Efektifitas pemberian umpan balik pasca tes terhadap prestasi belajar akuntnasi siswa MAN 2 Bojonegoro oleh Rachmat Darwina
Main Author: | Rachmat, Darwina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36235/ |
Daftar Isi:
- PeningkatanPrestasiBelajarmerupakantujuanyangingindicapaidalamsuatuproses-belajar-mengajaUrn.tukmincapaihasilyanglebjhbaiktersebutafifusuatuusahaiarigaaputmembuatanakterusberkeinginanntukUetaiaragardapatmeningkatkanprestasibelajarnyaSalahsatucarayangaignatatiaOalaftdenganpemberianumpanbalikpadalernbartesformatifstswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahupierbedaanprestasbielajarsiswayangdiberiumpanbalikpascatesdanyangtidakdiberiumpanbalikpascatesntitnengetahueifektiftidaknyapemberianumpanbalikpascatesterhadappreslasbielajarsiswa.Peneiitianinitermasukdalamjenispenelitianeksperimentalyaitupenelitianyanganggotasampelnyadiberikanperlakuanyaituumpanbalikpascaies.Rancanguiptitlinimenggunakanmodelkelompokeksperimendankelompokkontrolyangdirambang.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIMAN2Bojonegorotahunajaran2A02/2003sebanyak360siswadandiambilsebagasiampeladalahsiswakelasIBdanICdenganjumlah86siswa.Berdasarkanhasilperhitungankemampuanawalsiswamenggunakaunjitpadatarafsignifikansi57odiketahuibahwakeduakelompokmemitiljkemampuanawalyangsama.Untukmengetahuiperbedaapnrestasbielajarkeduakelompokdigunakanalatukurberupatessumatif6erbentukbbyektifyangsudahdiujicobakanwrtukmengetahuivaliditasdanreliabilitasnyapadakelasyangtidakmenjadianggotasampel.Tessumatifyangdiberikan-ecatupsubpokokbahasanjumalpenutuplaporankeuangandanjumalpembalik.semuabutirtesdisusunberdasarkankurikulumsMU1994suplemen1999.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprestasibelajarakuntansisiswakelasIsemesterIIMAN2Bojonegoroantarayangdiberiumpanbalikpascatesdanyangtidakdiberiumpanbalikpascatesberbedasecarasigrifikanberdasarkanhasilperhitungandenganmenggwrakanujit(independentsamplestest).Berdasarkanhasilperhitungandenganmenggunakanujit(groupstatistics)dapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarakuntansiketompoksiswayangdiberiumpanbalikpascateslebihtinggijikadibandingkandengankelompoksiswayangtidakdiberiumpanbalikpascates.JadipemberianumpanbalikpascatesefektifmeningkatkapnrestasbielajarpadamatapelajaranakuntaassiiswakelasIMAN2Bojonegorotahunajaran200212003.Sebagapielengkapdatauntukmengetahusiikapsiswatentangpemberianumpanbalikpascatesdiberikankuesionerhasilnyasiswamerasaterbantuyaitulebihmemudahkaknesiatanbelaiarmereka.