Reaksi investor atas pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan (Studi pada perusahan makanan dan minuman yang listing di bursa efek indonesia tahun 2007) / Khalifatunnisa
Main Author: | Khalifatunnisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36177/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhalifatunnisa.2009.ReaksiInvestorAtasPengungkapanSosialDalamLaporanTahunanPerusahaan(StudipadaPerusahaanFoodBeverageyangListingdiBursaEfekIndonesiaTahun2007).Skripsi.ProgramStudiS1AkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SawitriDwiPrasatitiSE.MSi.Ak.(II)Hj.YuliWidiastutiSE.MSi.Ak.KataKunciPengungkapanSosialReaksiInvestorDalammelakukaninvestasiinvestormempunyaibeberapapertimbangandalammenanamkanmodalnyapadasuatuperusahaanyaitumelihatkinerjaperusahaansertarasaamaninvestormengenairesikoyangakanterjadi.Untukmelihathalituinvestorharusmengetahuikondisiperusahaansaatinidengancaramengetahuiinformasimengenaikondisiperusahaanbersangkutansehinggadapatmembantuinvestordalammengambilkeputusan.Pengungkapansosialmerupakansalahsatuinformasiyangdimaksud.Kandunganinformasiyangdikeluarkanolehperusahaanakansangatberpengaruhterhadapreaksiinvestordipasarmodal.UntukmengetahuilebihjauhbagaimanapengaruhPengungkapansosialterhadapreaksiinvestormakadilakukanpenelitianinidengantujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhargasahamantarasebelumdansetelahpengungkapansosial(socialdisclosure)dalamlaporantahunanperusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEI(2)perbedaanabnormalreturnsahamsebelumdansetelahpengungkapansosial(socialdisclosure)dalamlaporantahunanperusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEI(3)perbedaanvolumeperdagangansahamantarasebelumdansetelahpengungkapansosial(socialdisclosure)dalamlaporantahunanperusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEI.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahstudiperistiwa(eventstudy)yaitujenisstudiyangmempelajaridampakdarisebuahperistiwatertentuyanginformasinyadipublikasikansebagaisuatupengumuman.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhperusahaanmakanandanminuman(FoodandBeverage)yanglistingdiBursaEfekIndonesiapadaperiode2007sebanyak19perusahaandansampelnyaadalah19perusahaanyangmemnuhikriteriayangditentukan.Jenisdatayangdigunakanadalahdatasekunderberupatema-temapengungkapansosialperusahaanyangditelitiyangdikumpulkandenganmetodedokumentasi.SebelumpengujianhipotesisterlebihdahuludilakukanpengujiannormalitasdenganUjiKolmogorovSemirnovdanhomogenitasdatadenganujiChi-Square.AnalisisdatamenggunakanpendekatanstatistikmelaluiujityaituanalisisujibedaduasampelberpasanganyangdisebutdenganPairedSampleT-Test.Hasilpenelitianadalah(1)TidakperbedaanantaraindekshargasahamsebelumpengungkapansosialdenganindekshargasahamsesudahpengungkapansosialPerusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEIPeriode2007(2)TidakperbedaanantaraabnormalreturnsahamsebelumpengungkapansosialdenganindeksabnormalreturnsahamsesudahpengungkapansosialPerusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEIPeriode2007(3)TerdapatperbedaanantaratradingvolumeactivitysebelumpengungkapansosialdengantradingvolumeactivitysesudahpengungkapansosialPerusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEIPeriode2007.Disarankan(1)dilakukanpenelitianyangmengacupadateoriPoliticalEconomyTheoryyangdapatmelihatreaksiataspermintaanstakeholderjugadapatmenjelaskanbeberapalaporanakuntansidipandangsebagaidokumensosialpolitikdanekonomi(2)selainaspeksosialdanlingkunganperlumemasukkanaspekekonomisertamemasukkanfaktor-faktorlainnyayangdapatmempengaruhiinvestordalampengambilankeputusaninvestasi.