Reaksi investor atas pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan (Studi pada perusahan makanan dan minuman yang listing di bursa efek indonesia tahun 2007) / Khalifatunnisa

Main Author: Khalifatunnisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36177/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhalifatunnisa.2009.ReaksiInvestorAtasPengungkapanSosialDalamLaporanTahunanPerusahaan(StudipadaPerusahaanFoodBeverageyangListingdiBursaEfekIndonesiaTahun2007).Skripsi.ProgramStudiS1AkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SawitriDwiPrasatitiSE.MSi.Ak.(II)Hj.YuliWidiastutiSE.MSi.Ak.KataKunciPengungkapanSosialReaksiInvestorDalammelakukaninvestasiinvestormempunyaibeberapapertimbangandalammenanamkanmodalnyapadasuatuperusahaanyaitumelihatkinerjaperusahaansertarasaamaninvestormengenairesikoyangakanterjadi.Untukmelihathalituinvestorharusmengetahuikondisiperusahaansaatinidengancaramengetahuiinformasimengenaikondisiperusahaanbersangkutansehinggadapatmembantuinvestordalammengambilkeputusan.Pengungkapansosialmerupakansalahsatuinformasiyangdimaksud.Kandunganinformasiyangdikeluarkanolehperusahaanakansangatberpengaruhterhadapreaksiinvestordipasarmodal.UntukmengetahuilebihjauhbagaimanapengaruhPengungkapansosialterhadapreaksiinvestormakadilakukanpenelitianinidengantujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhargasahamantarasebelumdansetelahpengungkapansosial(socialdisclosure)dalamlaporantahunanperusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEI(2)perbedaanabnormalreturnsahamsebelumdansetelahpengungkapansosial(socialdisclosure)dalamlaporantahunanperusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEI(3)perbedaanvolumeperdagangansahamantarasebelumdansetelahpengungkapansosial(socialdisclosure)dalamlaporantahunanperusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEI.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahstudiperistiwa(eventstudy)yaitujenisstudiyangmempelajaridampakdarisebuahperistiwatertentuyanginformasinyadipublikasikansebagaisuatupengumuman.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhperusahaanmakanandanminuman(FoodandBeverage)yanglistingdiBursaEfekIndonesiapadaperiode2007sebanyak19perusahaandansampelnyaadalah19perusahaanyangmemnuhikriteriayangditentukan.Jenisdatayangdigunakanadalahdatasekunderberupatema-temapengungkapansosialperusahaanyangditelitiyangdikumpulkandenganmetodedokumentasi.SebelumpengujianhipotesisterlebihdahuludilakukanpengujiannormalitasdenganUjiKolmogorovSemirnovdanhomogenitasdatadenganujiChi-Square.AnalisisdatamenggunakanpendekatanstatistikmelaluiujityaituanalisisujibedaduasampelberpasanganyangdisebutdenganPairedSampleT-Test.Hasilpenelitianadalah(1)TidakperbedaanantaraindekshargasahamsebelumpengungkapansosialdenganindekshargasahamsesudahpengungkapansosialPerusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEIPeriode2007(2)TidakperbedaanantaraabnormalreturnsahamsebelumpengungkapansosialdenganindeksabnormalreturnsahamsesudahpengungkapansosialPerusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEIPeriode2007(3)TerdapatperbedaanantaratradingvolumeactivitysebelumpengungkapansosialdengantradingvolumeactivitysesudahpengungkapansosialPerusahaanFoodBeverageyanglistingdiBEIPeriode2007.Disarankan(1)dilakukanpenelitianyangmengacupadateoriPoliticalEconomyTheoryyangdapatmelihatreaksiataspermintaanstakeholderjugadapatmenjelaskanbeberapalaporanakuntansidipandangsebagaidokumensosialpolitikdanekonomi(2)selainaspeksosialdanlingkunganperlumemasukkanaspekekonomisertamemasukkanfaktor-faktorlainnyayangdapatmempengaruhiinvestordalampengambilankeputusaninvestasi.