Pelayanan informasi dan konsultasi di klinik pendidikan dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur /Ida Rowiyati

Main Author: Rowiyati, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/3597/
Daftar Isi:
  • RowiyatiIda.2014.PelayananInformasidanKonsultasidiKlinikPendidikanDinasPendidikanProvinsiJawaTimur.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.MaisyarohM.Pd(2)Prof.Dr.HjNurulUlfatinM.Pd.KataKunciPelayananinformasidankonsultasiKlinikPendidikanDinasPendidikanProvinsiJawaTimur12288122881228812288KlinikPendidikanmerupakanmedialayananinformasidankonsultasipendidikanyangdigunakanuntukmemberikaninformasidankonsultasitentangpendidikan.KlinikPendidikandapatdijadikansumberinformasiolehmasyarakatyangmembutuhkaninformasidankonsultasitentangpendidikan.MasyarakatdapatmemperolehinformasidankonsultasipendidikanmelaluimediainternetyangsudahdisediakanolehKlinikPendidikanDinasPendidikanProvinsiJawaTimur.12288122881228812288Penelitianinimemilikilimafokuspenelitianyangdikajiyaitu(1)profilKlinikPendidikan(2)bentukpelayananinformasidankonsultasipendidikandiKlinikPendidikan(3)prosespelayananinformasidankonsultasipendidikandiKlinikPendidikan(4)peranpengelolainformasidandokumentasidalammeningkatkanpelayanandiKlinikPendidikan(5)FaktorpendukungdanpenghambatdalammemberikanpelayanandiKlinikPendidikanDinasPendidikanProvinsiJawaTimur.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.PenelitimemilihpendekatankualitatifdanjenispenelitianstudikasusdengantujuanuntukmempelajaridanmengetahuilebihmendalammengenaimedialayananinformasidankonsultasidiKlinikPendidikanDinasPendidikanProvinsiJawaTimursehinggapenelitidapatmendeskripsikansecararincidansistematistentangbutir-butirdarifokuspenelitian.DalampenelitianinipenelitiberperansebagaiinstrumenpenelitiandanpenelitimemilihSekretarisAdminKlinikPendidikansebagaiinformankunci.Pengumpulandatadilakukandengantigateknikyaituwawancaraobservasidandokumentasi.Untukmenganalisisdatapenelitimemilihdatayangsesuaidenganfokuskemudiandilanjutkandenganmemaparkandatadanmenarikkesimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandengantriangulasidanmeningkatkanketekunandengantujuanagardatayangdiperolehdapatdipertanggungjawabkankeabsahannya.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehtemuansebagaiberikut.PertamaKlinikPendidikanmerupakanmedialayananinformasipendidikanyangdigunakanuntukmemberikaninformasipendidikan.LatarbelakangdidirikannyaKlinikPendidikankarenaterjadikesenjanganantaramasyarakatpenggunalayanandanpejabatpengelolainformasidandokumentasidiDinasPendidikanProvinsiJawaTimur.TujuandidirikannyaKlinikPendidikanyaituuntukmenekankesenjanganyangterjadiantaramasyarakatdanpejabatpengelolainformasidandokumentasisertamemberikankemudahankepadamasyarakatyanginginmendapatkaninformasiataumengkonsultasikanmasalahapapunyangberkaitandenganpendidikan.12288122881228812288KeduaPelayananinformasidankonsultasidiKlinikPendidikanmenggunakandelapanbentukpelayananyaituruangankonsultasiTelp/FaxSMSBBMWebsiteE-mailFacebookdanTwitter.AdapunmasalahpendidikanyangbiasadikonsultasikanyaitumutasisiswajadwalpenerimaanpesertadidikbarudiwilayahJawaTimursertifikasigurukenakalanremaja/konsultasipendidikanbeasiswaguru/siswapenyetaraan/legalisirijazahijazahrusak/hilang/legalisir/formatpungutanbiayapendidikandanlain-lain.12288122881228812288KetigaProsespelayananinformasidankonsultasidiKlinikPendidikandilakukandenganpertamakalipemohoninformasimengajukanpermohonaninformasidengancaramengisiformulirpermohonanyangdisediakanolehAdminPPID-KlinikPendidikankemudianpengelolamemprosespermintaanpemohon.KlinikPendidikanmempunyaiduasistempelayananyaitusistempelayananfrontofficedanbackoffice.KeempatperanpengeloladalammeningkatkankualitaspelayananinformasidankonsultasidiKlinikPendidikandilakukandenganselalumemberikanpelayananprimadengantidakmembiarkanpemohonkembalitanpamemperolehinformasiapapun.PengelolaselaluupdatetentangberitaapapunyangberkaitandenganpendidikandanmengadakansosialisasisertapameranpendidikandibeberpadaerahdiJawaTimur.KelimaHal-halyangdapatmendukungpelayananinformasidankonsultasidiKlinikPendidikanyaituKepalaDinasPendidikanProvinsiJawaTimursudahmemberikandukungansecarakeseluruhanbaikdarisaranadanprasaranamaupunpengelolayangberkompetendibidangmedialayananinformasidankonsultasidiKlinikPendidikan.Kendalayangdihadapiyaituketikainformasiyangdimintapemohonharusdikonfirmasiterlebihdahulukepadapihakyangberkompetensehinggapemohonharusmenunggubeberapahariuntukmendapatkanjawaban.Sarandiberikankepada(1)KepalaDinasPendidikanProvinsiJawaTimurmeningkatkankoordinasitentangpelaksanaanprogramkerjadenganpengelolaKlinikPendidikanagarKlinikPendidikansemakindikenalolehmasyarakatkhususnyamasyarakatProvinsiJawaTimur(2)PejabatPengelolaInformasidanDokumentasi-KlinikPendidikantetapkonsistendanselalumeningkatkankualitasKlinikPendidikandenganselaluupdatetentanginformasipendidikandanmengelolamedialayanandenganmaksimal(3)MasyarakatPenggunaLayananInformasidanKonsultasiselalumeningkatkanwawasandenganmemintainformasiataukonsultasitentangmasalahpendidikanmelaluiKlinikPendidikanDinasPendidikanProvinsiJawaTimuruntukmemperolehinformasiyangvalid(4)KetuaDosendanMahasiswaJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangsebagaireferensiuntukperkembanganilmudankajianakademikdiJurusanAdministrasiPendidikankhususnyauntukmatakuliahManajemenHubunganMasyarakat(5)PenelitiLainPenelitianinidapatmenjadisalahsatureferensidanpembandinguntukpenelitianselanjutnya.