Pengaruh nilai ujian nasional (NUN) dan motivasi memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa di SMK Kepanjen / Udhar Setiyo Wahyuni
Main Author: | Wahyuni, Udhar Setiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/36141/ |
Daftar Isi:
- NilaiUjianNasional(NUN)SLTPmerupakanprestasibelajarakhiryangdiperolehsiswamelaluiujianakhirsecaranasionalditingkatSLTP.NilaiujianNasionalSLTPinipulayangdipergunakansebagaisalahsatualatunutkpenerimaancalonsiswabarudiSMK(SMEA)Kepajen.Motivasimemilihjurusanmerupakanmotivasiataukeinginandaridalamdiriindividusiswaadanyasuatukeadaanyangmendorongtingkahlakuuntukmemilihdanberusahamencapaitujuanmakasiswaatauanakdidikberusahamemilihjurusanyangsesuaidengantujuandancita-citanyaberdasarkankemampuanyangdimiliki.Sedangkanprestasibelajarsiswamerupakantingkatkeberhasilansiswasetelahsiswatersebutmengikutikegiatanprosesbelajarmengajaryangditempuhnya.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksplanasi(exeplanatoryresearch)denganmenggunakananalisisregresiganda.Variabelpenelitianantaralainvariabelbebas(X1)NilaiUjianNasional(NUN)SLTP(X2)Motivasimemilihjurusanakuntansidanvariabelterikat(Y)adalahprestasibelajarakuntansisiswa.PopulasidansampeldalampenelitianiniadalahsiswajurusanakuntansidiSMKKepanjenMalangyangberjumlah200orangsiswa.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanmetodeangketdandokumentasi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)MengetahuipengaruhNilaiUjianNasional(NUN)SLTPterhadapPrestasiBelajarAkuntansisiswadiSMKKepanjenMalang(2)MengetahuipengaruhMotivasimemilihjurusanakuntansiterhadapprestasibelajarakuntansisiswadiSMKKepanjenMalangdan(3)MengetahuipengaruhNilaiUjianNasional(NUN)SLTPdanMotivasimemilihjurusanakuntansiterhadapprestasibelajarakuntansisiswadiSMKKepanjenMalang.BerdasarkanhasilpenelitianmakadisarankankepadabeberapapihakYaitu1)Bagisiswayangmempunyainilaiujiannasionalyangrendahdiharuskanmengikutipelajarantambahanbaikdisekolahmaupundiluarsekolah2)Bagisiswayangmempunyaimotivasimemilihjurusanyangtinggidanprestasiyangbaikdiupayakanagarmempertahankanprestasibelajarnyadansebaliknyayangmemilikimotivasiyangrendahharusmeningkatkanmotivasibelajarnya3)Bagiorangtuahendaknyajugaturutaktifmemberikanmotivasisiswadalammenentukanjurusansesuaidenganbakatdankemampuanyangdimilikiolehsiswaagarprestasibelajaryangdicapaimemuaskan4)Penelitimenyadaridalampenelitianinimasihadabanyakkekurangan-kekuranganyangharusdiperbaiki.Untukitudiharapkanadapenelitilainyangdapatmengembangkanpenelitianinidenganmelihatvariabelyangberbedamisalminatketerampilangurumengelolakelas.