Korelasi antara prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan mata pelajaran akuntansi di MA. Ghozaliyah Jombang / oleh M. Ahmadi
Main Author: | Ahmadi, M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36229/ |
Daftar Isi:
- Perananmatematikadalamkehidupanmanusiasangatpenting.Namunironisnyasebagianmasyarakatterutamasiswamenjadikanmatematikasebagaisuatuhalyangditakutidandihindari.RasatakutdancemasterhadapobjekyangberkaitandenganmatematikaitudisebutPhobiaMatematika(Mathophobia).Kecemasandanketakutantersebutakanmembuatsiswamempunyaisikapnegatiftentangmatematika.Halinidapatberdampakburukbagiprestasiyangakandiperolehsiswakarenadaribeberapafaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsikap(persepsi)merupakansalahsatufaktoryangberperandalammenentukanprestasibelajar.Tujuanpenelitianiniadalah1)untukmengetahuitingkatphobiamatematikayangdialamiolehsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-20082)untukmengetahuitingkatprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-20083)untukmengetahuihubunganantaraphobiamatematikadanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-2008.Rancanganpenelitianinimenggunakanmetodedeskriptifdenganjenispenelitiankorelasi.Sampeldalampenelitianiniberjumlah81siswaSMPNegeriIGondangwetanyangdiambildenganmenggunakanteknikSimpleRandomSampling.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanskalaphobiamatematikauntukmengidentifikasiphobiamatematikadantesprestasibelajaruntukmengetahuiprestasibelajarmatematikasiswa.AnalisisdatamenggunakandistribusifrekuensidanteknikkorelasiPearsonyangpelaksanaannyadibantuprogramSPSS13.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkan1)tingkatphobiamatematikayangdialamisiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetantahunajaran2007-2008termasukkategorisedangdantingkatprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetanberadapadakategorikurangsertaadanyahubungannegatifantaraphobiamatematikadenganprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeriIGondangwetan(r-0389).Darihasilpenelitianinidisimpulkanbahwasemakintinggitingkatphobiamatematikayangdialamisiswamakaakansemakinrendahprestasibelajarmatematikasiswa.