Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas 3 IPS MAN I Pamekasan oleh Wasisto Anugrahadi

Main Author: Anugrahadi, Wasisto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36228/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasiawaldanwawancarayangdilakukanpadabulanApril2010denganguruMatematikaSMPNegeri1MalangkelasVIIBdiketahuibahwasebagianbesarprosespembelajaranmasihdidominasigurudansiswamasihpasifhanyasiswayangpandaiyangmendominasikegiatanpembelajaran.Metodeyangbiasaditerapkanguruadalahceramahtanyajawabdemonstrasidandiskusi.Saatdiskusikelompoksuasanakelasterlihatgaduhakibatbanyaksiswayangberbicaratentanghal-haldiluarmateripelajaran.Haltersebutmenunjukkanmotivasibelajarsiswamasihkurangdanperluditingkatkan.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri1MalangdengansubjeksiswakelasVIIByangberjumlah30siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Teknikpengumpulandatamotivasibelajarsiswamenggunakanangketmotivasibelajardanlembarobservasimotivasibelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamaterikelilingdanluassegiempatdansegitigadikelasVIIBSMPNegeri1Malang.PembelajarantipeTGTterdiridarilimatahapyaitu(1)presentasidikelas(2)tim(3)games(4)turnamendan(5)rekognisitim.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranTGTmeningkatdarisiklusIkesiklusIIbaikdilihatdariangketmaupunlembarobservasimotivasi.Berdasarkanangketmotivasisebelumtindakanpersentaseskorklasikaladalah7361%dengankategoricukup.PadasiklusIpersentaseskorklasikalmeningkatmenjadi7634%dengankategoribaikdanpadasiklusIImeningkatmenjadi7713%dengankategoribaik.BerdasarkanlembarobservasimotivasibelajarmatematikapadasiklusIpersentasekeberhasilanmotivasiadalah76%dengankategoribaik.PadasiklusIIpersentasekeberhasilanmeningkatmenjadi8710%dengankategorisangatbaik.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatiftipeTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri1Malang.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjutmisalnyamenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTpadapokokbahasanataumatapelajaranyanglain.