Pengaruh pemanfaatan media pembalajaran dalam mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Widya Karana
Main Author: | Karana, Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36215/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKaranaWidya.2010.PengaruhPemanfaatanMediaPembelajaranDalamMataPelajaranAkuntansiTerhadapPrestasiBelajarAkuntansiSiswaKelasXSMKMuhammadiyah2Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BambangSugengM.A.M.M.Ak.(2)TriadiAgungSudartoS.E.Ak.M.Si.KataKunciPemanfaatanMediaPembelajaranPrestasiBelajarSiswaPrestasibelajarsiswamerupakanhasilbelajaryangdicapaiseseorangdalamkegiatanbelajardalamkurunwaktutertentuyangdinyatakandalambentukangkaataunilai.Dalamprosesbelajarmengajarprestasibelajarsiswamerupakantujuanutamayangdiharapkandapatmemberikanhasilyangmaksimal.Salahsatufaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswaadalahpemanfaatanmediapembelajaranyangdigunakanolehgurudalamprosesbelajarmengajardikelas.Pemanfaatanmediapembelajaranadalahsegalamediayangmendukungdalampelaksanaanprosesbelajarmengajarkhususnyadalammatapelajaranakuntansibaikdilihatdarikualitasdankuantitasnyatetapijugadaripersepsisiswaakanpengaruhpemanfaatanmediapembelajaranterhadapprestasibelajarakuntansi.TujuanutamapenelitianiniuntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhpemanfaatanmediapembelajarandalammatapelajaranakuntansiterhadapprestasibelajarakuntansisiswakelasXSMKMuhammadiyah2Malang.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksplanasi(ExplanatoryResearch).Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeangketdandokumentasi.PopulasidataadalahkelasX(AkuntansiAdministrasiPerkantoranPenjualan)SMKMuhammadiyah2Malangyangdiwakilisampel38siswa.PenelitianinidilaksanakanpadaakhirbulanMaretsampaiApril2010.Hasilanalisisdatadiperolehbahwapemanfaatanmediapembelajarandalammatapelajaranakuntansimempunyaipengaruhsignifikanterhadapprestasibelajarakuntansisiswa.ImplikasidarihasilanalisisdiatasselarasdenganLatuherubahwamanfaatmediapembelajaranadalahuntukmemperjelaspenyajianpesandaninformasisehinggadapatmemperlancardanmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsesuaidenganhasilpenelitianyaituterdapatpengaruhyangsignifikanantarapemanfaatanmediapembelajarandalammatapelajaranakuntansiterhadapprestasibelajarakuntansisiswadiSMKMuhammadiyah2Malang.PrestasibelajarsiswakelasXSMKMuhammadiyah2Malangtergolongdalamkriteriatinggisedangkanpemanfaatanmediapembelajaranberadadalamkriteriacukup.BerdasarkanhasilpenelitianpenelitimenyarankanagarmediapembelajarandiSMKMuhammadiyah2Malanghendaknyaperluditingkatkangunalebihmeningkatkanprestasibelajarsiswakhususnyadalammatapelajaranakuntansi.