Hubungan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi di kelas I SMU Negeri 1 Rejotangan oleh Lailiya Husna Yusfita
Main Author: | Yusfita, Lailiya Husna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36226/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilanbelarjarseorangsiswadalammenguasairatumatapelqiarandipengaruhoitetrburyakfaktorbaikitufrktoryangberasadtaridatamdirisiswayamgdisebutdenganfaktorintemalmauprmfaktorydgberasadltriluardirisiswayangdisebutdenganfaktorkernal.Penelitianinibertujuanrmtukmengetahui1)kondisfaktorinternalyangmendukungprestasitrelEar2)kondisifaktoreksternaylangmendukungprestasibelajrdar3)hubunganantilekeduafaktortersebutdenganprstasibelajarsiswapadamatapelajuanAkunAnsi.HasilpenelitianinidiharapkandapatdimanfaatkansebagniI)bahanpertimbanganmnetapkanstrategibelajumengajaryangtepat2)upayapemngkatanhnlitaspernbelajaran3)batranpatimbmganmengelolabidargstudiAkutansidm4)pertimbmgardalampengaratnnsiswadalammemilihjunrsanyangsesuadienganke.mrmpurn.Falcorinternalyaryditelitiadalahtingkatrnteligensibatetminatmotivasikesiapandanperhatiansdangkanfaktoreksemalmeliputilatarbelakmgkehidupmkelurgadankondisifasiliasbelajarsertafaktorgurudisekolah.PenelitianinidilakukandiSMUNegeriIRejotanganP.engambilansampedlogantelcnikpurposiveproporsionarlandomsanptingdimanamastngmasingkelasdiarnbilsebesa2r5o/o.Metodepenelitianbersifddeslniptifkorelasionaldengantekrikpengumpulandmaangkadandokumentasi.DdayangterhimpundianalisisdengananlisisdisribusifrekuensidananalisiskorelasiproductmomentmetaluiprogrumSPSSiorWindowsversii0.Hasilpenelitianmenunjukkanbatrwal)kondisifaktorinternaluntuksubvariabelminatbsradapadatingkattinggiuntukmotivasisebesa3r37oloberadapadakondisicukuptinggidansebesa9r6630/k0radapadattngkattlnggtuntukperhatiansebesar2333o/oberadapadakondisiorkupbaikdN76670/0beradapadakondisibaikrmtukkesiapansebesar1833o/boearadapadakondisiorkupbaikdut81670/boeradapadakondisibaikunhbakalsebesarll670/omemmjukkanbakatyangcukupbaikdan8833%menunjukkanbakatyangbaikdalambelajarakrmtansi2)kondisifaktorekstemaluntuksubvariabellararbelakangkeluargasebesa2r333%menunjukkaknondisiyangcukupbaik55o/odalamkondisiyangbaikdan2l7%beradapadakondisiyangsangabtaikuntukkondisifasilitmbelqiardisekolahsebesa8r33%beradapadakondisicukupbaik58330/beradapadakondisibaikdan3334%beradapadakondisiyangsangatbaikuntukhubunganataurelasigurudengansiswasebesa3r16%menunjukkankondisiyangcukupbaikdar68330/oberadapadakondisiyargbaik.3)artaralllfrktorinternalmauprmfakloreksternalmernprmyahiubunganyangsignifikandarganprestasbielajarsiswadengannilaikoefisienkorelasisbesa0ry85untukfaktorintsmaldan0.269unttfaktorekstemal.Saranyangdiajukardalrnhaliniadalaht)pihaksekolahsebaiknyamemperbanyajmklahbukupelajaranAkuntansi2)grruhrusmerumusksrterlcbihdahututujuarpengajarandanmampumengunbangkadnanmenerrykankurikulumymgberbasiskompetensiagasiswabenar-benrbisamenerapkanilrnuyangdiperolehnyq3)siswaharuslebihmanpasiapkandiridalunmenerimmaatapelajaanyangakandisampa.anolehguruagarhasilnyaopiuul4)orangnrahendalnyaselalumemberikandorongandanrmangatkepadapuraputrinyaagarlebihgiatdalanbelajr.iv