakaunjitpadatarafsignifikansi57odiketahuibahwakeduakelompokmemitiljkemampuanawalyangsama.Untukmengetahuiperbedaapnrestasbielajarkeduakelompokdigunakanalatukurberupatessumatif6erbentukbbyektifyangsudahdiujicobakanwrtukmengetahuivaliditasdanreliabilitasnyapadakelasyangtidakmenjadianggotasampel.Tessumatifyangdiberikan-ecatupsubpokokbahasanjumalpenutuplaporankeuangandanjumalpembalik.semuabutirtesdisusunberdasarkankurikulumsMU1994suplemen1999.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprestasibelajarakuntansisiswakelasIsemesterIIMAN2Bojonegoroantarayangdiberiumpanbalikpascatesdanyangtidakdiberiumpanbalikpascatesberbedasecarasigrifikanberdasarkanhasilperhitungandenganmenggwrakanujit(independentsamplestest).Berdasarkanhasilperhitungandenganmenggunakanujit(groupstatistics)dapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarakuntansiketompoksiswayangdiberiumpanbalikpascateslebihtinggijikadibandingkandengankelompoksiswayangtidakdiberiumpanbalikpascates.JadipemberianumpanbalikpascatesefektifmeningkatkapnrestasbielajarpadamatapelajaranakuntaassiiswakelasIMAN2Bojonegorotahunajaran200212003.Sebagapielengkapdatauntukmengetahusiikapsiswatentangpemberianumpanbalikpascatesdiberikankuesionerhasilnyasiswamerasaterbantuyaitulebihmemudahkaknesiatanbelaiarmereka.