Korelasi antara prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan mata pelajaran akuntansi di MA. Ghozaliyah Jombang / oleh M. Ahmadi

Main Author: Ahmadi, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36229/
Daftar Isi:
  • Perananmatematikadalamkehidupanmanusiasangatpenting.Namunironisnyasebagianmasyarakatterutamasiswamenjadikanmatematikasebagaisuatuhalyangditakutidandihindari.RasatakutdancemasterhadapobjekyangberkaitandenganmatematikaitudisebutPhobiaMatematika(Mathophobia).Kecemasandanketakutantersebutakanmembuatsiswamempunyaisikapnegatiftentangmatematika.Halinidapatberdampakburukbagiprestasiyangakandiperolehsiswakarenadaribeberapafaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsikap(persepsi)merupakansalahsatufaktoryangberperandalammenentukanprestasibelajar.Tujuanpenelitianiniadalah1)untukmengetahuitingkatphobiamatematikayangdialamiolehsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-20082)untukmengetahuitingkatprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-20083)untukmengetahuihubunganantaraphobiamatematikadanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-2008.Rancanganpenelitianinimenggunakanmetodedeskriptifdenganjenispenelitiankorelasi.Sampeldalampenelitianiniberjumlah81siswaSMPNegeriIGondangwetanyangdiambildenganmenggunakanteknikSimpleRandomSampling.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanskalaphobiamatematikauntukmengidentifikasiphobiamatematikadantesprestasibelajaruntukmengetahuiprestasibelajarmatematikasiswa.AnalisisdatamenggunakandistribusifrekuensidanteknikkorelasiPearsonyangpelaksanaannyadibantuprogramSPSS13.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkan1)tingkatphobiamatematikayangdialamisiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-2008termasukkategorisedangdantingkatprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetanberadapadakategorikurangsertaadanyahubungannegatifantaraphobiamatematikadenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetan(r-0389).Darihasilpenelitianinidisimpulkanbahwasemakintinggitingkatphobiamatematikayangdialamisiswamakaakansemakinrendahprestasibelajarmatematikasiswa.