Pengaruh nilai ujian nasional (NUN) dan motivasi memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa di SMK Kepanjen / Udhar Setiyo Wahyuni

Main Author: Wahyuni, Udhar Setiyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/36141/
Daftar Isi:
  • NilaiUjianNasional(NUN)SLTPmerupakanprestasibelajarakhiryangdiperolehsiswamelaluiujianakhirsecaranasionalditingkatSLTP.NilaiujianNasionalSLTPinipulayangdipergunakansebagaisalahsatualatunutkpenerimaancalonsiswabarudiSMK(SMEA)Kepajen.Motivasimemilihjurusanmerupakanmotivasiataukeinginandaridalamdiriindividusiswaadanyasuatukeadaanyangmendorongtingkahlakuuntukmemilihdanberusahamencapaitujuanmakasiswaatauanakdidikberusahamemilihjurusanyangsesuaidengantujuandancita-citanyaberdasarkankemampuanyangdimiliki.Sedangkanprestasibelajarsiswamerupakantingkatkeberhasilansiswasetelahsiswatersebutmengikutikegiatanprosesbelajarmengajaryangditempuhnya.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksplanasi(exeplanatoryresearch)denganmenggunakananalisisregresiganda.Variabelpenelitianantaralainvariabelbebas(X1)NilaiUjianNasional(NUN)SLTP(X2)Motivasimemilihjurusanakuntansidanvariabelterikat(Y)adalahprestasibelajarakuntansisiswa.PopulasidansampeldalampenelitianiniadalahsiswajurusanakuntansidiSMKKepanjenMalangyangberjumlah200orangsiswa.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanmetodeangketdandokumentasi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)MengetahuipengaruhNilaiUjianNasional(NUN)SLTPterhadapPrestasiBelajarAkuntansisiswadiSMKKepanjenMalang(2)MengetahuipengaruhMotivasimemilihjurusanakuntansiterhadapprestasibelajarakuntansisiswadiSMKKepanjenMalangdan(3)MengetahuipengaruhNilaiUjianNasional(NUN)SLTPdanMotivasimemilihjurusanakuntansiterhadapprestasibelajarakuntansisiswadiSMKKepanjenMalang.BerdasarkanhasilpenelitianmakadisarankankepadabeberapapihakYaitu1)Bagisiswayangmempunyainilaiujiannasionalyangrendahdiharuskanmengikutipelajarantambahanbaikdisekolahmaupundiluarsekolah2)Bagisiswayangmempunyaimotivasimemilihjurusanyangtinggidanprestasiyangbaikdiupayakanagarmempertahankanprestasibelajarnyadansebaliknyayangmemilikimotivasiyangrendahharusmeningkatkanmotivasibelajarnya3)Bagiorangtuahendaknyajugaturutaktifmemberikanmotivasisiswadalammenentukanjurusansesuaidenganbakatdankemampuanyangdimilikiolehsiswaagarprestasibelajaryangdicapaimemuaskan4)Penelitimenyadaridalampenelitianinimasihadabanyakkekurangan-kekuranganyangharusdiperbaiki.Untukitudiharapkanadapenelitilainyangdapatmengembangkanpenelitianinidenganmelihatvariabelyangberbedamisalminatketerampilangurumengelolakelas.