Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK program studi akutansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Wahyu Angga Tugas Kurniafindi

Main Author: Kurniafindi, Wahyu Angga Tugas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36182/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniafindiWahyuAnggaTugas.PengaruhLingkunganKeluargadanMotivasiBelajarterhadapPrestasibelajarsiswaSMKprogranstudiakuntansidiSMKArdjuna1Malang.SkripsiProgramStudiAkuntansiJurusanPendidikanEkonomiKonsentrasiAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SupartiMP.(II).Dr.H.TuhardjoSE.M.Si.Ak.KataKunciLingkunganKeluargaMotivasibelajarPrestasibelajarTerdapatbanyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswadiantaranyaadalahlingkungankeluarga.Keluargaadalahtempatdansumberpendidikanawalbagiseoranganak.Sifatdankebiasaanorangtuadapatmempengaruhisikapanakdanmempengaruhiprestasianak.Faktorlainyangdapatmempengaruhiprestasibelajarsiswadisampinglingkungankeluargaadalahmotivasibelajarsangatmembantudanmutlakdibutuhkansemakinbaikmotivasibelajarsiswamakaprestasinyajugasemakinbaikpula.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)Kondisilingkungankeluargasiswa-siswiSMKProgramStudiAkuntansisemetsergenaptahunajaran2008/2009(2)Motivasibelajarsiswa-siswiSMKProgramStudiAkuntansisemestergenaptahunajaran2008/2009dan(3)PengaruhlingkungankeluargadanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswadiSMKProgramStudiAkuntansitahunajaran2008/2009.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkausalis.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmendiskripsikankondisilingkungankeluargasebagaivariabel(X1)motivasibelajar(X2)danprestasibelajarsiswa(Y).Metoderegresilinierbergandadigunakanuntukmenentukanbasarnyapengaruhlingkungankeluargasebagaivariabel(X1)motivasibelajar(X2)danprestasibelajarsiswa(Y)diSMKArdjuna1Malang.PopulasidalampenelitianadalahsiswaSMKArdjuna1Malang.SampeldaripenelitianiniadalahsiswaProgramStudiAkuntansiyangberjumlah44siswa.SampledalampenelitianiniadalahseluruhsiswaProgramStudiAkuntansiyangadadikelasXIsemestergenaptahunajaran2008/2009yangberjumlah44siswa.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadaduamacamyaituangketdandokumentasidata.DataangketdiperolehdarilembarkuisoneryangdiisiolehsiswasedangkandokumentasidatayangberupaketeranganmengenaijumlahsiswadannilairaporyangdiperolehdariarsipdataTataUsahaSMKArdjuna1Malang.LingkungankeluargasiswaSMKArdjuna1Malangberdasarkanpadapenilaiansiswasecaraumum(41%)menunjukkanlingkungankeluargamendukungkeberhasilanbelajarsiswa.Motivasibelajarsecaraumum(345%)menunjukkankondisiyangmendukungprestasibelajarsiswa.